10 Laptop Untuk Programmer Terbaik dan Paling Laris

Seorang programmer pastinya akan dihadapkan dengan beratus bahkan ribuan coding setiap harinya. Untuk itu laptop jadi sarana yang sangat diperlukan bagi seorang programmer. Jika ditanya laptop untuk programmer yang bagus itu yang seperti apa sih? Tidak ada patokan khusus mencari laptop untuk kebutuhan programming. Hampir semua laptop bisa dipakai untuk menjalankan programming, mulai dari harga murah sampai laptop mahal sekalipun.

Laptop Untuk Programmer

Akan tetapi semua itu tergantung dari faktor pendukung apa saja yang diperlukan. Apabila laptop yang dinginkan tepat sesuai jenis programming yang dilakukan, maka akan semakin produktif juga kerja dari seorang programmer.

Menunjang Kegiatan Programming

Kebanyakan laptop punya spesifikasi cukup mendukung kebutuhan programmer untuk mengerjakan website atau software. Namun, dengan laptop yang tepat pekerjaan pun akan semakin mudah. Pastinya sahabat arena tidak mau kan sudah susah payah berjam-jam tiba-tiba hilang karena laptop lambat atau hang!

Hendaknya sahabat arena bijak dalam memilih spesifikasi laptop untuk programmer yang cocok sesuai kebutuhannya. Perlu diingat laptop hanyalah sekedar alat, programmerlah yang harus menjadi problem solving dan berpikir kritis.

Pastikan Jenis Programming yang Dibutuhkan

Sebagai seorang programmer, sahabat arena perlu memastikan secara spesifik laptop seperti apa yang benar-benar diperlukan. Apakah sahabat arena ingin menjadi software developer? Mengembangkan website? Atau menciptakan aplikasi baru untuk dipasarkan di Play Store? Setiap kebutuhan tersebut memiliki spec yang berbeda.

Kecepatan laptop untuk programmer sangatlah penting karena akan banyak melakukan multitasking berpindah dari satu folder ke yang lainnya. Alangkah baiknya menggunakan laptop dengan driver 256GB SSD atau hard disk 1TB untuk menyimpan data.

Disesuaikan dengan Budget

Sebelum memilih laptop untuk programmer, ada baiknya menentukan terlebih dahulu berapa besar budget yang harus dikeluarkan. Banyak store-store atau toko online yang menjual laptop harga terjangkau dengan spesifikasi yang cukup berkelas, bahkan dengan cicilan 0%. Dengan begitu sahabat arena bisa menargetkan jenis laptop yang ingin dimiliki sesuai keperluan programmingnya.

10 Laptop Untuk Programmer Terbaik dan Paling Laris

1. HP Envy 17 U275CL

HP Envy 17 U275CL

HP Envy U275CL ini tidak hanya menawarkan performa yang canggih di kelasnya. Dari desainnya sudah terlihat elegan dengan material logam berwarna silver yang membalut bodinya, sangat pas untuk mendampingi kerja seorang programmer. Berbekal Intel Core i7 dan RAM 16GB, sudah sangat mumpuni untuk mendukung pekerjaan software developer. Harganya cukup mahal, yakni Rp 13,3 juta. Lebih jelasnya bisa langsung lihat disini.

2. Microsoft New Surface Pro

Microsoft New Surface Pro

Selanjutnya ada Microsoft Surface Pro 5 yang bisa sahabat arena pilih jika mencari laptop untuk programmer. Walaupun dibanderol Rp 16,5 juta kemampuannya tak akan mengecewakan. Dengan Intel Core i5 dan RAM 8GB yang sudah didukung Windows 10 akan semakin memudahkan melakukan coding. Hanya saja ruang simpannya cukup terbatas untuk laptop kelas premium. Untuk melihat lengkap spesifikasinya bisa kunjungi situsnya disini.

3. Dell Latitude 5580

Dell Latitude 5580

Dibanderol dengan harga Rp 18,8 juta, Dell Latitude 5580 menawarkan sebuah pengalaman komputasi diatas standar. Spesifikasi yang tertanam di dalamnya sangat mendukung produktifitas seorang programmer. Mulai dari coding, desain, hingga gaming bisa dilakukan dengan laptop ini. Selain itu sudah dilengkapi dengan Windows 10 Pro sehingga multitasking jadi lebih mudah. Penasaran dengan spesifikasinya? Tenang, sahabat arena bisa lihat lebih lengkap disini.

4. Asus Vivobook Pro 15 N580VD-FY001T

Asus Vivobook Pro 15 N580VD

Mencari laptop untuk programmer dengan harga yang cukup bersaing? Asus VivoBook Pro 15 N580VD-FY001T jawabannya. Harganya sekitar Rp 14 jutaan, namun performanya lebih canggih dibandingkan laptop sekelasnya. Komponen di dalamnya memberikan semua jenis pekerjaan programmer. Selain dibekali Intel Core i7, laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1TB + 128GB SSD yang pastinya sangat kencang. Lebih jelasnya bisa lihat disini.

5. Dell Inspiron 3576

Dell Inspiron 3576

Pilihan laptop untuk programmer selanjutnya ada Dell Inspiron 3576. Memiliki bentang layar 15,6 inchi memberikan keleluasaan untuk memandang layar, sehingga lebih nyaman saat melakukan coding. Dari desainnya memang terlihat berat dan tebal, namun portabilitas tentu tidak terlalu diperhatikan bagi seorang programmer. Dari specnya terbilang sangat mantap dengan harga yang lebih terjangkau dari keempat laptop di atas. Selengkapnya bisa ditemukan disini.

6. Acer Aspire E5 575G-74E2

Acer Aspire E5 575G-74E2

Sahabat arena yang membutuhkan laptop untuk programmer akan dimanjakan dengan Acer Aspire E5 575G-74E2. Kegiatan komputasi dan multitasking bisa dilakukan dengan nyaman tanpa hambatan. Saat bekerja kartu grafis yang digunakan Intel HD Graphics 520, tapi ketika bermain game otomatis menggunakan Nvidia GeForce. Sudah pasti kegiatan coding, membuat konten, hingga multimedia terasa menyenangkan. Untuk mengetahui harga dan spesifikasinya, bisa lihat disini.

7. Asus Zenbook UX310UQ

Asus Zenbook UX310UQ

Asus Zenbook UX310UQ ini sangat layak untuk dipertimbangkan buat sahabat arena yang membutuhkan laptop untuk keperluan programming. Dari harga memang cukup mahal, namun kualitas yang diberikan tak mengecewakan. Prosesor Intel Core i7 memberikan performa maksimal dengan dukungan RAM 8GB, ditambah kapasitas penyimpanan 1TB+128GB SSD menyempurnakan kinerjanya. Windows 10 yang sudah terinstal memudahkan kegiatan multitasking. Selengkapnya bisa sahabat arena simak disini.

8. HP Pavilion 15-BC403TX

HP Pavilion 15-BC403TX

HP Pavilion 15-BC403TX ini merupakan laptop gaming dengan performa yang luar biasa. Laptop ini tentu sangat mendukung para programmer, bahkan untuk menciptakan game sendiri atau aplikasi. Spec yang ditanamkan mulai dari prosesor, ram, kartu grafis, hingga kapasitas hard disk menghasilkan kinerja sangat memuaskan. Harganya yang dibanderol Rp 10,7 juta sangat worth it dengan kemampuannya. Daripada penasaran, langsung saja lihat disini.

9. Apple Macbook Pro MJLQ2

Apple MacBook Pro MJLQ2

Apabila sahabat arena memiliki budget berlebih dan menginginkan laptop untuk programmer, jangan ragu untuk memilih Apple Macbook Pro MJLQ2. Kualitas yang dibenamkan di dalamnya sangat mumpuni untuk segala kebutuhan, baik itu untuk programming, desain, pembuatan konten, hingga gaming. Dibekali prosesor terbaik dari Intel Core i7 dan kapasitas driver 256GB yang membuat laptop berlari kencang. Untuk selengkapnya bisa simak disini.

10. Acer Predator Nitro 5 AN515-52

Acer Predator Nitro 5 AN515-52

Terakhir ada Acer Predator Nitro 5 AN515-52. Karena game ada kaitannya dengan programming maka tak heran jika laptop ini dibenamkan spefikasi untuk gaming. Dengan begitu, sahabat arena dapat dengan tenang melakukan pekerjaan coding tanpa lemot ataupun hang. Apalagi dibekali dengan dual storage, segala kebutuhan file hasil kerja sahabat arena dapat disimpan dengan leluasa. Harga dan spesifkasinya bisa dilihat disini ya.

Bagaimana, sudah mulai menentukan mana yang akan dipilih sebagai laptop untuk programmer? Semua rekomendasi diatas merupakan perangkat yang sudah pasti sangat mendukung semua pekerjaan para programmer. Dari segi harga memang terlihat mahal dan menguras kantong. Hal ini untuk membantu sahabat arena dalam melakukan coding lebih leluasa dan nyaman. Sebab dengan performa laptop yang tinggi tentu akan membuat programmer semakin produktif. Apalagi bagi seorang programmer pengembang aplikasi atau game, tentu hasilnya akan diuji cobakan dulu. Maka dari itu laptop dengan kemampuan yang kencang sangat dibutuhkan. Terkecuali buat sahabat arena yang baru ingin belajar bisa menjadi seorang programmer bisa memulainya dengan laptop harga murah.

Selain itu pilihan laptop untuk programmer di atas tentu bisa jadi investasi jangka panjang. Keuntungan yang bisa didapat adalah ketahanan laptop yang bisa dipakai lebih lama dalam beberapa tahun ke depan.

ArenaLaptop Editor