10 Laptop Untuk Autocad Terbaik dan Paling Laris

Apabila sahabat arena yang kuliahnya mengambil jurusan Teknik Sipil maupun Teknik Bangunan, Arsitektur dan lainnya pastinya akan berurusan dengan software-software berat seperti Autocad, SketchUp dan lain sebagainya. Terkhusus buat yang sering berkutat dengan Autocad, laptop yang digunakan haruslah menunjang untuk pengolahan desain grafis. Maka dari itu memilih laptop untuk Autocad tidak boleh asal-asalan.

Laptop Untuk Autocad

Namun, budget yang harus disiapkan juga tidak sedikit, karena laptop untuk Autocad membutuhkan spesifikasi tinggi untuk bisa menjalankannya. Tergantung dari versi Autocad yang dipakai, semakin baru serinya akan butuh tools yang banyak pula. Sekedar informasi, para pengguna Autocad biasanya juga menggunakan beberapa aplikasi lain seperti Modelling 3D Max, Adobe 3D, Revit, dan Solidworks sebagai pelengkapnya.

Ukuran Layar

Buat keperluan desain grafis, tentu sangat nyaman menggunakan layar berukuran lebar untuk melihat lebih detail hasil gambar yang dibuat. Disamping itu resolusi layar jadi faktor pendukung lain laptop untuk Autocad. Idealnya laptop desain grafis memiliki resolusi 1366 x 768, namun direkomendasikan yang beresolusi 1920 x 1080. Laptop sebaiknya dilengkapi dengan layar anti glossy atau anti glare agar menjaga kenyamanan mata saat berlama-lama menggunakan laptop untuk mengolah desain grafis.

Perhatikan Kartu Grafisnya

Dalam memilih laptop untuk Autocad, diusahakan untuk tidak mengandalkan laptop dengan VGA on board. Sebab VGA jenis ini biasanya sudah tertanam dalam laptop yang sistemnya kerjanya terbagi dengan memori RAM. Secara logika laptop cenderung lebih lambat saat menjalankan program Autocad dan software desain grafis lain yang cukup berat. Untuk kinerja maksimal, direkomendasinya memilih kartu grafis terpisah (GPU) seperti Nvidia GeForce atau ATI Radeon dengan minimal memori Grafis 1 – 2GB.

Memori RAM

Demi menunjang kebutuhan desain grafis, disarankan memilih laptop minimal RAM 2GB dengan OS yang mampu berjalan dengan 64 bit (missal Windows 7). Semakin besar RAM, maka akan semakin baik kinerjanya untuk desain grafis. Pertimbangkan juga laptop yang menyediakan slot untuk mengupgrade RAM agar lebih mantap menjalankan Autocad.

10 Laptop Untuk Autocad Terbaik dan Paling Laris

1. Asus Rog GL552VX

Asus Rog GL552VX

Pilihan laptop untuk Autocad yang pertama ada Asus Rog GL552VX. Laptop ini di desain untuk memberi kepuasan dalam bermain game. Namun spesifikasinya yang mantap, laptop ini juga sangat mumpuni untuk dipakai mengolah desain grafis. Harganya cukup mahal sekitar Rp 11-12 jutaan, sudah dilengkapi dengan Intel Core i7 dan RAM 4GB dan ukuran layarnya 15,6 inch. Lebih jelasnya bisa lihat disini.

2. Acer Aspire E5-475G

Acer Aspire E5-475G

Berikutnya ada Acer Aspire E5-475G yang bisa jadi alternatif bagi sahabat arena yang mencari laptop untuk keperluan Autocad atau desain lainnya. Laptop berukuran 14 inch ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp 7 jutaan. Spesifikasi yang hadir cukup tangguh berbekal Core i5 dengan kartu grafis VGA Card Nvidia GT940MX. Untuk selengkapnya sahabat arena bisa kunjungi situs pembeliannya disini.

3. Lenovo U41-70-5500U

Lenovo U41-70

Lenovo U41-70-5200U siap membantu mempermudah kerja sahabat arena dalam mengolah desain grafis dengan maksimal. Laptop 14 inch ini memiliki portabilitas yang cukup baik untuk digunakan kapanpun dan dimanapun. Berbekal kemampuan Core i7 dan grafis Nvidia GeForce akan memberi kemampuan menjalankan Autocad dengan maksimal. Apalagi didukung kapasitas simpannya mencapai 1TB, cukup leluasa menyimpan segala jenis file. Daripada penasaran lihat selengkapnya disini.

4. HP Pavilion 14-v207TX

HP Pavilion 14-v207TX

HP Pavilion 14 v207TX hadir dengan dukungan prosesor generasi Broadwell Intel Core i7-5500U. Sudah dipastikan mampu menjalankan aplikasi berat seperti game, ataupun software desain grafis. Terlebih lagi prosesornya disertai fitur seperti Intel HyperThreading dan Turbo Boost. Memori RAM 4GB memastikan performa multi tasking berjalan dengan lancar dengan bantuan GPU Nvidia GeForce. Untuk harga dan spesifikasi lengkapnya bisa lihat disini.

5. Asus Zenbook UX305UA

Asus Zenbook UX305UA

Laptop dari Asus ini juga mampu melibas semua aplikasi berat seperti Autocad, 3D Max, ataupun untuk gaming. Spesifikasi yant ditanamkan pun cukup handal dengan dukungan Intel Core i5. Dilengkapi juga dengan SSD berkapasitas 25GB akan membuat performanya makin mantap. Untuk harganya dibanderol sekitar Rp 11 jutaan, namun sepadan dengan kinerjanya. Untuk pembelian dan spesifikasi lengkapnya bisa kunjungi situsnya disini.

6. MSI GL62M 7RDX

MSI GL62M 7RDX

Buat yang ingin benar-benar menjadi desainer profesional dan memiliki budget berlebih, MSI GL62M 7RDX ini sangat direkomendasikan. Laptop ini sangat cocok untuk para desainer karena dibekali dengan spesifikasi yang sangar. Intel Core i7 dan kartu grafis Nvidia GTX 1050 dengan kapasitas memori grafis 4 GB mampu melakukan render dan mengolah desain 3D dengan lancar. Harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 13 jutaan. Daripada penasaran, bisa lihat spesifikasi selengkapnya disini.

7. HP ENVY X360 13

HP ENVY X360 13

Butuh laptop untuk Autocad? HP ENVY X360 13 bisa jadi jawaban yang tepat. Laptop ini merupakan workstation mobile kelas atas yang ditujukan untuk para desainer dengan kinerja layaknya desktop. Dibekali dengan kartu grafis cukup sangar, AMD Radeon’ RX Vega 10 Graphics akan memaksimalkan pengolahan desain 3D. Harganya yang cukup mahal sangat sepadan dengan kemampuannya. Sahabat arena bisa lihat spesifikasinya lebih lengkap disini.

8. Apple MacBook Air MQD42

Apple MacBook Air

Apple selalu menghadirkan produk yang bisa diandalkan untuk para desainer. Apple MacBook Air MQD42 ini sangat layak untuk dimiliki, terlebih untuk keperluan Autocad, Adobe 3D hingga edit video. Intel Core i5 dibenamkan sebagai prosesornya dengan dukungan RAM 8GB ditambah kapasitas HDD 256GB SSD menambah kencang performanya. Jika tertarik membeli dan ingin tahu specnya lebih lengkap bisa lihat disini.

9. Dell Inspiron 13 5379

Dell Inspiron 13 5379

Berikutnya ada Dell Inspiron 13 5379 yang sangat cocok untuk menjalankan aplikasi desain 3D atau arsitektural seperti Autocad. Untuk dapur pacunya disematkan Intel Core i5 dengan kecepatan 3,4GHz, memori RAM 8GB DDR4 memaksimalkan performanya. Laptop ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau sekitar Rp 10 jutaan, terutama buat yang berbudget tipis. Tak perlu berbasa-basi lagi, untuk lebih jelasnya silahkan langsung lihat disini.

10. Asus A456UQ

Asus A456UQ

Terakhir ada Asus A456UQ untuk keperluan menjalankan aplikasi Autocad, dan desain grafis lainnya. Mengusung layar 14 inch laptop ini tampil dengan desain yang stylish. Untuk performanya dihuni oleh prosesor Core i7 dengan kapasitas RAM 8GB, serta tak ketinggalan harddisk sebesar 1TB. Untuk memaksimalkan pekerjaan anak desain, kartu grafisnya disematkan Nvidia GeForce GT940MX. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada halaman ini.

Itulah tadi beberapa laptop untuk Autocad yang bisa jadi opsi sebelum memutuskan untuk membelinya. Harga yang tersedia bermacam-macam karena memang untuk keperluan desain, laptop memiliki spesifikasi yang beragam. Namun, semakin kuat spesifikasinya, pastinya kegiatan mengolah desain pun akan lebih maksimal yang juga mendukung multitasking. Selain itu, ada baiknya sahabat arena meningkatkan kapasitas RAM. Hal ini dikarenakan saat menjalankan rendering Autocad, kerja dari RAM pastinya akan naik dengan sangat dan bisa memberatkan. Jika kapasitas RAM kecil pasti laptop akan jadi lemot dan dapat merusak motherboard. Maka dari itu lebih baik teliti dulu sebelum mengambil keputusan untuk membeli laptop untuk keperluan Autocad dan desain lainnya.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor