Apa Perbedaan Web Server Dan Hosting?.. Berikut Pembahasannya

Halo sahabat arena?.. Jumpa lagi dengan arena laptop yang akan membahas tentang dunia hosting. Akan tetapi, pembahasan kali ini lebih terarah pada perbedaan web server dan hosting. Mungkin sahabat arena pernah mengalami kebingungan dalam mencari tahu tentang perbedaan web server dan hosting. Namun, sahabat arena bisa merasa tenang jika sahabat arena sedang berada disini. Karena saat ini, arena laptop akan menghilangkan rasa kebingungan sahabat arena dalam membahas tentang perbedaan web server dan hosting. Tapi, sebelum kita masuk pada pembahasan dari perbedaan web server dan hosting, arena laptop akan menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu. Berikut pembahasannya.

Perbedaan Web Server Dan Hosting

Apa Itu Web Server?.

Web server merupakan suatu kebutuhan yang akan digunakan oleh pengguna pada website yang telah memiliki ruangan penyimpanan yang gede/besar. Ini juga merupakan akses tercepat dalam trafik besar untuk mencegah  akan terjadinya down di sebuah website ataupun aplikasi. Web server biasanya diibaratkan sebagai sistem untuk memberikan layanan yang berbasis data pada web browser.

Umumnya, web server ini akan berfungsi untuk menerima permintaan yang berasal dari HTTPS maupun HTTP dan ini juga seringkali disebut sebagai web browser seperti Chrome, Mozilla dan lain sebagainya. Dalam hal ini, mereka akan mengirimkan kembali untuk hasilnya yang berbentuk beberapa halaman situs web dan secara umum ini akan membentuk dokumen HTML.

Fungsi utama dari web server ini adalah untuk melakukan dan mentransfer file permintaan pengguna dengan melalui protokol yang sudah ditentukan sedemikian mungkin. Halaman website yang diminta akan terdiri atas data-data yang berupa video atau gambar serta teks dan beberapa data yang lainnya. Pemanfaatan dari web server ini juga akan mentransfer segala aspek pemberkasan didalam suatu halaman web.

Sebagai contoh web server, yakni Apache yang merupakan web server paling banyak digunakan di internet. Dimana, program ini baru pertama kali di desain untuk system operasi UNIX. Bahkan ada beberapa jenis lainnya dapat diketahui oleh sahabat arena, misalnya Nginx dan lain sebagainya. Web server ini dapat menghubungkan server dengan web browser yang merupakan suatu proses dari penggabungan jaringan komputer di penjuru dunia.

Apa Itu Web Hosting?

Web hosting merupakan sebuah hal yang terpenting untuk membuat website. Web hosting yang biasanya hanya disebut sebagai hosting saja memiliki nama yang cukup populer didunia internet saat ini. Jika sahabat arena melakukan research dengan menuliskan ‘hosting’ di mesin pencari, maka sahabat arena akan melihat berbagai jenis penyedia layanan web hosting, baik itu yang murah, kualitas terbaik dan lainnya.

Jadi, apa itu web hosting? Begini, web hosting itu merupakan media atau lokasi dalam menyimpan data yang berupa tulisan, gambar ataupun video. Dilihat dari Wikipedia, dimana web hosting ini menjadi suatu layanan yang sangat bermanfaat untuk para pengguna yang memiliki sebuah website. Hal ini dikarenakan, web hosting akan bekerja untuk menyimpan data-data yang dimiliki oleh website itu sendiri.

Suatu penyedia web hosting akan memberikan penawaran hosting yang bermacam-macam, mulai dari Shared Hosting, VPS, Dedicated Hosting, Colocation Server dan juga Cloud Hosting. Namun, ada juga beberapa penyedia web hosting yang memberikan penawaran produk seperti Resseler Hosting, WordPress Hosting dan lain sebagainya. Pemilik website akan menggunakan VPS dan juga Dedicated Hosting untuk kebutuhan yang tinggi.

Dengan adanya web hosting, tentu saja sahabat arena bisa membangun sebuah website yang terbaik dengan kecepatan dan keamanan yang akan di tingkatkan. Usahakan sahabat arena menggunakan sebuah penyedia layanan web hosting yang memiliki kualitas terbaik. Ciri-ciri dari web hosting yang berkualitas adalah memiliki harga atau layanan premium. Jangan sampai sahabat arena memilih layanan gratisan, karena ini tidak baik untuk website sahabat arena.

Jadi, Apa Perbedaannya?..

Jadi, apa perbedaan web server dan hosting?.. Sebenarnya, perbedaan dari kedua hal tersebut bisa dilihat dari segi bahasa. Maksudnya, web server itu hanya sebutan ataupun definisi yang berupa teknisnya. Sedangkan untuk web hosting merupakan sebutan ataupun definisi yang membentuk bisnisnya.

Jika kita simpulkan tentang apa itu web server dan web hosting yang sudah dijelaskan diatas, dimana kedua hal ini sangat penting untuk digunakan oleh para pemilik website. Pasalnya, tanpa kedua hal tersebut, maka website dari sahabat arena tidak akan berjalan dengan baik dan lancar.

Rekomendasi Web Hosting Dengan Server Terbaik Untuk Anda

Gimana dengan perbedaan web server dan hosting? Apakah sudah jelas?.. Nah, selanjutnya arena laptop akan memberikan rekomendasi penyedia web hosting dengan server terbaik dan harga terjangkau untuk sahabat arena. Mari kita simak pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Bagi sahabat arena yang sedang membutuhkan sebuah layanan web hosting dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, maka cobalah untuk menggunakan penyedia web hosting yang bernama Siteground. Layanan ini sangat cocok untuk digunakan oleh sahabat arena yang memiliki website e-commerce. Pada Siteground terdapat berbagai macam fitur dengan keamanan dan kecepatan yang sangat terjamin. Hal inilah yang menjadikan kalau Siteground ini sangat cocok untuk menghosting website berbasis e-commerce. Apakah sahabat arena ingin membangun website e-commerce dengan menggunakan layanan Siteground? Maka cobalah untuk berlangganan disini.

Periksa Situs Web

2. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Sebagai layanan terbaik dan berkualitas, A2Hosting ini hadir dengan tingkat kecepatan dan keamanan yang terbaik. Jika sahabat arena mengunjungi website yang dimilikinya, maka sahabat arena akan melihat kalau kecepatan yang dimilikinya bisa mencapai 20x lebih cepat atau 300% lebih cepat. Tentu saja layanan A2Hosting ini menjadi rekomendasi web hosting yang terbaik untuk kebutuhan website sahabat arena. Sangking cepatnya, tak heran kalau banyak pengguna yang menjuluki layanan A2Hosting ini sebagai layanan A2Turbo. Sahabat arena bisa mengklik disini untuk info lebih lengkap dari layanan A2Hosting.

Periksa Situs Web

3. BlueHost

Bluehost Web Hosting

Layanan BlueHost merupakan penyedia web hosting yang terkenal dan terpopuler saat ini. Mereka menyediakan fitur-fitur terbaik dan telah dilengkapi dengan harga terjangkau. Disetiap paketnya tersedia uang jaminan kembali, jadi layanan BlueHost ini tidak akan membuat sahabat arena mengalami kerugian. Selain itu, layanan BlueHost ini juga tersedia tingkat uptime yang cukup tinggi dan tidak mudah untuk terjadinya downtime. Saat sahabat arena menggunakan BlueHost ini untuk menghosting website sahabat arena, maka pada saat itulah kecepatan dan keamanan website sahabat arena akan meningkat. Bisa lihat disini untuk info lebih lanjut.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

HostGator menjadi rekomendasi terakhir dikesempatan kali ini, namun HostGator ini memiliki kecepatan yang disertai dengan tingkat keamanan terbaik. Tentu saja layanan HostGator ini tidak mau kalah saing dengan beberapa layanan web hosting yang ada diseluruh dunia. Di dalam situsnya tersedia berbagai pilihan paket yang bisa digunakan oleh sahabat arena. Akan tetapi, usahakan sahabat arena memilih paketnya dengan tepat dan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan website sahabat arena. Jika sahabat arena ingin melihat harga yang ditawarkannya, maka cobalah untuk lihat disini.

Periksa Situs Web

Kesimpulan

Pembahasan yang sudah dijelaskan diatas bisa disimpulkan bahwa web server maupun web hosting memiliki peranan yang penting untuk sebuah website milik sahabat arena. Dikarenakan kedua hal tersebut akan menjadikan website sahabat arena menjadi lebih optimal dalam beraktivitas. Dengan demikian pembahasan yang mengenai perbedaan web server dan hosting, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat arena yang telah membaca dengan teliti. Terimakasih…

ArenaLaptop Editor