Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Habis

ARENALAPTOP.COM — Merawat komponen laptop memang gampang – gampang susah sob, ya tergantung dari kita sendiri bagaimana cara pemakain dan perawatannya. Salah satu komponen dari laptop yang paling penting adalah ada pada baterainya. Baterai memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, semisal untuk nugas, browsing sambil cari wifi gratisan, ataupun iseng – iseng buat nulis (baca : ngetik) kaya yang ane lakuin sekarang ini. Baterai juga sama kaya kompomen – komponen lain yang istilahnya punya usia masa pakai, umumnya masa pakai baterai laptop kebanyakan berkisar 2 sampai 4 tahun, kalaupun ada yang lebih dari itu, anggap aja bonus lah. Sebelum ane kasih tips buat merawat baterai laptop supaya masa pakainya bisa tahan lebih lama, ane mau kasih tau beberapa hal yang terkadang tidak kita sadari dapat memperpendek umur baterai laptop kita sob. Oke langsung saja kita mulai :

Tips Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

1. Penggunaan laptop secara berlebihan. Laptop tidak didesign untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama seperti untuk kebutuhan grafis, editing, ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan – kebutuhan yang membutuhkan resourcebesar seperti tadi, maka akan menyebabkan konsumsi daya menjadi tinggi, dan akan cepat meyebabkan baterai menjadi panas, efek panjangnya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasistas penyimpanan daya baterai itu sendiri.

2. Jangan membiarkan daya baterai hingga 0%. Menggunakan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai, dan juga dapat memperpendek umur dari laptop itu sendiri karena komponen – komponen yang tadi bekerja saat laptop digunakan, tiba –tiba mati karena kehabisan daya dari baterai.

3. Cabut charger ketika daya sudah 100%. Membiarkan laptop terus di charger dalam kondisi baterai 100% juga tidak baik dampaknya terhadap baterai, karena dapat mengurangi umur baterai.

Oke, kita sudah tahu hal – hal yang dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan daya baterai laptop kita. Nah memasuki acara yang ditunggu – tunggu, kita langsung saja bahas bagaimana cara menjaga baterai laptop agar awet dan tahan lama, langsung saja.

Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

  1. Jangan meletakkan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk, misal diatas kasur, ataupun bantal. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadi overheat.
  2. Charger laptop dalam keadaan mati, hingga baterai penuh.
  3. Gunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil, hal ini dapat membantu menghindarkan dari tengangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.
  4. Jangan membirkan daya baterai hingga 0%, jika baterai sudah limit segera charge.
  5. Lakukan fully discharged secara teratur, dan juga jangan terlalu sering, semisal sebulan sekali.
  6. Check terus tingkat wear level baterai kita, ane gunain software HW Monitor buat mengecek tingkat wear level yang ada dilaptop.

Kira – kira begitulah sedikit Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Habis yang bisa ane bagiin, berhubung udah malem banget dan ane udah ngantuk berat nih, maka artikel kali ini ane cukupkan ampe disini aja yah, kapan – kapan bisa disambung lagi kalo ada waktu. Semoga bermanfaat.

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik