Apa Perbedaan Web Hosting Dan Domain?.. Berikut Pembahasannya

Apa perbedaan web hosting dan domain? Mau cari tahu jawabannya?.. Sahabat arena adalah seseorang yang tepat apabila berada disini, karena dalam kesempatan ini akan diulas tentang perbedaan dari keduanya. Mungkin sahabat arena sudah mengetahui kalau web hosting maupun domain menjadi hal yang sangat penting untuk sahabat arena. Nah, untuk perbedaan dari keduanya, bisa dilihat pada pembahasan yang tersedia untuk sahabat arena seperti berikut ini.

Perbedaan Web Hosting Dan Domain

1. Fungsinya

Sebenarnya, ada sebagian besar pengguna akan bertanya tentang pertanyaan yang sama, dimana ini mengenai perbedaan web hosting dan domain. Mungkin sahabat arena belum memahaminya. Dalam hal ini, perbedaan dari keduanya bisa dilihat dari fungsinya. Hal ini dikarenakan, web hosting dan domain memiliki perbedaan yang sangat dominan dan terlihat mencolok.

Pada umumnya web hosting adalah suatu layanan yang akan menyimpan seluruh data dari website tersebut. Web hosting ini memiliki fungsi yang sangat berdampak dan bermanfaat bagi sebuah website dari para pengguna. Dimana, fungsi dari web hosting ini bisa membuat website sahabat arena menjadi salah satu jenis website yang paling terbaik dalam beroperasi.

Fungsi utama dari web hosting adalah sebagai penyimpanan data. Namun, perlu diketahui kalau web hosting memiliki sebutan yang berbeda apabila fungsi dan juga penggunaannya berbeda. Umumnya, hosting dalam komputer tidak membutuhkan kinerja dari sebuah server. Tapi, berbeda dengan hosting yang digunakan untuk sebuah situs web, dan ini biasanya disebut sebagai web hosting.

Sedangkan jika kita lihat dari domain yang mempunyai fungsi utama sebagai media dalam mempermudahkan akses dari suatu website yang akan mengarahkan sebuah perangkat pada alamat IP. Dengan adanya domain, maka ini akan membuat sebuah perangkat dapat terhubung pada alamat yang berasal dari server hosting. Meski keduanya memiliki perbedaan, namun fungsi dari keduannya memiliki kaitan yang erat.

2. Bentuknya

Apa perbedaan web hosting dan domain? Perbedaan dari keduanya bisa juga dilihat dari bentuk yang dimilikinya. Secara umum, web hosting bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Web hosting memiliki bentuk yang dapat diakses dengan memerlukan server hosting dan koneksi internet sehingga kecepatan yang diakses tidak akan mengalami gangguan.

Berbeda dengan domain, bentuknya seperti URL tulisan dan berada dibelakang nama dari sebuah website yang tertentu. Domain biasanya akan memberikan arahan kalau website berada di dalam naungan entitas ataupun lembaga khusus. Sebagai contoh domain adalah .com, .id hingga .ac.id dan masih banyak lagi yang bisa sahabat arena ketahui tentang contoh-contohnya.

3. Kegunaan dan Tugas keduanya

Dalam memahami perbedaan web hosting dan domain, sahabat arena dapat mengetahuinya dengan melihat dari kegunaan dan juga tugas yang dimiliki oleh masing-masingnya. Web hosting yang dijadikan sebagai tempat atau ruangan untuk menyimpan berbagai jenis data dari sebuah website, baik itu dalam bentuk teks, gambar, video dan lain sebagainya.

Web hosting juga memiliki kegunaan yang akan membuat sebuah website menjadi hidup dengan berbagai macam variasi dari fitur-fiturnya. Biasanya, hal ini akan terdiri atas tampilan, video, gambar, atau mungkin beberapa ikon yang lainnya. Untuk tugasnya, web hosting akan ditugaskan untuk menjaga kenyamanan dari sebuah website, baik itu kecepatan maupun keamanan website.

Sementara itu, domain ini mempunyai tugas yang disertai dengan kegunaan yang diperlukan untuk para pengguna yang ingin mengakses sebuah website. Dan, domain juga akan membantu para pengguna dalam mencari pertanyaan di mesin pencari. Selain itu, sahabat arena juga tidak akan bisa untuk membangun website tanpa domain, karena hal ini berkaitan dengan alamat IP dari komputer.

4. Pengembangan Server Web Hosting Dan Domain

Untuk perbedaan yang selanjutnya antara web hosting dan juga domain ini adalah pengembangan dari server web hosting maupun domain. Web hosting sangat mempengaruhi kegunaan dari domain, begitu juga dengan sebaliknya. Sebab, hal ini hanya bisa tergantung dari proses pengembangan di server web hosting dan juga domain yang digunakan sahabat arena.

Tentu saja pengembangan server menjadi hal yang paling utama dalam perbedaan web hosting dan domain. Kecepatan dalam mengakses di server web hosting hanya bisa dilihat dari kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh web hosting. Kecepatan yang bagus akan membuat website tersebut bisa dikunjungi oleh banyak orang dengan cara termudah.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik untuk saat ini

Setelah pembahasan dari perbedaan web hosting dan domain, arena laptop juga akan memberikan pembahasan tentang rekomendasi web hosting terbaik untuk saat ini. Mari kita simak pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground merupakan sebuah jenis layanan yang menyediakan fitur-fitur terlengkap dalam melakukan penghostingan. Setiap fitur-fitur yang dimilikinya mampu membuat proses hosting dari sebuah website dapat berjalan dengan baik dan lancar. Tentu saja sebuah website tersebut akan menjadi lebih hidup dalam beroperasi. Layanan ini sangat direkomendasikan untuk sahabat arena, karena pada Siteground ini terdapat kecepatan yang didasari dengan keamanan terbaik untuk diperoleh website sahabat arena. Nah, bagi sahabat arena yang ingin mencoba untuk berlangganan dengan layanan ini, maka cobalah untuk klik disini.

Periksa Situs Web

2. HostGator

HostGator Web Hosting

Apabila dari sahabat arena yang ingin mendapatkan akses terbaik pada websitenya, maka akan menjadi lebih baik jika sahabat arena menggunakan HostGator. Layanan ini menawarkan harga yang terjangkau untuk setiap paket yang ditawarkan kepada sahabat arena. Umumnya, kecepatan dari HostGator ini dapat mengatasi masalah yang berupa buffering. Tak perlu takut dan ragu jika sahabat arena harus menggunakan layanan HostGator ini. Selain menyediakan uang jaminan kembali, mereka juga menyediakan uptime yang terbaik untuk website sahabat arena. Lihat disini untuk info lebih lengkap.

Periksa Situs Web

3. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Sahabat arena sedang mengalami masalah terhadap server websitenya? Apakah websitenya sulit untuk diakses?.. Hal inilah yang biasanya dinamakan sebagai buffering. Sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah buffering, maka cobalah untuk menggunakan layanan A2Hosting. Dalam hal ini, A2Hosting menjadi salah satu jenis web hosting yang menyediakan kecepatan tercepat dan cocok untuk sahabat arena. Pada umumnya, layanan A2Hosting ini digunakan untuk memperlancarkan akses dari sebuah website, karena kecepatannya sangat cepat. Tidak percaya? Sahabat arena bisa mencobanya disini.

Periksa Situs Web

4. BlueHost

Bluehost Web Hosting

Sebagai layanan web hosting yang terakhir dari pembahasan ini adalah BlueHost. Pada dasarnya, BlueHost ini memiliki sistem keamanan terbaik dan banyak orang yang pernah mengatakan kalau tingkat kualitasnya sangat terbaik. Bahkan, jika sahabat arena ingin melindungi lalu lintas dari website sahabat arena, maka cobalah untuk memakai layanan BlueHost. Selain itu, kecepatannya juga cukup cepat, dan bisa memungkinkan kalau website sahabat arena menjadi lebih cepat. Mereka juga akan selalu memberikan kemudahan bagi setiap pelanggannya yang ingin berlangganan dengannya. Untuk info lebih lengkap bisa dilihat disini.

Periksa Situs Web

Penutup

Nah, itu dia yang menjadi perbedaan web hosting dan domain. Perbedaan keduanya sangat berbeda, tapi kedua tersebut menjadi elemen yang penting bagi sahabat arena yang akan membangun sebuah website. Dalam proses pembangunan website, maka pakailah layanan web hosting seperti yang ada diatas.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor