Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat

ARENALAPTOP.COM — Laptop Anda lambat? Coba ikuti tips mengatasi laptop lemot berikut ini. Berhubung tadi ada temen saya yang curhat tentang laptopnya yang mulai kerasa lambat alias lemot, saya jadi tertarik untuk mengulasnya sedikit disini. Tentunya kita tidak ingin merasakan kinerja dari laptop yang kita gunakan menjadi lambat, selain mengganggu kenyamanan juga dapat menggangu kinerja kita. Sebenarnya banyak sekali hal – hal yang dapat memicu lambatnya kinerja dari sebuah laptop, mulai dari segi software-nya ataupun masalah pada hardware-nya juga. Untuk itu saya akan bagikan sedikit penyebab umum atau penyebab paling banyak laptop menjadi lemot, tentu juga dengan tips untuk mengatasinya. Langsung saja engga usah lama – lama kita langsung menuju tips yang pertama :

Cara Mengatasi Laptop Lemot

  1. 1. Virus Yang Menginfeksi Laptop Anda

  2. Menurut saya virus yang bersarang pada laptop dapat menyebabkan kinerja dari laptop itu menjadi lambat, karena sebagian virus ada yang tinggal di memory pada saat laptop pertama kali melakukan booting, dan juga ada tipe virus yang sengaja memenuhi beban memory yang akhirnya memperlambat kinerja dari sebuah laptop. Untuk itu sebaiknya pastikan anti virus yang terpasang pada perangkat anda selalu terupdate, dan jangan lupa untuk melakukan scanning system secara teratur.

    Salah satu tipe dari virus yang cukup menyebalkan ialah adware. Ketika Anda membuka suatu browser, langsung muncul iklan dari search engine nya atau homepagenya bukan default dari browser tersebut. Ini mengindikasikan bahwa laptop Anda telah terkena virus adware. Ini dikarenakan Anda asal menginstall software tanpa mengerti dan membacanya terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan software “Adware Remover”.

  3. Uninstall Program yang Tidak Dibutuhkan

  4. Terlalu banyak program yang di install pada sebuah laptop juga dapat memperlambat kinerja dari laptop itu sendiri, karena program – program tersebut juga memakan resource memory dari laptop kita sehingga menyebabkan pengalokasian memory menjadi tidak optimal. Untuk itu uninstall program – program yang tidak perlu, terutama program – program berukuran besar, misal yang sudah habis masa trial dan tidak dapat digunakan lagi.

  5. Bersihkan Junk File

  6. Banyak sekali program tambahan yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah ini, salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Ccleaner, ( Baca : Download CCleaner Free ) yang dapat membantu anda membersihkan file – file yang tidak pelu seperti temporary files ataupun cookies, pembersihannya pun dirasa cukup maksimal dan hasilnya bisa dibilang memuaskan.

  7. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

  8. Debu yang banyak menumpuk pada bagian dalam laptop juga dapat mempengaruhi kinerja dari laptop teresebut, karena banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam laptop mejadi buruk dan dampaknya adalah panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dialirkan keluar dengan baik. Bagian – bagian yang perlu dibersihkan seperti fan dan juga tempat sirkulasi udara, serta dapat menambahkan thermal paste pada bagian processornya. Panas yang berlebih menyebabkan menurunnya kinerja dari laptop yang kita gunakan. ( baca: Owalah! Ini Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat )

  9. Kapasitas Hard Disk

  10. Kapasitas hard disk yang penuh, terutama pada drive tempat kita menginstall sistem operasinya, misal drive C akan sangat mempengaruhi kecepatan dari laptop itu sendiri, usahakan masih ada cukup ruang kosong disana. Selain itu beberapa masalah yang ada pada hard disk, diantaranya adalah hard disk terfragmentasi, harddusk bad sector, hard disk sudah lama sehingga rpm-nya menurun. Kalau dirasa perlu, anda bisa juga meng-upgrade hard disk anda agar lebih maksimal performanya. ( Baca : Ingin Upgrade Hard Disk Laptop? Simak Tips Berikut )

  11. Upgrade RAM

  12. RAM yang terlalu kecil juga mempengaruhi kinerja, karena tidak dapat cepat dalam menjalankan atau mengeksekusi suatu perintah yang diberikan, sehingga proses yang dijalankan menumpuk dan membebani system. Ada baiknya apabila kapasitas RAM dirasa kecil, dapat melakukan upgrade, tetapi juga harus memperhatikan hal – hal yang ada, seperti yang sudah saya paparkan pada artikel yang satu ini. ( Baca : Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop )

  13. Reinstall Sistem Operasi

  14. Ini biasanya yang dilakukan jiga ke enam solusi diatas gagal. Karena jika Anda menginstall sistem operasi dari awal, maka laptop Anda dijamin akan kembali fresh seperti setelah mandi pagi.

  15. Solusi Terakhir

  16. Solusinya lengkap saya bahas di artikel berikut: Rahasia Mempercepat Kinerja Laptop Dijamin Sukses

Mungkin itulah beberapa hal yang umum menyebabkan laptop menjadi lemot, semoga artikel ini dapat membantu teman – teman yang sedang mengalami masalah serupa. Kalau setelah mencoba tips – tips diatas laptop masih terasa lemot, mungkin Anda perlu ganti yang baru hehehe :D

Riko Rahmanto

Saya misterius.

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..

Pusat Grosir Laptop Termurah Kini OnlineBeli Disini