Kenapa VPN Lambat? Apakah Saya Salah Pakai VPN?

VPN merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna dalam membantu kesulitan saat berinternet atau sering mendapatkan masalah. Ada banyak masalah yang dihadapi oleh kita, seperti keamanan yang terganggu, kecepatan saat berinternet menjadi lebih menurun dan berbagai masalah lainnya. Maka dari itu VPN hadir untuk membantu setiap pengguna yang ingin mencari kenyamanan saat berinternet. VPN memiliki fungsi yang mampu melindungi sahabat arena dari kejahatan jaringan yang ada di zaman sekarang.

Kenapa VPN Lambat

Sesuai dengan judul yang ada diatas dimana arena laptop akan menjawab pertanyaan sahabat arena yang mengenai, Kenapa VPN Lambat? Apakah saya salah dalam memilih sebuah VPN?… Pada umumnya ada beberapa faktor yang bisa membuat VPN dari sahabat arena menjadi lebih lambat. Nah disini arena laptop akan mengulas secara detail mengenai pertanyaan yang seperti ini. Berikut dibawah ini merupakan pembahasan yang harus disimak baik-baik oleh sahabat arena.

Apa Yang Mempengaruhi VPN Hingga Menjadi Lambat?

Kenapa VPN lambat? Mungkin, adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi VPN sahabat arena menjadi lambat. Berikut dibawah ini merupakan beberapa faktor atau penyebab dari VPN yang lambat.

Lokasi Server

VPN Untuk Mengubah Lokasi

Apabila lokasi sahabat arena berjauhan dengan server VPN maka sahabat arena akan mendapatkan koneksi yang lambat dari VPN tersebut. Ini juga akan mempengaruhi ping yang akan diterima oleh sahabat arena melalui VPN tersebut. Seperti istilah dari kendaraan, jika kita ingin mencapai ke suatu tempat dengan cepat, maka kita harus memilih tempat tujuan yang lebih dekat.

VPN memiliki berbagai server yang dapat diakses oleh sahabat arena, jadi bukan berarti dengan banyak server sahabat arena bisa menerima kecepatan yang begitu cepat. Walaupun VPN tersebut memiliki banyak server, tetap saja sahabat arena harus memilih server yang lebih dekat dengan sahabat arena.

Kenapa VPN lambat? Karena VPN yang memiliki banyak server bisa membuat data paket sahabat arena akan melewati banyaknya lalu lintas sehingga koneksi sahabat arena akan menjadi lebih lambat. Itulah sebabnya arena laptop lebih menyarankan untuk memilih server VPN yang berdekatan dengan lokasi dari sahabat arena.

Server Load

Jaringan Server

Pada saat sahabat arena terhubung dengan server dari VPN, maka sahabat arena akan menerima sejumlah bandwidth yang sudah ditentukan olehnya. Disebabkan ada beberapa penyedia layanan (VPN gratis) mampu  mengakses bandwidth dari setiap pengguna yang ada. Namun yang menjadi permasalahan disini adalah server load atau beban server, kenapa VPN lambat? Mungkin ini terjadi karena adanya server load. Beban server merupakan sejumlah dari total bandwidth dimana terkait dengan cara yang langsung pada jumlah pengguna diberbagai server.

Jenis Protokol/Tingkat Enkripsi

Kenapa VPN lambat? Ini juga tergantung pada enkripsi atau tingkat enkripsi yang digunakan. Disebabkan enkripsi bisa mempengaruhi keadaan dari VPN yang bisa menjadi lambat. Apabila sahabat arena menambahkan sebuah keamanan yang ekstra dalam mengenkripsi data-data sahabat arena. Dengan demikian ini akan membuat bandwidth sahabat arena akan hilang, hal ini dapat menjadikan VPN tersebut menjadi lebih lambat. Kita bisa simpulkan bahwa, lebih sedikit enkripsi, maka lebih sedikit bandwidth yang ditingkatkan sehingga bisa menjadi VPN lebih cepat.

Firewall

Hal yang sebenarnya firewall tidak bisa menggangu jalannya kinerja dari VPN tersebut. Kenapa VPN lambat? Ini dikarenakan terjadinya konfigurasi sehingga dapat mengacaukan lalu lintas dari VPN tersebut. Dengan adanya kasus yang seperti ini, maka hal ini dapat membuat kecepatan dari sahabat arena terhalang secara keseluruhan atau menghilang. Apabila hal ini terjadi, maka ini juga sangat berbahaya bagi keamanan dari identitas sahabat arena.

Pengaturan Jaringan

Kenapa VPN lambat? Mungkin ini karena terjadinya salah mengatur router dari sahabat arena sendiri. Biasanya sahabat arena seringkali mengalami masalah seperti kecepatan menjadi lebih lambat ketika ingin terhubung pada WiFi dengan melalui nirkabel LAN. Bahkan sahabat arena juga akan menghadapi masalah terhadap kecepatan yang melambat dengan cara pengaturan VPN sahabat arena melalui router sahabat arena.

Koneksi Jaringan Seluler

Meskipun VPN yang digunakan oleh sahabat arena merupakan VPN yang paling cepat, akan tetapi hal ini tetap saja apabila koneksi dari jaringan seluler sahabat arena tidak stabil. Maka dengan demikian VPN akan membuat akses menjadi lebih lambat. Kenapa VPN lambat? Tak peduli VPN yang digunakan oleh sahabat arena itu menjadi salah satu VPN yang paling terbaik untuk menambahkan kecepatan. Namun sayang sekali kecepatan VPN bisa hilang ketika jaringan seluler sahabat arena dalam kondisi yang tidak stabil.

Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Akses Lebih Cepat?

Apakah sahabat arena ingin mendapatkan akses yang lebih cepat dari VPN tersebut? Ada beberapa cara yang harus dilakukan sahabat arena ketika ingin mendapatkan koneksi yang cepat. Bagaimana cara-cara tersebut? Langsung saja simak ulasan yang sudah ada dibawah ini.

Periksa Kecepatan

Kecepatan Internet Keseluruhan

Hal yang paling pertama agar VPN bisa menjadi lebih cepat adalah periksa kecepatan dari VPN tersebut. Bagaimana caranya? Sahabat arena bisa menggunakan sebuah alat melalui website untuk mengukur kecepatan yang dimiliki oleh VPN tersebut. Nah, disitulah sahabat arena bisa mengetahui kecepatan seperti apa yang dimiliki oleh layanan VPN tersebut itu.

Memilih VPN Yang Berkualitas

Asus Produk terpercaya dengan kualitas jempolan

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau VPN itu memiliki dua layanan, yaitu VPN yang berlayanan premium dan VPN yang berlayanan gratisan atau free. Tentu saja VPN yang memiliki layanan premium akan menjadi lebih unggul apabila dibandingkan dengan layanan yang gratisan. Perbedaan antara VPN premium dengan VPN gratisan sangat banyak/sangat jauh perbedaannya.

Mengubah Server

Apabila sahabat arena ingin menghubungkan pada server VPN yang jauh, maka hal ini akan berdampak negatif pada kecepatan yang dimiliki oleh sahabat arena. Semakin dekat server yang dimiliki oleh VPN tersebut dengan lokasi sahabat arena, maka kecepatan akan semakin membaik. Mungkin sahabat arena bisa mengaktifkan VPN tersebut dengan memilih server yang berdekatan dengan sahabat arena.

Mengubah Protokol Enkripsi

Pada umumnya kebanyakan dari penyedia VPN telah menggunakan protokol enkripsi yang terbaik melalui OpenVPN, seperti TCP dan juga UDP. TCP hanya memeriksa serta memastikan kalau data-data dari pengguna dalam keadaan yang aman, berbeda dengan UDP dimana mampu memberikan akses yang lebih cepat. Walaupun keduanya memiliki keunggulan yang terbaik, namun UDP menjadi lebih baik dalam kecepatan. Jadi, sahabat arena bisa mengubah protokol enkripsi pada UDP.

Mengubah Tingkat Enkripsi

Protokol OpenVPN merupakan salah satu protokol yang paling terbaik dalam keamanan serta kecepatan. Namun apabila sahabat arena sedang mengalami masalah seperti VPN menjadi lambat, mungkin sahabat arena bisa beralih pada L2TP atau IPSec. Walaupun keamanan dari protokol ini lebih sedikit, akan tetapi protokol L2TP atau IPSec mampu membuat VPN menjadi lebih cepat.

Menggunakan Koneksi Nirkabel

Koneksi dari nirkabel WiFi hanya mampu mengandalkan sistem dari pengirim data secara bersama diantara berbagai perangkat. Sementara jika menggunakan koneksi dari LAN mampu meningkatkan kecepatan sahabat arena menjadi kecepatan yang luar biasa. Namun sayang sekali perangkat sahabat arena harus terhubung terlebih dahulu pada router sahabat arena.

Menonaktifkan Keamanan Lokal

Menonaktifkan keamanan lokal sangat berbahaya bagi perangkat sahabat arena, karena ini dapat menimbulkan ancaman virus-virus yang ada. Akan tetapi melalui menonaktifkan keamanan lokal bisa mendapatkan kecepatan, namun arena laptop tidak menyarankan untuk melakukan hal yang seperti ini. Intinya adalah tergantung dari sahabat arena saja.

Penutup

ExpressVPN

Dengan demikian pembahasan kita kali mengenai “kenapa VPN lambat? Apakah saya salah pakai VPN?… Sebenarnya, kesalahan atau tidak dalam memilih VPN hanya tergantung kita saja. Peningkatan kecepatan dari VPN bisa disebabkan oleh beberapa penyebab yang ada diatas. Bahkan VPN menjadi lambat juga bisa datang dari VPN yang tidak memiliki kualitas terbaik. Oleh karena itu, Arena Laptop Merekomendasikan ExpressVPN dan NordVPN sebagai VPN Terbaik Kali ini. Semoga artikel kali ini dapat membantu, terima kasih…

ArenaLaptop Editor