Apa Perbedaan Antara VPN dan Proxy? Simak Pembahasan Berikut

Apa perbedaan dari VPN dan Proxy? Ini tentu menjadi sebuah pertanyaan yang sedang dicari jawabannya oleh sahabat arena. Tak heran jika sahabat arena sedang berada disini untuk mencari perbedaan antara VPN dan Proxy. Seperti yang sudah diketahui, dimana pada era modern saat ini, dunia internet sudah tidak aman lagi. Banyak hal yang bisa menimpa kehidupan online kita.

VPN dan Proxy

Berbagai jenis pengguna saat ini selalu menghadapi ancaman virus malware atau mungkin berbagai kejahatan yang lainnya. Hal ini akan membuat sahabat arena merasa tidak aman dan nyaman untuk berinternet. Bahkan, biasanya pengguna juga berhadapan dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk memblokir berbagai layanan ataupun konten tertentu.

Nah, jika sahabat arena ingin menyingkirkan hal-hal yang sangat buruk untuk kehidupan online sahabat arena, masak cobalah untuk beralih pada layanan VPN dan Proxy. Melalui kedua layanan ini, maka biasanya dunia internet dari sahabat arena akan menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Namun, apa yang membuat VPN dan Proxy berbeda? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu VPN?

VPN atau biasanya dikenal sebagai Virtual Private Network merupakan salah satu alat yang telah menyediakan sistem enkripsi terbaik. Ini akan berfungsi agar dunia internet bisa menjadi lebih aman dan nyaman untuk berinternet. VPN bekerja untuk membuat enkripsi tunneling dan mengenkripsi data penting, lalu mengubah alamat IP setelah sahabat arena memilih server VPN yang dimilikinya. Memungkinkan sahabat arena bisa berselancar dengan aman di dunia internet. VPN juga memiliki banyak server yang telah tersebar di berbagai penjuru dunia, sehingga pengguna dapat menikmati akses di berbagai server yanng ada.

Apa Itu Proxy?

Server Proxy merupakan layanan yang dapat dijuluki sebagai mediasi antara sahabat arena dengan internet. Karena server proxy bekerja untuk membuat lalu lintas lebih baik. Server Proxy akan diposisikan pada router lokal sehingga biasanya akan terjadi suatu koneksi yang lebih baik. Namun, sahabat arena harus tahu kalau layanan Proxy tidak menyediakan enkripsi. Inilah yang menjadi kekurangan dari Proxy dibanding layanan VPN.

Apa yang Membuat Mereka Berdua Berbeda?

Mungkin sahabat arena bisa memahami dan melihat perbedaan dari VPN dan Proxy. Melalui pengertian yang ada diatas, sahabat arena bisa mengetahui tentang perbedaan dari kedua layanan ini. Jika sahabat arena masih belum mengerti dengan perbedaan dari kedua layanan. Maka sahabat arena dapat membaca dan menyimak penjelasan berikut ini.

1. Keamanan Online

Semua orang pasti ingin keamanan online yang dimilikinya menjadi lebih baik dan aman untuk berinternet. Nah, untuk perbedaan yang pertama, maka sahabat arena dapat melihatnya dari keamanan yang dimiliki oleh VPN dan Proxy untuk perangkat sahabat arena. Ini merupakan sebuah perbedaan yang pertama dari kedua layanan yang akan dibahas saat ini.

Keamanan yang ditawarkan oleh layanan VPN merupakan sebuah keamanan yang terbaik dan sangat cocok untuk digunakan oleh kita. Dalam hal ini sistem enkripsi yang telah dilapisi pada VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu keamanan yang terbaik untuk mengamankan seluruh keamanan sahabat arena. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan layanan VPN.

Sama, proxy juga menyediakan akases yang terbaik dan aman untuk digunakan oleh sahabat arena yang ingin tetap aman. Namun, perlu diperhatikan oleh sahabat arena, dimana server proxy memiliki keamanan yang berada dibawah rata-rata jika dibandingkan dengan layanan VPN. Hal ini memungkinkan kalau peretas dan pelacak menjadi lebih mudah dalam untuk bekerja pada perangkat sahabat arena.

2. Privasi Online

Untuk perbedaan yang berikutnya, sahabat arena bisa melihatnya dari privasi online yang dimiliki oleh pengguna itu sendiri. VPN telah menyediakan berbagai macam manfaat jika sahabat arena telah mengetahui hal ini. VPN telah dilengkapi dengan kebijakan non log (tanpa pencatatan aktivitas internet) dan sistem enkripsi terbaik untuk privasi yang dimiliki oleh penggunanya yang ingin tetap aman saat berinternet.

Akan menjadi lebih berbeda jika sahabat menggunakan proxy, dimana proxy tidak menyediakan kunci SSL. Jadi, biasanya virus malware dan berbagai jenis kejahatan lainnya bisa mendapatkan peluang dalam mengambil semua identitas dari sahabat arena. Bahkan, aktivitas online dari sahabat arena akan menjadi lebih mudah untuk diretas dan dilacak oleh siapapun.

3. Kebebasan Online

Dengan adanya VPN sahabat arena bisa menelusuri berbagai jenis website, baik itu website yang telah diblokir maupun berbagai jenis konten yang telah diblokir. Melalui Proxy, sahabat arena tidak mudah untuk mendapatkan suatu konten yang sudah diblokir oleh pihak tertentu.

4. Koneksi Kecepatan

Koneksi kecepatan menjadi pusat perhatian bagi kita semua, siapa yang tidak ingin cepat, pasti kita semua ingin koneksi yang lebih cepat. Perbedaan yang berikutnya dari VPN dan Proxy, sahabat arena bisa melihat pada koneksi kecepatan yang dimiliki oleh kedua layanan ini.

Pada layanan VPN terdapat sebuah koneksi jaringan internet yang lebih cepat untuk berinternet. Bahkan sangat cepat dalam membantu sahabat arena untuk memberikan peningkatan terhadap pengalaman online yang dimiliki oleh sahabat arena sendiri. Jadi, jangan ragu untuk berlangganan dan mengunduh aplikasi VPN.

Nah, jika kita melihat pada koneksi kecepatan yang berasal dari Proxy, dimana sahabat arena bisa mendapatkan kecepatan internet dari sahabat arena yang menurun. Hal ini karena alasan adanya sistem pergantian rute aktivitas online akan terus-menerus mulai dari komputer sahabat arena hingga pada server perantara.

5. Anonimitas

Pada umumnya penyedia layanan VPN mampu memberikan akses yang lebih baik. Selain memberikan koneksi yang lebih cepat, VPN juga mampu menyembunyikan sepenuhnya alamat IP dari sahabat arena. Hal ini berfungsi agar sahabat arena bisa terhindar dari ISP yang ingin melacak jalannya lalu lintas dari sahabat arena sendiri.

Berbeda dengan server Proxy, dalam hal ini server Proxy bisa mengetahui alamat IP yang asli dari sahabat arena. Bahkan, mereka juga bisa memantau aktivitas dari sahabat arena pada situs web yang non HTTPS. Dengan demikian sahabat arena tidak akan sepenuhnya anonim.

6. Pilihan Lokasi

Layanan VPN telah menyediakan ratusan hingga ribuan server yang dapat dipilih oleh sahabat arena. Sementara server Proxy tidak menyediakan lokasi server geografis untuk digunakan oleh sahabat arena.

7. Kompatibilitas Perangkat

Aplikasi VPN bisa dioperasikan pada berbagai jenis perangkat, misalnya smartphone dan komputer, seperti android ataupun iOS dan lain sebagainya. Sedangkan Proxy tersedia pada berbagai browser, misalnya Firefox, Chrom, Opera dan lain sebagainya.

8. Stabilitas Layanan

Seperti yang sudah dilihat pada keamanan VPN dimana VPN telah menyediakan sistem enkripsi terbaik. Nah, setelah sahabat arena mengenkripsi lalu lintas sahabat arena, maka selanjutnya VPN tidak mudah untuk diganggu oleh siapapun sehingga VPN menjadi lebih stabil. Berbeda dengan server Proxy, dimana biasanya sering terputus, karena adanya lalu lintas pada server yang perantara.

Akhir Kata,

Diakhir kata kita bisa simpulkan bahwa VPN dan Proxy memiliki perbedaan yang cukup jauh. Hal ini bisa dilihat dari 8 poin yang telah dibahas diatas. Perbedaan diatas juga memungkinkan kalau sahabat arena bisa mendapatkan informasi tentang perbandingan VPN vs Proxy. bagi yang mau coba menggunakan VPN, bisa pakai ExpressVPN ataupun NordVPN. Karena keduanya memiliki Keamanan dan kualitas terbaik.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor