Dapatkah VPN Dilacak Oleh ISP?.. Berikut Ini Faktanya

Internal Service Provider (ISP) atau dalam bahasa kita Penyedia Layanan Internet (PLI) kini menjadi salah satu masalah terbesar, dimana mereka dapat mencatat dan melacak setiap privasi yang dimiliki oleh sahabat arena. Ketika sahabat arena sedang mengunjungi website, online disosmed (Facebook, WhatsApp dan lain-lain) dan apapun yang menjadi aktivitas online dari sahabat arena, maka ISP bisa mengetahui informasi yang sahabat arena miliki. Tentu saja ini membuat kehidupan digital kita tidak berada di area zona aman atau dalam keadaan bahaya. Jadi apa yang menjadi solusinya? Untuk solusi yang paling terbaik dari arena laptop adalah VPN atau Virtual Private Network. Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Berikut ulasannya.

Dapatkah VPN Dilacak Oleh ISP

Dapatkah VPN Dilacak Oleh ISP?

Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Ketika kita sedang menggunakan VPN, tentu saja ISP tidak akan pernah mengetahui konten dari sahabat arena yang akan dituju. Maksudnya, konten apapun yang akan dikunjungi oleh sahabat arena, ISP tidak bisa mencatat dan melacak informasi tentang sahabat arena. Ini bertanda kalau ISP tidak mengetahui cara melacak data-data sahabat arena, apabila terhubung dengan VPN.

Jadi, Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Seperti yang pernah kami katakan, kalau ISP tidak melacak informasi sahabat arena. Kenapa mereka tidak bisa melacaknya? Ini dikarenakan pada VPN terdapat keamanan yang sangat kuat melalui sistem enkripsi yang dimilikinya. Maka dari itu, pertanyaan dari sahabat arena, Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Tentu saja VPN tidak akan terlacak. Masalah ini tidak akan menjadi beban ketika berinternet dengan menggunakan layanan VPN.

Perlu diingatkan jika ingin memilih VPN, arena laptop menyarankan untuk menggunakan VPN yang berbasis premium atau memiliki harga. Berarti sahabat arena tidak boleh menggunakan VPN dengan layanan gratisan. Ini dikarenakan dalam layanan VPN gratis itu sudah menjadi hal yang berbahaya. Oleh karena ada bahayanya, sehingga arena laptop menyarankan untuk menggunakan VPN berbayar.

Bahaya VPN Gratis

Memang banyak penyedia layanan VPN, mulai dari yang gratisan hingga ke premium. Namun ada VPN yang tidak bisa menjaminkan keamanan pada saat berinternet, tentu saja ini berdampak pada VPN yang tidak memiliki harga atau gratis. Dalam pelayanan VPN gratis memiliki ketidaknyamanan, seperti terdapat iklan, mencuri data dan ada juga VPN gratis yang menggunakan malware. Dengan kata lain, VPN gratis itu lebih buruk jika dibandingkan dengan ISP.

Tak hanya itu saja, layanan VPN gratis memiliki bandwidth yang dibatasi dan kapasitas data yang dibatasi oleh mereka. Dari setiap server yang tersedia pada VPN gratis, memiliki batasan sehingga sahabat arena tidak bisa berinternet dengan nyaman. Maksudnya pembatasan server pada VPN gratis akan berdampak pada kelancaran servernya dan juga server yang minimal. Selain itu, kebanyakan dari VPN gratis tidak menggunakan kebijakan non-log, padahal kebijakan non-log itu sangat penting bagi sahabat yang ingin aman.

Mengapa Kebijakan non-log Itu Penting?

Mungkin ada yang bertanya kenapa kebijakan non-log itu penting bagi kehidupan digital dari sahabat arena? Apabila VPN bisa mencatat aktivitas sahabat arena, maka mereka akan membawanya pada pihak ketiga. Nah maka dari itu arena laptop membahas pentingnya kebijakan non-log. Ini dikarenakan hal yang paling utama, arena laptop memperhatikan pada log lalu lintas sahabat arena, seperti website yang dikunjungi, email atau pesan yang mungkin tidak terenkripsi.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi diatas, kalau VPN yang tidak memiliki kebijakan non-log maka mereka dapat menjualnya pada pihak ketiga. Bahkan ini bisa terjadi, kalau alamat IP sahabat arena yang asli akan dicuri atau dilacak oleh ISP. Ini berarti kalau aktivitas sahabat arena, seperti menelusuri berbagai website, dengan begitu ini bisa bocor ke pihak ke 3 ataupun ISP. Dimana VPN yang memiliki kebijakan non-log? Pada artikel ini, arena laptop akan membagikan 5 VPN yang paling terbaik untuk sahabat arena.

Rekomendasikan 5 VPN yang Tidak Dapat Dilacak Oleh ISP

Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Mungkin kelima 5 VPN dibawah ini yang akan menjawab pertanyaan ini. Langsung saja disimak ulasan yang telah disusun oleh arena laptop. Berikut ulasannya.

1. ExpressVPN

ExpressVPN

ExpressVPN kini hadir dengan kecepatan server yang tak ada batas, jadi sahabat arena tak perlu takut dengan akan terjadinya buffering. Dalam layanan ExpressVPN mereka telah menyediakan 3000 lebih server dan sudah tersedia di 94 negara dalam 160 lokasi. Bahkan mereka juga bekerja dengan baik pada layanan streaming, seperti Netflix dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja pada ExpressVPN ini terdapat kebijakan non-log yang sangat ketat, jadi sahabat arena tak perlu takut untuk kehilangan data.

ExpressVPN juga mengamankan semua aktivitas dari setiap penggunanya dengan keamanan yang sangat kuat. Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Tentu saja ini tidak mungkin akan terjadi ketika menggunakan ExpressVPN ini. Dikarenakan pada layanan ini terdapat enkripsi AES-256 bit yang sama dengan perlindungan tingkat militer. Untuk informasi yang lebih lengkap dan jelas, sahabat arena bisa melihatnya dengan hanya mengklik disini.

Periksa Situs Web

2. NordVPN

NordVPN

Daptkah VPN dilacak oleh ISP? NordVPN ini yang akan memberikan jawabannya. Pada NordVPN memiliki enkripsi yang sangat kuat seperti AES-256 bit, bahkan tersedia fitur-fitur keamanan yang sangat kuat. Dengan demikian sahabat arena tak perlu takut dengan pencatatan dan pelacakan dari siapapun pada sahabat arena. Mungkin NordVPN merupakan salah satu VPN dengan tingkat keamanan yang terkuat. Tidak percaya? Klik disini untuk melihat info yang lebih lanjut tentang NordVPN ini.

NordVPN memiliki 5000 lebih server sehingga sahabat arena bisa menggunakan layanan NordVPN ini dengan pilihan server terbaik dari sahabat arena. Dalam setiap server yang dimilikinya selalu dioptimalkan setiap saat, dengan begitu sahabat arena akan berselancar ketika berinternet dengan menggunakan layanan NordVPN. Walaupun NordVPN memiliki harga yang cukup mahal, namun mereka juga hadir dengan jaminan uang kembali selama 30 hari.

Periksa Situs Web

3. IPVanish

IPVANISH VPN

Masih butuh VPN yang mampu melindungi sahabat arena? Langsung saja berlangganan pada VPN IPVanish dengan per bulannya $10.00 dan tersedia jaminan uang kembali dari mereka. Mungkin sahabat arena bisa mendapatkan harga yang lebih murah ketika berlangganan dengan jangka waktu yang panjang. Pada rekomendasi VPN yang berikutnya, arena laptop memilih VPN IPVanish, karena memiliki enkripsi AES 256-bit seperti kedua VPN yang ada diatas.

Pada IPVanish mampu melindungi sahabat arena, bahkan mereka juga menjaminkan kalau aktivitas dan privasi sahabat arena tidak bisa dicatat dan dilacak oleh siapapun itu. VPN ini bekerja dengan baik kalau soal keamanan, karena hal yang paling diutamakan oleh mereka adalah keamanan serta kenyamanan dari penggunanya. Sahabat arena bisa menggunakan layanan VPN IPVanish dengan mudah, tapi sahabat arena harus mengunduh softwarenya disini untuk mencoba VPN IPVanish ini.

Periksa Situs Web

4. StrongVPN

STRONG VPN

Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Tentu saja hal ini tidak akan terjadi pada saat sahabat arena menggunakan layanan aplikasi dari StrongVPN. Jika kita berbicara pelacakan data-data atau mungkin privasi sahabat arena, VPN yang satu ini menjadi sebuah pilihan yang paling tepat bagi sahabat arena. Karena pelayanan yang ada pada StrongVPN ini terdapat sebuah keamanan yang sangat kuat.

Dengan begitu sahabat arena bisa mendapatkan jaminan keamanan dari StrongVPN ini. Sebagai layanan VPN, StrongVPN ingin menjadi VPN yang paling terbaik sehingga mereka menawarkan kecepatan yang tak ada batasnya. Harga yang murah dan menyediakan berbagai kelebihan, sahabat arena bisa mendapatkan ketika menggunakan StrongVPN dengan mengunduhnya disini.

Periksa Situs Web

5. Private Internet Access

Private Internet Access VPN

Dapatkah VPN dilacak oleh ISP? Tentu saja ISP tidak bisa melakukannya pada saat sahabat arena menggunakan layanan VPN dari Private Internet Access atau PIA. VPN yang berbasis di AS mampu mencegah sebuah pelacakan dari ISP, dengan demikian ini akan membuat sahabat arena lebih menyenangkan pada saat berinternet. Dikarenakan tidak ada yang bisa mengganggu sahabat arena pada saat melakukan kegiatan online.

Jadi, tak salah lagi kalau arena laptop merekomendasikan VPN PIA ini. Adapun fitur keamanan yang dapat membantu sahabat arena untuk melindungi privasi dan informasi sahabat arena. VPN PIA ini juga menjanjikan kalau sahabat arena berlangganan dengan PIA, maka sahabat arena akan mendapatkan bandwidth tak terbatas dan tidak ada batas data. Nah bagi sahabat arena yang ingin mencobanya bisa diunduh aplikasinya disini.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang ada diatas, bisa disimpulkan oleh kita, bahwa pertanyaan sahabat arena yang mengenai “dapatkah VPN dilacak oleh ISP”? Tentu saja tidak bisa. Jika dilihat pembahasan diata ISP tidak bisa melacak data-data sahabat arena ketika menggunakan VPN. Bagi sahabat arena yang sedang mencari VPN, mungkin beberapa VPN yang ada diatas bisa menjadi sebuah pilihan bagi sahabat arena.

ArenaLaptop Editor