Pengertian RAM Fungsi dan Jenis RAM Komputer

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data atau instruksi program sementara pada suatu komputer. Data pada RAM bersifat sementara, yang artinya jika komputer atau laptop di matikan maka data tersebut yang ada pada RAM juga akan terhapus. RAM biasa juga disebut dengan Memory, karena pada dasarnya memang memori penyimpanan data seperti penjelasan diatas.

Pengertian dan Fungsi RAM

Pengertian RAM

Fungsi RAM adalah untuk mempercepat kecepatan komputer, namun perlu dicatat bahwa RAM bukanlah komponen utama yang dapat mempercepat kinerja komputer atau laptop. RAM mampu membantu proses kinerja processor untuk mengolah data. Semakin besar ukuran RAM tentu akan semakin baik dalam prosesnya. Ada macam-macam ukuran RAM, diantaranya adalah RAM ukuran: 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan lain sebagainya. Dan ada juga beberapa jenis RAM, mulai dari RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan yang terbaru adalah RAM DDR 5. Menurut pengalaman saya, semakin tinggi jenis RAM maka harganya semakin murah, namun justru performanya semakin baik.

Namun tak semua komputer dapat mendukung ukuran RAM yang besar. Biasanya pada mainboard suatu komputer membatasi jumlah maksimal RAM yang bisa diterapkan. Tak cuma mainboard, kadang juga ada Sistem Operasi yang membatasi ukuran memori. Jenis RAM pun sama, jadi misalnya RAM DDR 3 maka hanya bisa dipasangkan oleh mainboard yang mendukung RAM DDR3. Saya pernah salah membeli, dan walhasil harus ditukarkan lagi agar tak sia-sia. :D Dan satu lagi, jumlah slot RAM yang bisa dipasangkan pada laptop atau komputer pun berbeda. Ada laptop maksimal RAM yang bisa dipasangkan adalah satu slot, namun ada juga yang mendukung hingga tiga slot memori. Jadi misalnya ingin jumlah RAM sebesar 8GB, bisa pasang 2 slot 4GB.

Nah bila Anda pernah mempunyai niatan untuk menambah RAM, saya sarankan untuk membaca artikel berikut terlebih dahulu: Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop. Sebaiknya jika Anda bukan seorang teknisi, percayakan saja kepada tukang servis komputer atau laptop. Karena jika salah-salah malah laptop Anda mati dan harus beli lagi. Hehe.

Produsen RAM :

  1. Corsair ( katanya yang paling baik )
  2. Samsung
  3. Sandisk
  4. tambahkan dikolom komentar, nanti saya update

Saya 99% yakin Anda yang membaca artikel ini adalah masih pelajar atau mahasiswa, betul kan? Mari kita diskusi jika ada poin diatas yang keliru atau jika ada pertanyaan seputar tugas sekolah atau hal lainnya, silakan tanyakan di kolom komentar. :)

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik