Apa Hubungan VPN dan ISP? Berikut Ini Fakta dan Pembahasannya

Pada pembahasan kali ini, arena laptop akan membahas hubungan VPN dan ISP. Virtual Private Network atau biasa disebut sebagai VPN merupakan sebuah perangkat lunak yang bisa menghubungkan perangkat sahabat arena ke jaringan internet dengan aman. Banyak pengguna kini semakin akrab dengan layanan VPN, karena hal ini dapat membantu untuk membuka semua konten yang telah diblokir.

VPN dan ISP

Tak hanya itu saja, sebenarnya hampir semua VPN memiliki keamanan yang kuat untuk melindungi privasi dari sahabat arena. VPN mampu menyembunyikan alamat IP sahabat arena, keamanan yang dimiliki oleh VPN sangat bermanfaat untuk melindungi aktivitas online sahabat arena. Tidak ada pengguna yang ingin membiarkan privasi dicuri ataupun dilacak. Layanan keamanan VPN yang mampu melindungi sahabat arena ketika mengunjungi sebuah website yang berbahaya.

Apabila ISP sahabat arena akan melacak semua data-data yang dimiliki oleh sahabat arena, maka sahabat arena harus menggunakan VPN untuk mencegahnya. Inilah yang menjadi sebuah alasan dimana para pengguna hanya memikirkan kalau VPN dan ISP tidak memiliki hubungan. Dikarenakan para pengguna hanya memikirkan kalau ISP hanya mampu melacak semua kegiatan onlinenya.

Bagaimana Hubungan VPN Dengan ISP?

Pada umumnya VPN dan ISP memiliki hubungan yang baik karena ISP salah satu penyedia layanan internet. Sesuai dengan namanya dimana ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider atau dalam bahasa kita adalah Penyedia Layanan Internet. Jadi, ISP merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan internet untuk membuat jalan internet dari perangkat pengguna menuju akses ke dunia internet.

Dengan kata lain, ISP adalah sebuah pintu yang harus dilewati oleh kita untuk berinternet. Pada umumnya ISP memiliki jaringan yang baik secara internasional maupun domestic. Hal ini untuk membuat pengguna ataupun pelanggan bisa terhubung pada jaringan internet yang secara global melalui sambungan yang telah disediakan oleh ISP.

Jaringan disini seperti media transmisi dalam menjalankan data yang bisa berupa kabel (sewa kabel, jalur lebar dan modem), radio ataupun VSAT. Agar bisa terakses pada internet, maka suatu perangkat pengguna (komputer atau smartphone) harus menggunakan ISP atau Penyedia Layanan Internet. Apabila tidak menggunakan ISP mungkin akses ke jaringan internet tidak bisa untuk dijalankan oleh perangkat sahabat arena.

Jadi, Apakah VPN dan ISP Ada Hubungan?

Jadi, apa sebenarnya hubungan VPN dengan ISP? Pada dasarnya VPN dan ISP memiliki sebuah hubungan. Ketika kita ingin mengakses pada VPN, maka kita harus terkoneksi terlebih dahulu ke ISP. Nah, pada saat itulah kita bisa konek dengan VPN. Hal ini membuat VPN dan ISP mempunyai hubungan yang tak terpisahkan. Seperti apa yang sudah kita bahas bersama tadi diatas, dimana kalau ISP merupakan sebuah penyelenggaraa layanan internet. Itulah sebabnya kenapa kita harus memerlukan ISP untuk mengakses pada VPN atau Virtual Private Network.

Ada 2 karakteristik pada VPN yang bisa menyembunyikan sesuatu dari ISP, coba kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

  • Fakta bahwa sahabat arena akan terhubung pada alamat IP yang telah disediakan oleh VPN.
  • Perangkat lunak sahabat arena akan terhubung pada port yang terkait dengan aktivitas yang berasal dari VPN tersebut.

ISP sahabat arena akan bertanggung jawab pada pengambilan paket data yang berasal dari sahabat arena untuk dikirimkan ke suatu tempat yang dituju oleh sahabat arena. Apabila sahabat arena ingin menggunakan VPN, maka tujuan dari paket tersebut akan menuju pada server VPN yang ditentukan oleh sahabat arena. Inilah yang membuat VPN dan ISP memiliki hubungan yang tak terpisahkan.

Apa Yang Akan Terjadi Jika VPN Ada Hubungan Dengan ISP?

Apa yang akan terjadi ketika VPN dan ISP memiliki hubungan? Seperti yang sudah diketahui oleh kita bersama kalau ISP juga bisa melacak aktivitas kita saat berinternet. Apakah ini berlaku pada VPN? Hal ini bisa dibilang iya dan juga tidak, karena ada berbagai VPN yang memungkinkan untuk ISP melacaknya dan ada juga VPN yang tidak bisa dilacak oleh ISP.

VPN tersedia dua layanan, yaitu layanan premium dan layanan gratisan. VPN layanan mana yang harus digunakan? Menurut arena laptop VPN yang bisa digunakan oleh sahabat arena adalah VPN yang berbasis layanan premium. Kenapa kita harus menggunakan VPN layanan premium? ini dikarenakan VPN yang berlayanan premium memiliki fitur-fitur terbaik untuk digunakan oleh sahabat arena pada saat berinternet.

Sedangkan ketika sahabat karena menggunakan VPN yang berlayanan gratisan, maka sahabat arena tidak bisa mendapatkan fitur fitur terbaik dari VPN tersebut. Melainkan mereka yang akan mencuri data-data penting sahabat arena. Memungkinkan juga bagi ISP yang ingin mencatat identitas dan privasi sahabat arena. Bahkan berbagai virus malware juga bisa membinasakan perangkat sahabat arena.

Rekomendasi VPN

Memang pada umumnya VPN dan ISP memiliki hubungan yang tak terpisahkan, jadi hal ini memungkinkan aktivitas sahabat arena akan dilacak oleh ISP. Namun hal ini tidak akan pernah terjadi ketika sahabat arena menggunakan VPN yang berkualitas. Seperti apa VPN yang berkualitas? Berikut dibawah ini merupakan dua VPN yang terbaik dari arena laptop dan sangat cocok untuk digunakan oleh sahabat arena.

1. NordVPN

NordVPN

NordVPN merupakan salah satu VPN yang terbaik untuk digunakan oleh sahabat arena yang ingin mengamankan identitas online dari sahabat arena. Tentu saja semua pengguna ingin memiliki keamanan yang mampu melindungi diri kita sendiri secara online. Hal yang paling tepat untuk digunakan oleh kita dalam melindungi identitas ataupun aktivitas online adalah dengan menggunakan NordVPN.

Melalui NordVPN kejahatan apapun yang ingin merusakkan perangkat sahabat arena dan ingin mencuri ataupun melacak data-data sahabat arena tidak akan terjadi. Baik itu yang dilakukan oleh ISP ataupun pihak tertentu. Dikarenakan NordVPN memiliki perlindungan yang kuat melalui keamanan enkripsi AES 256-bit. Jika sahabat arena ingin mendapatkan NordVPN, maka sahabat arena harus mengunduhnya disini.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Sama seperti Nordvpn dimana ExpressVPN memiliki keamanan yang begitu kuat melalui enkripsi tingkat militer, yaitu AES 256-bit. Karena adanya enkripsi tingkat militer, semua kejahatan yang ingin mencuri atau melacak data-data sahabat arena akan dihindarkan oleh ExpressVPN ini. Jadi kegiatan online dari sahabat arena akan selalu terjaga dan terlindungi ketika menggunakan ExpressVPN ini.

Banyak pengguna yang mengkhawatirkan keamanannya karena mereka masih bingung untuk memilih VPN apa yang harus digunakannya. Namun, disini arena laptop menyarankan untuk menggunakan ExpressVPN. Walaupun ExpressVPN memiliki harga yang cukup mahal, namun mereka juga menjaminkan kalau semua lalu lintas sahabat arena akan dienkripsi oleh mereka. Klik disini untuk melihat informasi yang lebih lanjut.

Penutup

Itulah yang bisa laptop sampaikan mengenai hubungan dari VPN dan ISP, semoga melalui pembahasan ini sahabat arena bisa mendapatkan pengetahuan dan manfaatnya. Terutama bagi sahabat arena yang ingin mencari materi dari hubungan VPN dengan ISP.

ArenaLaptop Editor