Apa Itu Domain Dan Web Hosting?.. Berikut Ini Pembahasan Lengkapnya

Apakah sahabat arena ingin membuat suatu situs web? Dalam pembuatan website sahabat arena akan mendengar beberapa istilah yang berupa domain ataupun web hosting. Pasti sahabat arena akan bertanya tentang apa itu domain dan web hosting. Tentu saja sahabat arena harus tahu kalau pembahasan yang mengenai tentang apa itu domain dan web hosting sangat mudah untuk dimengerti oleh sahabat arena.

Apa Itu Domain Dan Web Hosting

Nah, jika sahabat arena ingin mencari tahu tentang apa itu domain dan web hosting, mungkin sahabat arena menjadi orang yang beruntung apabila berada disini. Dikarenakan pada saat ini arena laptop akan membahas tentang apa itu domain dan web hosting. Untuk pembahasan yang mengenai pengertian atau definisi dari domain maupun web hosting, maka langsung saja simak pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

Apa Itu Domain?..

Apa sih itu domain? Menurut sumber yang sudah disediakan, dimana domain ini merupakan salah satu nama dari sebuah Website. Jenis apapun website tersebut, pasti akan memerlukan nama domain ini. Domain bukan menjadi sesuatu yang dapat disentuh oleh sahabat arena dengan cara yang fisik. Domain hanyalah rangkaian karakter yang dapat membuat website sahabat arena menjadi lebih dikenal dengan identitas yang benar.

Sahabat arena harus tahu kalau domain ini sama halnya dengan nama manusia maupun hewan dan nama-nama lainnya. Pasalnya, nama domain ini sudah diatur ataupun ditentukan oleh suatu badan telekomunikasi. Domain juga dapat diartikan sebagai nama alamat dari suatu situs web sahabat arena. Mungkin inilah yang menjadi alasan kenapa domain itu sangat penting untuk website kita. Kalau tidak bagaimana bisa visitor dapat mengetahui website sahabat arena.

Domain terdiri dari dua jenis, seperti domain yang berupa gTLD dan ccTLD. Domain yang seperti gTLD adalah salah satu jenis domain yang bersifat global tanpa harus mempunyai beberapa syarat apapun, contohnya adalah .com, .net, .org dan lain-lainnya. Berbeda dengan domain ccTLD, dimana ini merupakan domain Indonesia yang dikelolah oleh PANDI dan memiliki persyaratan khusus, contohnya .co.id, .id, .my.id dan lain-lainnya.

Apa Itu Web Hosting?..

Apa sih itu web hosting? Web hosting adalah suatu layanan yang dapat memberikan berbagai macam jenis pilihan paket untuk kebutuhan dari hosting suatu website yang dimiliki oleh pengguna. Secara umum, hosting merupakan salah satu jenis ruangan yang dapat menampung semua file yang dimiliki oleh suatu situs web. Dan kemudian ini akan dijalankan pada berbagai komputer dengan menggunakan bantuan dari ekstensi browser.

Hosting mempunyai bentuk yang berupa fisik atau ini dinamakan sebagai server hosting. Nah, server ini akan bekerja yang layaknya seperti komputer umumnya. Dalam artinya, server tersebut terdiri dari RAM serta Hard Disk hingga pada Prosesor. Perlu diketahui oleh sahabat arena, bentuk maupun ukurannya akan disesuaikan dengan tempat penyimpanan yang ada di dalam rack server. Umumnya, server hosting seringkali harus disimpan di pusat data (data center), tentunya memiliki listrik ataupun cadangan listrik yang berupa UPS.

Server hosting akan digunakan untuk suatu jenis website yang dimiliki oleh para pengguna. Maksudnya, ini akan dimanfaatkan oleh pemilik website sebagai bank data. Mulai dari server hosting, maka ini akan tercipta performa yang lebih baik untuk mengakses website itu sendiri. Hanya saja ini bergantung dari jaringan internet dari sahabat arena ataupun pengunjung lainnya yang ingin mengunjungi website tersebut.

Jadi, Apa Itu Domain Dan Web Hosting

Jadi, apa itu domain dan web hosting? Secara singkatnya kita bisa artikan kalau domain adalah alamat yang dimiliki oleh situs web. Sedangkan web hosting ini diartikan sebagai rumah untuk situs web tersebut. Maksudnya, web hosting akan mengelolah setiap langkah dari website sahabat arena, mulai tempat penyimpanan file, performa dan lain sebagainya sehingga website sahabat arena dapat beroperasi dengan mudah.

Rekomendasi Web Hosting yang Memiliki Kualitas Terbaik

Setelah pembahasan yang mengenai apa itu domain dan web hosting, selanjutnya arena laptop akan memberikan empat rekomendasi layanan web hosting yang paling terbaik buat sahabat arena. Keempat dari layanan web hosting tersebut teridri atas Siteground, BlueHost, A2Hosting dan HostGator. Nah, untuk pembahasan dari keempat web hosting tersebut, maka sahabat arena dapat menyimaknya dibawah ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground adalah salah satu jenis layanan yang sangat direkomendasikan untuk sahabat arena. Dimana mereka hadir dengan fasilitas-fasilitas yang dapat menjaminkan kalau situs web sahabat arena akan berkondisi baik-baik saja. Mereka memiliki tingkat keamanan dan juga kecepatan yang dapat membantu aktivitas dari situs web sahabat arena.

Selain itu, Siteground memiliki jaminan uptime 99.9%, yang pastinya situs web sahabat arena tidak mudah untuk downtime. Hal ini dikarenakan tingkat uptime yang dijaminkan oleh Siteground ini sangat tinggi. Bukan hanya itu saja, Siteground juga memiliki harga yang dapat dijangkau sahabat arena. Untuk harga yang ditawarkannya, dapat dilihat disini.

Periksa Situs Web

2. BlueHost

Bluehost Web Hosting

BlueHost hadir dengan kunci SSL yang merupakan keamanan terbaik dan dapat melindungi seluruh privasi website pelanggannya. Selain itu, layanan BlueHost juga menyediakan tempat penyimpanan yang lebih dari cukup untuk menampung file-file dari suatu website. Mereka juga menyediakan kecepatan yang dapat membuat website sahabat arena terhindar dari kejadian buffering. Harga yang ditawarkannya juga murah dan dapat dijangkau sahabat arena. Tidak percaya? Cobalah lihat disini.

Periksa Situs Web

3. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Mau performa website sahabat arena menjadi lebih cepat? Mungkin layanan A2Hosting inilah yang menjadi rekomendasinya. A2Hosting memiliki kecepatan 20X lebih cepat dari layanan-layanan hosting yang lainnya. Bahkan, tak heran kalau A2Hosting ini memiliki julukan sebagai layanan A2Turbo. Julukan tersebut diambil dari nama paketnya, dengan begitu situs web sahabat arena akan menjadi lebih cepat. Jadi, tak heran kalau saat ini banyak pengguna yang pernah menggunakan jasa hosting dari Siteground ini. Untuk info menarik lainnya dari A2Hosting bisa lihat disini.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

Jika sahabat arena masih memerlukan sebuah layanan hosting, sebagai rekomendasi yang terakhir dalam pembahasan ini arena laptop merekomendasi layanan yang dinamakan sebagai layanan HostGator. Umumnya, layanan HostGator hadir dengan berbagai jenis fitur yang paling terbaik. Tentu saja mereka menyediakan kecepatan dan keamanan yang sangat cocok buat website sahabat arena.

Yang membuat layanan HostGator ini menarik adalah mereka menyediakan jaminan uptime yang dapat dibilang sempurna. Banyak pelanggan yang mengatakan kalau website tidak mudah untuk down jika berlangganan dengan layanan HostGator ini. Apakah sahabat arena merasa tertarik untuk menggunakan layanan HostGator? Baca dulu informasi yang menarik lainnya disini.

Periksa Situs Web

Penutup

Dalam penutup di pembahasan apa itu domain dan web hosting, arena laptop mau memberitahukan kalau sahabat arena ingin membuat website, maka pastikan sahabat arena telah menemukan layanan yang terpercaya. Karena tidak semua layanan yang ada memiliki kualitas terbaik untuk kebutuhan website sahabat arena kedepannya. Sebagai contoh layanan web hosting dengan kualitas yang tejamin buat situs web sahabat arena, cobalah untuk mencoba salah satu layanan yang ada diatas.

ArenaLaptop Editor