Kelebihan dan Kekurangan Laptop Acer Dibanding Laptop Lain

Bicara mengenai laptop, Acer merupakan salah satu brand yang punya popularitas cukup tinggi di Indonesia. Harganya yang bersahabat ditambah lagi dengan spesifikasinya yang berkualitas jadi salah satu alasan laptop asal Tiongkok ini digemari. Sahabat arena perlu mengetahui kalau dulu brand ini bukan bernama Acer, melainkan Multitech di tahun pertama berdirinya pada 1976. Barulah perusahaan yang terletak di Taipei Country, Taiwan ini menggantinya namanya menjadi Acer tahun 1987. Sampai saat ini Acer tidak hanya fokus pada pengembangan laptop atau desktop saja, tapi juga memproduksi beberapa produk seperti smartphone, server, dan lainnya. Acer sendiri telah mengalami banyak kemajuan dan juga kemunduran dalam pemasarannya. Seperti yang terjadi di Amerika, dimana penjualan pangsa pasar produk laptop sedang menurun. Sementara di Eropa dan beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia penjualannya terus meningkat. Sebagai salah satu produsen laptop besar dunia, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan laptop Acer dibanding laptop lain yang harus diketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Acer Dibanding Laptop Lain

Hanya 11 Karyawan Pada Awalnya

Awal berdirinya perusahaan ini dimulai dengan mempekerjakan sebelas karyawan dan hanya bermodalkan US$ 25.000. Sebelum merambah ke dunia komputer, awalnya perusahaan bergerak di bidang distributor yang menyediakan komponen elektronik, serta konsultan bagi pemakaian teknologi mikroprosesor. Saat ini Acer telah berkembang pesat dan sudah memiliki lebih dari 39.000 karyawan yang tersebar di berbagai negara.

Kelebihan Dari Laptop Acer

Desainnya Selalu Mengedepankan Konsep Futuristik

Desain Acer Selalu Mengedepankan Konsep Futuristik

Dalam membeli laptop tak hanya sekedar memperhatikan spesifikasinya. Memang urusan spek jadi pertimbangan yang utama, namun perihal desain laptop tidak bisa diabaikan begitu saja. Apalagi di zaman sekarang, sebagian besar masyarakat turut mempertimbangkan dari sisi desainnya.

Untuk itulah Acer selalu berusaha mengedepankan konsep desain yang futuristik. Sejumlah produk terbarunya sangat cocok dengan generasi milenial karena memiliki tampilan yang menarik dan modis. Bahkan untuk perangkat segmen entry level di desain dengan tampilan yang cukup modern. Begitu pula untuk laptop kelas atas, desainnya tidak kalah apik dengan merek lainnya.

Berbagai macam fitur pun sayang untuk dilewatkan. Selain itu dari desainnya ini kita bisa melihat bahwa Acer selalu menghadirkan produk-produk yang dinamis dengan menawarkan berbagai pilihan warna menarik.

Harganya Bersahabat Untuk Semua Kalangan

Harga Acer Bersahabat Untuk Semua Kalangan

Salah satu alasan banyak orang yang memilih laptop Acer tak lain karena harganya yang bersahabat. Bahkan di pasaran laptop, harga produk-produk dari Acer bisa dibilang paling murah diantara semua brand laptop. sahabat arena bisa malah bisa mendapatkan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih terjangkau.

Segmentasi harga laptop Acer yang tersedia sangat luas sehingga sahabat arena bisa memilih laptop sesuai dengan kebutuhan dan isi dompet. Mau mencari laptop dari harga murah hingga mahal, bisa ditemukan dengan mudah. Meski memiliki harga yang lebih terjangkau, kualitas laptopnya tidak perlu diragukan lagi.

Layanan Service Supportnya Mudah Ditemukan

Layanan Service Acer Mudah Ditemukan

Salah satu hal yang terpenting dalam memilih merek laptop adalah layanan servicenya. Sebab akan terasa percuma bila membeli laptop berkelas dengan harga mahal apabila sulit menemukan layanan service supportnya. Hal ini untuk menghindari sesuatu yang tak terduga, walaupun laptop memiliki build quality kelas atas tetap ada risiko kerusakan.

Nah, jika sahabat arena membeli laptop Acer, tidak perlu khawatir sebab Acer cukup terkenal karena memiliki pelayanan servis yang sangat baik. Service center Acer sendiri begitu mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu proses klaim garansinya juga tidak ribet. Dengan pelayanan yang memuaskan pastinya sahabat arena pun tidak akan dibuat kecewa.

Guna menjawab tantangan dalam memenuhi kebutuhan konsumen dari berbagai kalangan, laptop Acer terus mencoba berinovasi dengan menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang mampu dijangkau. Dari kelebihan yang dimiliki laptop Acer, apakah sahabat arena tertarik untuk membelinya?

Kelemahan Laptop Acer

Selain kelebihannya, setiap produsen laptop tak luput dari kekurangan yang dimilikinya. Namanya barang elektronik mau secanggih apapun tetap punya kelemahan yang berisiko mengalami kerusakan, bahkan bisa mati total. Ibarat kata ‘tak ada gading yang tak retak’, ada kelebihan pasti ada kekurangan. Apa saja itu? Berikut kekurangan dari laptop Acer yang perlu dicermati sebagai pembanding dan pertimbangan.

Casingnya Memiliki Kualitas yang Tidak Terlalu Bagus

Casing Acer Memiliki Kualitas yang Tidak Terlalu Bagus

Walaupun Acer mendesain setiap produknya dengan konsep yang futuristik, nyatanya tetap memiliki sisi negatifnya. Bisa dibilang kualitas dari casing laptop Acer tidak terlalu bagus atau kurang kokoh dan terkesan ringkih saat dipegang.

Hal itu justru banyak ditemukan pada produk-produk laptop Acer yang menyasar segmen kelas menengah ke bawah. Buat sahabat arena yang tidak terlalu banyak bekerja di luar alias mobile tidak akan menjadi masalah. Namun bagi yang setiap harinya punya mobilitas tinggi akan begitu terasa dan build quality yang rendah bisa memberikan dampak yang buruk untuk ketahanan pakai laptop.

Ketahanannya Kurang (Rapuh)

Ketahanan Acer Kurang (Rapuh)

Jika banyak opini yang mengatakan ketahanan laptop Acer rapuh dan rentan, itu memang bukan sesuatu yang salah. Penilaian seperti itu benar meskipun secara penampilan terlihat keren. Apabila dibandingkan dengan brand laptop lainnya, produk dari Acer justru dikenal karena gampang rusak. Akan tetapi kondisi seperti itu sudah jarang dijumpai karena pelayanan service support Acer sangat bagus untuk bisa mengimbangi masalah tersebut.

Selain dari ketahanannya yang rapuh, masalah yang umum dijumpai pada laptop Acer adalah kualitas keyboardnya. Sejumlah konsumen mengeluhkan jika keyboard Acer agak keras dan tak terlalu nyaman saat digunakan.

Lalu yang menjadi kelemahan yang cukup ditakutkan yakni panel LCD laptop Acer yang rentan mengalami kerusakan. Akan tetapi hal ini sebenarnya tergantung dari cara pakai sahabat arena. Pemakaian yang apik dan terawat tentu membuat laptop akan awet, mau digunakan selama apapun.

Maka…

Memahami kelebihan dan kekurangan laptop Acer

Maka dari itu sebelum membeli, pastikan sahabat arena sudah paham kelebihan dan kekurangan laptop Acer dibanding laptop lain. Kendati demikian, laptop Acer masih layak untuk dibeli dan jadi andalan untuk tugas-tugas komputasi sahabat arena.

Paling penting adalah ketelitian dari sahabat arena sebelum membawa pulang laptop Acer. Selalu cek kondisi laptop sebelum menjatuhkan pilihan dan pastikan tidak terdapat masalah, terutama dari segi hardware-nya. Namun, pada intinya sejumlah kelemahan yang ada pada laptop Acer tersebut akan bisa diatasi apabila sahabat arena bisa menggunakan dan merawat laptop sebaik mungkin.

Semoga setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan laptop Acer dibanding laptop lain, sahabat arena bisa jadi lebih bijak dalam memilih. Tidak hanya sekedar melihat pada sisi spesifikasinya, namun fisik dan ketahanannya harus diperhatikan secara seksama agar tidak menyesal setelah membelinya. Pastikan juga sahabat arena membeli laptop Acer di toko yang terpercaya dan mudah dalam klaim garansinya. Tapi lebih bagus lagi jika laptop Acer yang dibeli memiliki garansi resmi dari Acernya agar lebih aman dan nyaman.

ArenaLaptop Editor