Mana Lebih Aman, VPN Atau Tor? Berikut Ini Pembahasannya

Dalam dunia internet yang semakin berevolusi, pasti hal yang paling utama kita memikirkan keamanan terhadap privasi online. Kita ingin mendapatkan keamanan yang terbaik terhadap rahasia identitas online, terutama pada data-data yang paling penting. Perlu diketahui ketika sahabat arena sedang berinternet, tanpa disadari ada yang ingin melihat rahasia identitas sahabat arena.

VPN Atau Tor

Ada penyedia layanan untuk mengamankan privasi online yang dimiliki oleh sahabat arena, yaitu VPN dan Tor. VPN atau Tor merupakan sarana yang paling terbaik untuk mengamankan privasi sahabat arena. Memang pada umumnya VPN atau Tor memiliki kemampuan yang sama yaitu mengamankan kehidupan digital sahabat arena. Namun sahabat arena harus tahu kalau perbedaan antara VPN dengan Tor terlihat sangat berbeda jika dibandingkan dengan kesamaannya.

Manfaat dari VPN atau Tor sangat dibutuhkan oleh para pengguna yang ingin mengamankan data-data pribadinya. Mana yang sangat cocok untuk digunakan oleh sahabat arena, VPN atau Tor? Nah dibawah ini merupakan penjelasan yang lebih lanjut mengenai VPN dan Tor. Bahkan melalui pembahasan ini sahabat arena akan mengetahui layanan yang paling terbaik untuk keamanan, apakah harus menggunakan VPN atau Tor. Berikut pembahasannya.

Mengenal VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah layanan yang dapat dihubungkan kepada perangkat sahabat arena. Dengan VPN maka alamat IP sahabat arena akan disembunyikan. Dalam hal ini, VPN akan memberikan alamat IP palsu (milik VPN) ketika berinternet dengan mengaktifkan VPN dan untuk alamat IP yang asli (milik sahabat arena) akan disembunyikan oleh VPN. Dengan demikian tidak ada seseorang pun yang dapat mengambilnya.

VPN dapat dijadikan sebagai simulasi jaringan daerah lokal yang pribadi dan VPN mampu memberikan akses terbaik di layanan streaming maupun mengunjungi website. Bahkan pada saat sahabat arena mengunjungi website atau streaming dengan berbagai konten, terutama konten yang sudah diblokir bisa terbuka oleh Virtual Private Network ini. Pada saat berada dikonten geo-blok, maka jenis apapun perangkat sahabat arena akan dienkripsi dengan perlindungan enkripsi yang sangat kuat dari VPN tersebut.

Cara Bekerjanya VPN

VPN menyambungkan sahabat arena pada server dengan menyediakan enkripsi yang paling terbaik disetiap servernya untuk perangkat sahabat arena. Pada umumnya VPN bekerja sebagai perangkat lunak yang dapat membantu kehidupan digital sahabat arena. Namun jika sahabat arena ingin menggunakan VPN, maka sahabat arena harus memiliki akun pada penyedia VPN.

Selain menyediakan akun sahabat arena juga harus menginstal dan memasangnya aplikasi dari VPN tersebut. Kemudian sahabat arena bisa meng-klik dengan satu tombol serta memilih server yang paling di VPN tersebut. Nah ketika VPN telah diaktifkan dengan begitu, keamanan dari para penggunanya akan selalu terenkripsi. Jadi hal ini sahabat arena tak perlu khawatir untuk menggunakan VPN.

Pada Saat Apa Kita Harus Menggunakan VPN?

Mungkin sahabat arena bisa menggunakan VPN pada saat sahabat arena berada di kondisi,

  • Jika sahabat arena mengkhawatirkan keamanan terhadap privasi, sahabat arena bisa mengaktifkan VPN.
  • Apabila sahabat arena berada di jaringan publik, sahabat arena disarankan untuk menggunakan VPN sehingga bisa mengamankan identitas sahabat arena.
  • Sahabat arena bisa menggunakan VPN pada saat berada dilayanan online yang telah diblokir.
  • Sahabat arena bisa menggunakan VPN pada saat ingin menerobos semua konten-konten yang telah diblokir oleh ISP.
  • Apabila sahabat arena ingin berlibur disebuah negara, maka dengan VPN sahabat arena akan mendapatkan perlindungan dari pihak pemerintah.

Keuntungan dan Kerugian VPN

Jika sahabat arena ingin menggunakan VPN, sahabat arena harus mengetahui keuntungan dan kerugian terhadap VPN. Nah berikut dibawah ini merupakan keuntungan dari VPN.

  • Memberikan keamanan yang sangat aman jika diperlukan.
  • Menyediakan berbagai server yang telah dioperasikan pada berbagai negara yang ada diseluruh dunia.
  • Sangat mudah untuk digunakan oleh para pengguna, mulai dari pengguna yang masih pemula hingga pengguna yang sudah berpengalaman.
  • Mampu memberikan akses terbaik diberbagai layanan online.
  • Memberikan jaminan uang kembali dari VPN tersebut.

Selain itu sahabat arena juga bisa mendapatkan kerugian ketika menggunakan VPN. Seperti apa kerugiannya, simak ulasan berikut ini.

  • Tidak aman dilayanan gratis.
  • Semakin mahal harganya, maka semakin baik untuk kualitasnya.

Mengenal Tor

Tor

Tor atau sebuah kependekan dari nama The Onion Router merupakan sebuah perangkat lunak gratis yang dapat menyembunyikan identitas sahabat arena. Enkripsi-nya berlapis yang bertanda kalau data sahabat arena akan dienkripsi berulang kali dengan melewati node atau simpul yang dipilih dengan cara diacak.

Mengakses ke internet secara anonim bisa menggunakan jaringan ini. Berbeda dengan VPN dimana Tor akan mengarahkan sinyal sahabat arena yang melalui berbagai node dan cukup melihat alamat IP yang berasal dari depan dan juga belakang node. Ini dapat diartikan kalau tidak ada seorangpun yang dapat melacak dan melihat semua jalannya website yang dihubungkan dengan perangkat sahabat arena.

Tor telah dianggap sebagai layanan yang aman dan bisa melindungi akses internet sahabat arena secara anonim. Bahkan Tor melindungi akses sahabat arena pada situs yang telah diblokir, walaupun banyak kejahatan yang ingin merusakan perangkat sahabat arena. Karena sebagian besarnya, Tor dapat menghindarkan sahabat arena dari kawasan kejahatan jaringan pada saat browsing keberbagai situs web.

Cara Bekerjanya Tor

Tor akan bekerja untuk memetakan jalur terhadap perangkat sahabat arena yang melalui dua node dengan cara diacak pada node keluar. Kemudian Tor memiliki enkripsi yang dilapisi tiga sekaligus dipaket data sahabat arena dengan mengirimkannya pada node pertama.

Untuk node yang pertama akan membuat lapisan terluar menghilang dari enkripsi, sementara untuk node yang kedua akan mengulangi proses ini. Nah pada saat sahabat arena mencapai node keluar jaringan atau lapisan enkripsi yang terakhir dihilangkan. Hal ini bukan untuk menampakkan tujuan yang terakhir dari data sahabat arena, melainkan informasi sahabat arena termasuk didalamnya informasi yang sensitif. Memungkinkan ini  sahabat arena memasukkan pada awalnya didalam situs web. Tor akan memakai tiga node yang sama dan diperkirakan selama 10 menit sebelum Tor menyediakan jalur lalu lintas sahabat arena yang baru.

Pada Saat Apa Kita Harus Menggunakan Tor?

Sahabat arena bisa menggunakan Tor ini pada saat,

  • saat sahabat tertarik dengan menganonimkan aktivitas browsing sahabat arena.
  • ketika sahabat arena bisa menggunakan Tor ketika berada di negara yang terdapat undang-undang yang sangat ketat.
  • waktu ingin mengatasi website yang melihat pencarian sahabat arena dan sasaran dari iklan.

Keuntungan dan Kerugian Tor

Untuk kerugian dari Tor sahabat arena bisa melihat pada pembahasan yang ada dibawah ini.

  • Sahabat arena memungkinkan untuk membuka kontes dan situs yang telah diblokir menurut kawasan.
  • IP eksternal sahabat arena tidak dapat dilacak.
  • Alamat IP sahabat arena tetap aman.
  • Merasa bebas untuk menggunakan perangkat lunak dan jaringan.

Selain keuntungan yang menguntungkan, sahabat arena juga akan mendapatkan kerugian ketika menggunakan layanan Tor.

  • Tor bisa menjadi lebih lambat, karena data sahabat arena berada di node tersebut.
  • Tidak efisien ketika ingin memalsukan alama IP.
  • Tida terdapat pemeliharaan dan pertanggungjawaban ketika menggunakan layanan gratisnya.
  • Siapa saja dapat memata-matai aktivitas sahabat arena.

Jadi, Mana Lebih Aman Antara VPN atau Tor?

VPN Atau Tor

Memang VPN atau Tor dapat dipercayai oleh para pengguna, namun sayang sekali Tor tidak mampu memberikan kecepatan untuk menunjang aktivitas sahabat arena. Berbeda dengan VPN dimana semakin kuat enkripsi yang dimiliki oleh VPN, maka kecepatan setiap servernya akan meningkat. Namun tetap saja VPN harus memerlukan koneksi data yang stabil. Jadi, mana yang lebih aman antara VPN atau Tor? Menurut arena laptop, melalui berbagai perbandingan, disimpulkan kalau VPN menjadi perangkat yang sangat ideal jika dibandingkan dengan Tor.

Penutup

Pembahasan diatas dapat kita simpulkan kalau untuk keamanan yang paling terbaik saat berinternet, baik itu untuk streaming, unduh dan browsing diberbagai situs, tentu saja sahabat arena harus menggunakan VPN. VPN apa yang harus saya gunakan? Mungkin sahabat arena bisa menggunakan NordVPN atau mungkin bisa menggunakan layanan ExpressVPN.

Kenapa harus menggunakan salah satu dari kedua VPN tersebut? Ini dikarenakan pada kedua VPN terdapat keamanan tingkat militer. Ini bertanda kalau VPN yang arena laptop rekomendasikan adalah VPN yang mampu mengamankan aktivitas online dari sahabat arena. Jadi, sahabat arena tak perlu takut lagi dengan kejahatan jaringan ketika sahabat arena telah menggunakan VPN tersebut.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor