VPN vs SSH, Mana yang Lebih Aman? Berikut Fakta dan Pembahasan

Pada kesempatan ini arena laptop akan membagikan solusi dalam memilih antara VPN vs SSH. Mungkin sahabat arena sudah pernah mendengar dengan VPN dan juga sistem SSH, dimana ini menjadi salah satu hal yang sering digunakan oleh pengguna. Pengguna menggunakan VPN serta SSH untuk digunakan sebagai alat untuk bersenang-senang dalam dunia internet. Umumnya dunia internet dipenuhi dengan berbagai kejahatan, sehingga semua yang ingin dilakukan oleh sahabat arena harus mengkhawatirkan pada keamanan jaringan. Setiap kali kita akses ke website yang berbahaya, ini akan mendapatkan ancaman dari virus malware. Mulai dari sinilah pengguna sering membandingkan antara  VPN vs SSH.

Cara yang paling terbaik agar bisa membandingkan antara VPN vs SSH, sahabat arena harus mencari tahu hal-hal yang ada didalam kedua teknologi ini. Maka dari itu, sebelum arena laptop masuk kedalam pembahasan yang utama, arena laptop akan membahas mengenai apa itu VPN dan juga SSH. Seperti apa itu VPN dan SSH, simak ulasan yang telah disusun dengan lengkap oleh arena laptop, seperti yang ada dibawah ini.

Apa Itu VPN?

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network yang sebagai teknologi untuk membuat terowongan dalam hal mengenkripsi semua jalannya lalu lintas. Banyak pembisnis yang menggunakan layanan VPN, hal ini akan membantu dalam mengamankan data-data dari perusahaannya. Dalam mencegah berbagai kejahatan yang ingin menyerang perangkat sahabat arena, dengan VPN ini sangat memungkinkan sahabat arena akan mendapatkan perlindungan terbaik dari VPN tersebut.

Pada umumnya untuk mendapatkan perlindungan terbaik dari VPN tersebut, sahabat arena harus berlangganan dengan memilih paket-paket yang cocok atau sesuai dengan budget sahabat arena. VPN mampu mengamankan IP address dari sahabat arena, jadi sahabat arena bisa berinternet sambil mengamankan IP address yang dimiliki oleh sahabat arena. Memungkinkan sahabat arena berselancar di layanan online yang telah diblokir oleh pihak tertentu.

Manfaat VPN

Hal yang membuat VPN menjadi populer adalah mereka bisa dijadikan sebagai teknologi yang dapat mengamankan data-data sahabat arena. Banyak pengguna yang salah menggunakan VPN dimana mereka menggunakan VPN secara gratis. Karena mereka lebih memikirkan hal-hal yang salah. Ini menjadi salah satu hal yang buang-buang waktu saja. Mereka sangat menyepelekan VPN yang memiliki harga, padahal itu yang menjadi salah satu hal terbaik dalam dunia internet.

Jika sahabat arena menggunakan layanan VPN yang berbayar, maka sahabat arena akan mendapatkan berbagai manfaat terbaik dari VPN itu sendiri. Manfaat terbaik dari VPN adalah mereka mampu menyediakan enkripsi yang terbaik, memungkinkan untuk sahabat arena menjaga lalu lintas sahabat arena. Selain itu, VPN juga menyediakan berbagai server dan juga berbagai negara yang ada diseluruh dunia. Memungkinkan sahabat arena untuk berlibur di berbagai dengan server terbaiknya.

Apa Itu SSH?

SSH

SSH atau singkatan dari Secure Shell merupakan salah satu protokol jaringan yang bisa melindungi data perangkat sahabat arena menjadi lebih aman. Pada umumnya penggunaan terhadap SSH ini harus memiliki dukungan dari server ataupun komputer klien hingga perangkat yang ingin menukarkan data. Biasanya digunakan di setiap sistem operasi Unix dan Linux untuk mengakses pada akun Shell. Apakah sahabat arena pernah mendengar Telnet? SSH inilah yang akan menggantikan Telnet.

Enkripsi yang ada pada SSH ini digunakan untuk integritas dan kerahasiaan data yang melalui jaringan tidak aman, misalnya internet. SSH menyediakan key public sehingga bisa mengotentikasi dan membiarkan komputer remote dalam mengotentikasi pengguna. Dalam berbagai versi SSH hal yang paling penting adalah memverifikasi key public yang tidak bisa diketahui, seperti mengkaitkan key public terhadap identitas. Sebenarnya teknologi SSH bisa digunakan di berbagai perangkat yang ada.

Manfaat SSH

Dengan menggunakan sistem SSH maka sahabat arena akan mendapatkan kebebasan dari struktur file dalam akun hosting. Sahabat arena juga bisa menjalankan tugas yang seperti, memantau log file hingga memulai dan menghentikan service yang berlaku pada layanan VPS atau dedicated. Selain itu sahabat arena bisa menggunakannya untuk menginstal software pada akun hosting sahabat arena atau manage MySQL database. Bahkan sahabat arena bisa banyak melakukan berbagai hal lebih dari rata-rata web.

SSH memberikan izin untuk mengenkripsi data hingga kemungkinan malicious tak mampu untuk mengakses pada informasi id dan password. Tak hanya itu saja, SSH juga memberikan akses yang mampu menerobos protokol yang lainnya, seperti FTP. Sahabat arena bisa mendapatkan perlindungan yang spesifik untuk DNS spoofing, spoofing alamat IP, manipulasi data yang sama seperti router disetiap jaringan.

Jadi, Mana Yang Lebih Aman Antara, VPN vs SSH?

VPN vs SSH

Mana yang menjadi lebih aman antara, VPN vs SSH? Hal ini sangat mudah untuk dijawab. Hampir semua pengguna yang menggunakan layanan VPN dengan  fungsionalitasnya. Ketika sahabat arena menggunakan VPN tetaplah sahabat arena menggunakan VPN, walaupun ada kekurangannya standarisasi, bahkan ada berbagai VPN yang berkinerja buruk. Maka dari itu sahabat arena harus memilih VPN yang terbaik.

SSH hampir sama dengan VPN yang memiliki perlindungan terbaik, walaupun cara bekerjanya berbeda, akan tetapi tujuan kedua teknologi ini sama. Apabila sahabat arena ingin mengamankan lalu lintas sahabat arena, maka keamanan yang paling layak antara VPN vs SSH adalah VPN. Jika sahabat arena hanya ingin mengakses ke situs web dan ingin mengakses ke jaringan WiFi publik, maka sahabat arena bisa menggunakan teknologi dari sistem SSH.

Jadi, mana yang lebih aman antara, VPN vs SSH? Menurut arena laptop perlindungan yang terbaik ketika berinternet akan menjadi lebih baik, jika sahabat arena menggunakan VPN. Selain memberikan keamanan yang sangat kuat dan terjamin buat sahabat arena. Ternyata VPN menyediakan server global yang bisa digunakan oleh sahabat. Hal ini sangat memungkinkan bagi sahabat arena yang hobi dengan dunia traveling.

Kesimpulan

Pembahasan yang mengenai keamanan terbaik antara VPN vs SSH, tentu saja adalah VPN. Namun, tentu sahabat arena harus memperhatikan kinerja dari VPN yang ada. Pada umumnya VPN tersedia dua layanan, mulai dari layanan yang gratisan hingga ke layanan yang berbayar. Hal yang harus diterapkan oleh sahabat arena dalam memilih VPN yaitu keamanan dan kenyamanan saat berinternet. Karena ada beberapa VPN yang bisa meretas data-data dari sahabat arena.

VPN yang mampu meretas sahabat arena kebanyakan terdapat pada VPN yang berversi gratis. Menggunakan VPN yang berversi gratis akan membuat sahabat arena merasa sia-sia. Berbagai VPN gratis memiliki kinerja yang buruk, maka dari itu arena laptop lebih menyarankan VPN yang berbayar. Dikarenakan VPN yang berbayar sangat bermanfaat, bahkan sahabat arena akan mendapatkan keamanan yang sama seperti tingkat militer.

ExpressVPN

Jika sahabat arena ingin menggunakan VPN yang berbayar dan berkualitas, sahabat arena bisa menggunakan VPN yang terpopuler dari arena laptop, yaitu ExpressVPN atau NordVPN. Kedua layanan ini memiliki berbagai fitur-fitur yang terbaik untuk digunakan oleh sahabat arena. Bahkan mampu mengamankan semua lalu lintas sahabat arena dari kejahatan didunia internet. Dengan demikian sahabat arena bisa berinternet dengan nyaman, tanpa mengkhawatirkan keamanan sahabat arena.

ArenaLaptop Editor