Langkah Ampuh Merawat LCD Laptop Agar Awet

ARENALAPTOP.COM — Informasi tips merawat LCD laptop agar awet. LCD laptop merupakan salah satu komponen terpenting dari laptop itu sediri yang fungsinya adalah menampilkan output berupa gambar, tulisan, atau grafik pada layar. Sehingga apabila LCD sampai rusak atau bahkan mati, maka akan sangat menggangu proses kerja kita, karena kita tidak bisa mengerjakan segala sesuatu hal yang ada di laptop tanpa adanya visualisasi di layar LCD laptop. Beberapa masalah yang ada pada LCD laptop yang pernah saya jumpai, diantaranya adalah adanya tampilan bergaris pada LCD laptop, tampilan yang dihasilkan terhilat bergetar atau seperti bergoyang, warna yang ditampilkan kurang tajam, dan juga terjadinya missing color.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rusak pada LCD laptop, beberapa faktor yang saya ketahui diantaranya adalah kualitas VGA module pada LCD laptop kurang baik. VGA module tersusun atas VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan juga inverter. Untuk penyebab kerusakan karena faktor VGA module-nya biasanya merupakan kerusakan bawaan yang berasal dari produsen pembuatnya sendiri. Faktor lain yang dapat menyebabkan rusaknya LCD laptop adalah cara penggunaan dan juga cara merawatnya yang kurang tepat.

Laptop tidak sama dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan panas yang ada di dalam laptop menumpuk (Baca Juga : Owalah! Ini Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat), meskipun sudah ada pendingin sendiri pada laptop, tetapi karena ruang yang terlalu sempit menyebabkan sirkulasi udara menjadi kurang baik. Bandingkan dengan PC dekstop yang mempunyai ruang cukup bebas untuk sirkulasi udara. Panas inilah yang dapat menyebabkan rusak pada laptop, tak terkecuali juga bisa menyerang LCDnya, meskipun terbilang kecil kemungkinannya. Laptop memang tidak didesain untuk penggunaan berat dan jangka waktu lama seperti laptop, jadi untuk perawatannya pun sedikit membutuhkan perhatian extra dibanding dengan PC dekstop.

Apabila sudah terjadi kerusakan pada LCD laptop, memperbaikinya pun cukup susah, langkah penanganan yang dilakukan, biasanya adalah dengan mengganti LCD laptop dengan yang baru. Dan biaya yang dikelurkan pun bisa dibilang lumayan, terakhir biaya yang dikeluarkan teman saya untuk melakukan penggantian LCD laptop adalah sekitar 800 ribuan, tentunya harga ini akan berbeda untuk tiap merk dan tiap tempat. Nah, kali ini saya ingin membagikan sedikit tips yang saya ketahui dan tentunya sudah saya terapkan sendiri untuk mencegah ataupun meminimalkan kerusakan yang terjadi pada LCD laptop kita. Untuk lebih jelasnya mari kitas simak tips berikut :

Cara Merawat LCD Laptop

  1. Batasi Waktu Penggunaan

  2. Kita sebisa mungkin harus mengindari penggunaan laptop lebih dari 5 jam, karena penggunaan yang terlalu lama seperti itu dapat membuat panas komponen yang ada di LCD laptop. Panas itulah yang biasanya akan berpengaruh pada sel liquid dan komponen lain pada LCD laptop. Solusinya adalah istirahatkan dulu laptop minimal 20 menit agar panasnya hilang, barulah setelah itu laptop dapat dinyalakan kembali.

     

  3. Atur Time Off LCD

  4. Kita bisa mengatur LCD apabila beberapa menit tidak digunakan, maka LCD laptop akan otomatis mati atau standbay dengan tujuan untuk menghemat energi LCD. Kita bisa mengaturnya pada bagian power option apabila menggunakan windows.

     

  5. Atur Brightness Dan Contrast

  6. Usahakan untuk mengatur brightness dan contrast layar LCD pada level normal, artinya tidak terlalu redup ataupun terlalu terang.

     

  7. Bersihkan Secara Teratur

  8. Bila ingin membersihkan LCD laptop sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih LCD dan juga dapat dibantu dengan menggunakan kain halus untuk membersihkannya. Lakukan hal ini secara teratur.

     

  9. Perhatikan Penggunaan

  10. Penggunaan disini maksudnya adalah saat kita membuka atau menutup laptop, usahkan lakukan dengan benar, artinya membuka dan menutup laptop dengan paksa atau keras.

     

  11. Jangan Menutup Laptop dalam Keadaan Panas

Nah hal ini biasanya sering dilakukan oleh orang-orang yang sibuk. Jika Anda mengabaikan ini, efek yang dapat ditimbulkan adalah adanya bercak-bercak warna putih pada layar LCD laptop Anda. Bahkan bisa muncul warna putih selebar 3 cm atau bahkan lebih.

BACA  Sering Lupa Password Email? Simak Tips Berikut

Cukup mudah bukan sebenarnya untuk menjaga LCD laptop agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan melakukan perawatan dengan baik dan tepat maka kita dapat mengurangi atau meminimalkan dampak buruk yang dapat terjadi pada LCD laptop kita. Sepertinya untuk kali ini cukup sampai disini dulu yang bisa saya tulis, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk berkunjung lagi ke Arena Laptop, samapai jumpa, Daa :D.

Riko Rahmanto

Saya misterius.

Kasih komentar gan