Inilah Penyebab Laptop Cepat Panas dan Overheat

Dengan bangga ditulis oleh: Adjie Purbojati

ARENALAPTOP.COM — Penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya. Panas merupakan salah satu musuh terbesar bagi laptop. Panas yang berlebihan dari sebuah laptop dapat menggangu performa dari laptop itu sendiri, dah tentunya juga dapat menganggu kinerja dari penggunannya. Dibandingkan dengan sebuah PC, laptop cenderung lebih mudah panas. Karena biasanya sebuah PC masih mempunyai ruang didalamnya yang bisa digunakan untuk sirkulasi udara, sehingga sirkulasi udara pada PC cenderung lebih baik dibandingkan dengan laptop. Sementara laptop dengan desain yang lebih tipis dan minimalis, otomatis menyebabkan komponen yang ada di dalamnya menjadi sangat padat, sehingga sirkulasi udara didalamnya kurang begitu baik. Kali ini saya akan memaparkan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Mungkin beberapa hal yang saya utarakan berikut ini merupakan beberapa hal dari sekian banyak kasus penyebab laptop cepat panas. Tentu saja ulasan berikut ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan di ambil dari beberapa sumber. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop Anda cepat panas.

Penyebab Laptop Cepat Panas

Penyebab Laptop Cepat Panas

  1. Lamanya Waktu Penggunaan

Kita tentunya sudah tahu, penggunaan laptop dalam jangka waktu yang lama dapat memicu meningkatnya suhu pada komponen – komponen yang ada pada laptop. Apalagi jika laptop digunakan untuk kerja berat, seperti bermain games atau untuk kebutuhan desain grafis, ini lebih mempercepat laptop menjadi panas.

  1. Peletakan Laptop Saat Digunakan

Terkadang kita asal pakai saja laptop kita disembarang tempat, tanpa memperhatikan berdampak atau tidaknya pada performa laptop kita. Peletakan laptop pada posisi sedang digunakan menjadi penting karena dapat berdampak pada sirkulasi udara yang ada di dalam laptop tersebut. Misalnya kita sering menggunakan laptop dan diletakkan diatas kasur ataupun diatas bantal, ini dapat menghambat sirkulasi udara pada laptop yang efeknya adalah mempercepat proses pentingkatan suhu panas pada komponen – komponen didalamnya. Cara penggunaan seperti itu yang terus – menerus dapat menyebabkan menumpuknya kotoran pada komponen yang ada di dalam laptop, semisal pada heatsink processor.

  1. Kipas Tidak Berfungsi Normal

Kipas yang tidak berfungsi dengan normal merupakan salah satu penyebab cepat panasnya laptop ketika digunakan, karena jika kipas tidak berfungsi dengan normal, maka akan menyebabkan hawa panas didalam laptop menumpuk dan sulit untuk keluar karena sirkulasi yang tidak baik dan tidak berfungsinya kipas untuk mengalirkan hawa dingin pada komponen didalam laptop. Masalah seperti ini biasanya timbul karena banyaknya kotoran yang menumpuk pada kipas yang dapat memperlampat kinerja dari kipas itu sendiri.

Baca Juga: Tips Merawat Baterai Agar Tidak Cepat Habis / Nge-Drop

  1. Thermal Paste Kering

Kita tahu bahwa salah satu komponen yang cepat panas pada laptop adalah pada bagian processor,nah biasanya pada bagian atas processor diberi semacam gelyang disebut thermal pasteyang betujuan untuk mereduksi atau mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.  Apabila laptop masih baru, biasanya tidak ada masalah pada thermal pastenya, tetapi setelah melewati masa pemakaian yang lama, lama – kelamaan thermal paste akan mengering, dan ini akan berdampak pada panas yang dihasilkan processor itu sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas?

Penyebab – penyebab untuk masalah laptop yang cepat overheat sudah saya utarakan di atas. Untuk solusinya silakan baca artikel tentang Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas. Saya bedakan artikelnya agar pembahasan dan diskusinya bisa lebih intensif. Terimakasih atas kunjungan Anda. :)