Mana Yang Sebaiknya Digunakan, VPN atau RDP?

Hai sahabat Arena, Masih berhubungan dengan VPN seperti pembahasan pembahasan sebelumnya, kali ini arena laptop akan membahas mengenai “mana yang sebaiknya digunakan, VPN atau RDP?…” Dalam pembahasan kali ini, arena laptop akan menjelaskan mengenai VPN dan tentunya juga mengenai RDP. Selanjutnya kita akan membandingkan antara VPN dan RDP dalam takaran mana yang lebih baik digunakan. Untuk sahabat arena yang penasaran dengan pembahasan kali ini, silakan simak di bawah ini.

VPN atau RDP

Apa Itu RDP?…

Pada pembahasan VPN atau RDP ini, Tentunya kita akan membahas mengenai RDP secara jelas. Tujuannya, supaya kita dapat melihat perbedaan yang tampak nantinya antara VPN dan RDP. RDP yang yang merupakan singkatan dari remote desktop Protocol, merupakan suatu sistem Penggunaan komputer secara jarak jauh. Sistem jaringan protokol ini, merupakan suatu sistem yang berbasis pada sistem operasi Windows. Yang mana sistem remote desktop Protocol atau RDP ini, bisa kita jumpai pada berbagai jenis Windows. Mulai dari windows keluaran lama hingga Windows terbaru saat ini. Dengan menggunakan sistem RDP, pengguna bisa menggunakan suatu komputer atau desktop yang berada berjauhan dengannya tanpa sistem kabel.

Remote Desktop Protocol

Secara lebih mudah dimengerti, kita dapat mengumpamakan sistem Remote Desktop Protocol ini atau RDP sebagai berikut. Misalnya sahabat arena berada di daerah Jakarta Utara, kemudian sahabat arena memiliki komputer atau desktop di negara Singapura misalnya. Melalui penggunaan remote desktop Protocol pada Windows ini, sahabat arena bisa mengakses atau menggunakan komputer atau desktop yang berada di Singapura tersebut dari Jakarta Utara.

sistem RDP atau remote desktop Protocol ini merupakan suatu sistem yang bisa dikatakan cukup rumit untuk digunakan. Walaupun memiliki banyak kelebihan yang memang cukup menguntungkan, tetapi kita perlu memperhatikan tingkat kerumitan penggunaannya juga. RDP ini menggunakan jenis protokol T.12 yang dijelaskan spesifikasinya pada Internasional Telecommunication Union atau ITU. Selain itu remote desktop Protocol ini juga sudah dilindungi dengan enkripsi dengan jenis 128 bit yang merupakan penggunaan dari algoritma enkripsi jenis RC4.

Lalu, Apa Itu VPN?…

Setelah membahas mengenai RDP, pada bagian ini kita akan membahas mengenai VPN. Virtual private Network merupakan sistem jaringan privat virtual yang dapat membantu pengguna dalam berbagai hal. Bisa diumpamakan bahwa VPN ini akan membuat jalur jaringan internet pribadi bagi sahabat Arena. Sehingga aktivitas akses internet sahabat arena dapat amankan tanpa adanya gangguan pihak lain. Selain mengamankan aktivitas internet, VPN ini juga memiliki banyak Kelebihan lainnya. Mulai dari memberikan akses server Global yang membuat sahabat arena dapat mengakses konten yang dibatasi oleh blokir geografis. Selain itu juga, ada kemampuan memperlancar dan membuat jaringan internet stabil.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh VPN ini, yang sangat menarik perhatian adalah VPN sangat simpel dan mudah digunakan. Dengan demikian orang yang awam atau tidak paham banyak tentang internet pun bisa menggunakan VPN. Pengguna hanya perlu mendownload VPN terbaik kemudian berlangganan dan menggunakannya sesuai petunjuk yang sangat mudah tentunya. Dengan demikian, pada kemudahan pemakaian Jika ditanya VPN atau RDP maka lebih mudah digunakan adalah VPN.

Jadi Mana Yang Sebaiknya Digunakan? VPN atau RDP?…

Melalui penjelasan mengenai VPN dan RDP yang sudah kita bahas di atas, maka kita bisa melihat bahwa VPN dan RDP sama-sama mempunyai banyak kegunaan dan fungsi yang cukup banyak. Mulai dari mengamankan aktivitas internet, mempercepat jaringan internet, membantu untuk akses konten yang diblokir dan berbagai hal lainnya. Dengan demikian untuk segi kegunaan, VPN dan RDP sama-sama memiliki kegunaan yang banyak.

Tetapi bagian kemudian yang harus diperhatikan adalah kemudahan pemakaian. Mudah atau tidaknya digunakan maka VPN menjadi lebih unggul. Hal ini disebabkan VPN sangat mudah dan sangat simpel untuk digunakan. Berbeda dengan RDP yang membutuhkan perangkat lainnya ataupun berlangganan perangkat lain dan memiliki prosedur yang cukup rumit. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa, VPN lebih mudah untuk digunakan.

Untuk biaya yang digunakan, VPN juga masih dalam nominal lebih hemat atau lebih murah daripada RDP. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa untuk jawaban mana yang sebaiknya digunakan, maka arena laptop merekomendasikan penggunaan VPN jika dibanding dengan RDP.

Rekomendasi VPN Terbaik Untuk Sahabat Arena

Setelah kita membahas mengenai mana yang sebaiknya digunakan, VPN atau RDP? berikut ini arena laptop akan memberikan rekomendasi VPN yang terbaik dan sangat cocok digunakan oleh sahabat Arena. Mari simak pembahasan kita berikut ini.

ExpressVPN

ExpressVPN

ExpressVPN merupakan salah satu VPN yang sangat direkomendasikan oleh arena laptop. Hal ini disebabkan karena ExpressVPN memiliki banyak keunggulan pada setiap aspek yang dimilikinya. Selain keunggulan-keunggulan pada aspek-aspek yang dimilikinya, ExpressVPN juga memiliki tingkat penggunaan yang cukup tinggi dengan ulasan yang memuaskan. Dengan demikian, arena laptop merekomendasikan VPN yang satu ini.

Jika kita melihat VPN ini, pada aspek keamanan VPN ini sudah terjamin melalui enkripsi tingkat militer yang dimilikinya. Selanjutnya pada konektivitas server, ExpressVPN telah memiliki jaringan server kelas Global yang sangat baik. Dengan jaringan server ini, pengguna bisa mengakses konten yang dibatasi oleh geo block. Selain itu, ExpressVPN yang menjaminkan uang kembali dalam 30 hari atau garansi uang kembali Jika ada yang tidak sesuai dengan keinginan sahabat Arena. Jika sahabat tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai vPN ini silakan untuk buka di sini.

NordVPN

NordVPN

Selanjutnya, arena laptop merekomendasikan NordVPN sebagai VPN yang layak dan terbaik untuk digunakan. Sama seperti ExpressVPN, NordVPN sudah memiliki tingkat penggunaan yang tinggi dan memiliki ulasan yang baik juga dari para pengguna. NordVPN ini, menawarkan paket atau tawaran garansi uang kembali dalam 30 hari. Yang dimaksud garansi 30 hari ini, ialah mengembalikan uang langganan atau uang bayaran dalam 30 hari awal penggunaan. Hal ini dilakukan jika ada komplain dari pengguna atau ada protes dari pengguna yang merasa VPN tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

Selanjutnya dalam segi keamanan yang ditawarkan oleh NordVPN, ia telah menggunakan jenis enkripsi AES 256 bit. Yang mana enkripsi ini merupakan enkripsi yang sudah diakui keamanannya bahkan oleh tingkat militer sekalipun. Selain itu untuk jaringan servernya, sahabat arena sudah dapat melakukan akses terhadap konten yang diblokir secara geografis. Karena NordVPN memiliki server yang tersebar di seluruh dunia. Bagi sahabat yang tertarik atau ingin mengetahui NordVPN lebih dalam, bisa akses informasinya di sini.

Nah…

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai mana yang sebaiknya saya gunakan VPN atau RDP? melalui pembahasan ini tentunya kita sudah mendapatkan jawaban bahwa, VPN masih lebih baik digunakan daripada RDP melalui perbandingan yang sudah kita bahas di atas. Arena laptop juga sudah memberikan rekomendasi VPN yang sangat cocok digunakan bagi sahabat Arena. Semoga artikel kali ini dapat membantu Sahabat arena yang mencari jawaban VPN atau RDP mana yang sebaiknya digunakan. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembahasan pembahasan berikutnya.

ArenaLaptop Editor