10 Laptop untuk Anak SD Terbaik dan Paling Laris

Laptop kini tidak hanya digunakan para pekerja saja, melainkan juga menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh para pelajar, tak terkecuali siswa sekolah dasar (SD). Untuk menunjang aktivitas belajar, laptop menjadi barang yang dibutuhkan selain alat tulis. Ditambah lagi dengan sistem pendidikan saat ini yang menuntut siswa untuk mahir menggunakan komputer maupun laptop. Nah, bagi Sahabat Arena yang berencana membelikan laptop untuk anak yang masih SD bisa mempertimbangkan 10 laptop berikut ini. Sebelum membahas laptop untuk anak SD, berikut Arena Laptop juga telah merangkum tips yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih laptop.

Laptop Untuk Anak SD

Sesuaikan Budget

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin membeli laptop adalah menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Harga mahal belum tentu menjadi jaminan jika laptop yang dibeli memiliki kualitas yang baik. Begitu juga dengan harga yang murah, tidak menjamin laptop itu murahan. Oleh karena itu, pilih laptop yang sesuai dengan budget yang sesuai pula.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips selanjutnya dalam memilih laptop untuk anak SD adalah menyesuaikan dengan kebutuhan si anak. Umumnya, laptop yang digunakan oleh anak SD hanya membutuhkan spesifikasi standar, tidak perlu terlalu tinggi. Sebab, laptop tersebut biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan standar saja, seperti mengetik atau untuk hiburan seperti menonton film. Jadi, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan spesifikasi sederhana, seperti prosesor Intel atom, RAM berkapasitas 2GB, dan kapasitas harddisk 320GB. Kapasitas tersebut sudah cukup digunakan untuk kebutuhan tugas komputasi yang tidak terlalu berat.

Ukuran Laptop

Ukuran atau dimensi laptop juga menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan. Laptop dengan ukuran 10 inci mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena mudah dimasukkan ke dalam tas. Namun, jika laptop itu hanya digunakan di rumah dan tidak sering dibawa bepergian, laptop dengan ukuraan 13 hingga 14 inci bisa dijadikan pilihan karena bisa melihat konten dengan lebih luas. Namun, jika tetap ingin memilik laptop berukuran 14 inci yang dapat dibawa bepergian, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan desai tipis dan ringan.

10 Laptop untuk Anak SD Terbaik dan Pailng Laris

1. Dell Inspiron 3562

Dell Inspiron 3562

Dell Inspiron 3562 menjadi laptop pertama yang akan dibahas. Laptop Dell ini mengusung desain yang cukup menarik dan didukung dengan kapasitas baterai yang besar. Selain itu, kinerja laptop ini juga terbilang cukup baik untuk menunjang kebutuhan pelajar berkat penggunaan prosesor Intel Celeron N3350 dan RAM 4GB. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

2. Dell Inspiron 11 3180

Dell Inspiron 11 3180

Dengan layar 11,6 inci, Dell Inspiron 11 3180 bisa menjadi pilihan terbaik sebagai laptop untuk anak SD. Ukurannya yang tidak terlalu besar ini sangat sesuai dan tidak begitu berat ketika dibawa oleh anak-anak. Laptop Dell ini juga tersedia dengan pilihan layar sentuh untuk versi laptop Dell Inspiron 11 3180 dengan layar beresolusi HD 1280 x 720 piksel. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

3. Asus Transformer Mini T102HA

Asus Transformer Mini T102HA

Asus Transformer Mini T102HA memang menjadi laptop yang ideal untuk pelajar. Dengan layar berukuran 10 inci, laptop Asus yang satu ini mengusung desain yang cukup menarik. Selain digunakan dalam bentuk laptop, Asus Transformer Mini T102HA juga bisa digunakan dalam mode tablet. Soal kinerja, laptop Asus ini ditenagai prosesor Intel Atom X5 dan RAM 4GB yang tentunya sudah lebih dari cukup untuk komputasi ringan. Untuk melihat kelebihan lain dari laptop Asus ini bisa dilihat di link berikut.

4. HP 14-CM0091AU

HP 14-CM0091AU

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkan, laptop besutan perusahaan Hawlett-Packard ini tentunya layak dipertimbangkan. Dengan layar berukuran 14 inci dan memiliki resolusi HD, HP 14-CM0091AU akan menampilkan konten dengan kualitas yang tajam dan lebih jelas. Untuk menunjang kebutuhan pelajar, laptop HP ini juga telah dilengkapi beragam spesifikasi mumpuni yang bisa dilihat di link berikut.

5. HP Mini 100e Education Edition

HP Mini 100e Education Edition

Sebagai salah satu produsen laptop yang telah lama berdiri, Hawlett-Packard (HP) tentunya telah mengeluarkan banyak produk laptop. Salah satu laptop yang dirilis untuk anak sekolah dasar adalah HP Mini 100e Education Edition. Laptop ini hadir dengan spesifikasi untuk menunjang kebutuhan anak sekolah dasar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

6. Lenovo IdeaPad 110

Lenovo IdeaPad 110-14IBR

Selain Asus Transformer Mini T102HA, Lenovo juga memiliki laptop yang cocok digunakan untuk anak SD. Namun, laptop untuk anak SD ini memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 14 inci. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

7. Lenovo IdeaPad 300s

Lenovo IdeaPad 300s

Lenovo IdeaPad 300s menjadi pilihan yang tepat bagi Sahabat Arena yang mencari laptop yang mudah dibawa ke mana-mana. Hal ini berkat dimensi dan ukurarn laptop yang tidak terlalu besar, yaitu hanya 11,6 inci. Selain itu, laptop ini juga telah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup baik untuk kebutuhan anak sekolah dasar. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

8. Acer Aspire ES 14

Acer Aspire ES 14

Laptop berikut ini adalah keluaran produsen laptop asal Tiongkok, yaitu Acer Aspire ES 14. Laptop ini bisa dijadikan pilihan untuk anak Sahabat Arena yang masih sekolah dasar. Kapasitas baterai yang tahan lama menjadi salah satu kelebihan dari laptop Acer ini. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, bisa dilihat di sini.

9. Acer One 10+ (S1002)

Acer One 10+ (S1002)

Laptop Acer yang satu ini juga bisa dijadikan pilihan bagi Sahabat Arena yang berencana membeli laptop untuk anak SD. Acer One 10+ (S1002) dirancang khusus untuk pendidikan. Dengan layar 10 inci. laptop Acer ini  didukung dengan prosesor Intel Quad Core Z3735F, RAM 2GB, dan harddisk 32GB yang tentunya sudah cukup memadai untuk tugas komputasi ringan. Informasi lebih lengkapnya menganai laptop ini bisa dilihat di link berikut.

10. Asus E203NAH

Asus E203NAH

Tidak kalah dengan laptop Acer lainnya, Asus E203NAH memiliki spesifikasi yang akan mendukung kebutuhan komputasi ringan, seperti mengetik atau streaming. Tidak hanya itu, Acer juga menghadirkan laptop ini dengan beragam kecanggihan. Mulai dari layar yang sudah full HD, tersedianya port USB 3.0, hingga webcam HDR. Namun, Asus E203NAH memiliki bobot dan dimensi yang cukup kecil (11.6 inch) dan ringan sehingga sangat cocok untuk dibawa bepergian. Informasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

Nah, itulah berbagai daftar laptop yang bisa Sahabat Arena jadikan pertimbangan dalam membeli laptop yang cocok untuk anak sekolah dasar. Sekali lagi, untuk membeli laptop yang sesuai, perhatikan tips-tips di atas. Untuk mendukung aktivitas belajar anak, Sahabat Arena bisa menginstall beragam aplikasi atau software yang berkaitan dengan pendidikan. Selain itu, mengingat umurnya yang masih belum mencukupi, perlu pendampingan dari orang tua selama anak menggunakan laptop. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

ArenaLaptop Editor