Apa Perbedaan Web Hosting Dan Web Server?.. Simak Berikut Ini

Pada saat sahabat arena membuka bisnis, menjadi blogger atau apapun yang menjadi alasan untuk membuat website, tentunya sahabat arena harus mencari tahu istilah-istilah yang terkait dengan website. Dengan begitu, sahabat arena tidak akan mengalami kesalah pahaman di dalam dunia website. Seringkali sahabat arena akan mendengar dengan perbedaan web hosting dan web server atau lain sebagainya. Dimana mereka memiliki hubungan yang erat dengan situs web yang ada.

Perbedaan Web Hosting Dan Web Server

Lantas apa yang membuat perbedaan web hosting dan web server? Pada umumnya, perbedaan antara web hosting dan juga web server, sahabat arena dapat melihatnya dari pengertian mereka berdua. Mau tahu perbedaan web hosting dan web server? Mari kita simak bersama pembahasan yang ada dibawah ini.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan yang menawarkan beragam macam fitur, dan setiap fitur-fiturnya memiliki peranan yang sangat penting untuk suatu website. Web hosting atau biasanya sering disebut dengan hosting saja merupakan nama yang terkenal dan populer di dunia blogging. Apabila sahabat arena mencari sebuah nama “hosting” di dalam search engine, sahabat arena dapat melihat beragam jasa hosting, apakah itu hosting murah, berkualitas dan lainnya.

Jadi, apa yang menjadi pengertian dari web hosting? Web hosting bisa diartikan sebagai layanan yang dapat menyimpan seluruh data dari suatu website yang ada. Data-data tersebut meliputi tulisan atau teks, gambar hingga video dan juga audio. Banyak orang yang mengatakan kalau web hosting adalah layanan yang sangat bermanfaat, karena alasannya bisa menyimpan berbagai macam data website.

Pada saat sahabat arena ingin berlangganan dengan sebuah jasa hosting, sahabat arena akan melihat beberapa penawaran dari mereka yang berupa Cloud Hosting, Colocation Server, Dedicated Hosting, VPS dan Shared Hosting. Bukan hanya itu saja, seringkali layanan hosting akan menawarkan beberapa produk  yang seperti WordPress Hosting, Reseller Hosting dan lain sebagainya. Disini arena laptop menyarankan kepada sahabat arena memilih VPS atau Dedicated Hosting buat website dengan beragam kebutuhan.

Melalui sebuah layanan hosting, website sahabat arena akan menjadi lebih baik dalam beroperasi. Kecepatan dan keamanan website sahabat arena akan lebih meningkat jika memakai sebuah layanan hosting yang ada. Tetapi, pastikan layanan hosting yang digunakan adalah layanan yang berkualitas baik sehingga situs sahabat arena dapat beroperasi dengan baik. Salah memilih layanan hosting, maka ini dapat mempengaruhi tingkat kerja dari website sahabat arena sendiri.

Apa itu Web Server?

Web server adalah salah satu kebutuhan yang harus dimiliki oleh sebuah website yang menyediakan tempat penyimpanan besar. Ini juga dapat diartikan sebagai akses yang cepat untuk trafik besar pada suatu website yang ada sehingga bisa terhindar dari terjadinya downtime. Seringkali banyak orang mengartikan web server sebagai sistem dalam pemberian layanan berbasis data atau file di web browser.

Web server memiliki fungsi yang sebagai penerima permintaan dari HTTP ataupun HTTPS, dimana ini disebut sebagai browser yang seperti Mozilla serta Chrome dan lain sebagainya. Permintaan tersebut yang berasal dari HTTP atau HTTPS akan dikirimkan kembali dengan membentuk halaman-halaman website yang ada atau berbentuk suatu dokumen yang berupa HTML.

Pada umumnya, fungsi utama dari web server, yakni mentransfer data permintaan dengan cara melalui protokol tertentu. Perlu sahabat arena tahu bahwa halaman website yang ada biasanya terdiri dari file-file yang seperti video maupun gambar hingga teks dan lain sebagainya. Nah, pemanfaatan web server dapat melakukan transfer berbagai aspek pemberkasan yang ada pada sebuah website.

Salah satu contoh web server adalah Apache, salah satu web server yang banyak digunakan dalam dunia internet. Program yang satu ini pertama kali dirancang buat sistem operasi UNIX. Tak hanya itu saja, ada banyak web server yang bisa ditemukan sahabat arena, salah satunya adalah Nginx. Umumnya, Nginx mampu mengkaitkan server dengan browser yang menjadi sebuah proses penggabungan dari berbagai jaringan komputer yang ada diseluruh dunia.

Jadi, apa bedanya Web Hosting dan Web Server?

Apa perbedaan web hosting dan web server? Perbedaannya sahabat arena bisa lihat dari segi bahasanya. Artinya, web server dapat disebut sebagai definisi dari teknisnya saja. Sedangkan untuk web hosting, dimana ini dapat disebut sebagai definisi dari bisnisnya saja. Jadi, apa yang membuat perbedaan web hosting dan web server? Perbedaannya tidak terlalu jauh. Kedua elemen ini memiliki peranan yang sangat penting untuk suatu web yang ada. Sebab, dengan adanya web hosting dan web server, maka website milik sahabat arena akan beroperasi dengan cara yang lancar serta aman dan mudah.

Rekomendasi Web Hosting Kualitas Terbaik

Setelah sahabat arena mengetahui tentang perbedaan web hosting dan web server. Selanjutnya disini arena laptop akan menjelaskan tentang empat layanan hosting yang memiliki kualitas terbaik dan dapat digunakan sahabat arena. Agar sahabat arena dapat mengetahui tentang seperti apa rekomendasi web hosting yang ada, sahabat arena dapat simak ulasan berikut ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground adalah sebuah layanan hosting yang menawarkan berbagai macam kualitas terbaik untuk suatu website sahabat arena. Mereka memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan situs sahabat arena. Layanan Siteground menawarkan harga yang sangat murah dengan jaminan uang kembali sehingga sahabat arena tidak akan merasa rugi jika berlangganan dengan layanan Siteground ini. Mau membeli sebuah paket hosting miliknya? Bisa dicek disini mengenai harga per paketnya.

Periksa Situs Web

2. HostGator

HostGator Web Hosting

Apabila sahabat arena ingin memakai sebuah layanan hosting dengan fitur-fitur yang dapat mendorong kualitas suatu website, sahabat arena bisa mencobanya dengan layanan HostGator ini. Tingkat kecepatan dan keamanan yang disediakan oleh layanan HostGator ini sangat menjaminkan kalau situs sahabat arena akan tetap beroperasi dengan baik. HostGator menawarkan beragam pilihan paket hosting dengan harga dan fitur yang berbeda-beda. Jadi pastikan sahabat arena telah memilih paket hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan situs sahabat arena. Klik disini jika sahabat arena ingin lihat pilihan paketnya.

Periksa Situs Web

3. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Bagi sahabat arena yang ingin memakai layanan hosting dengan kecepatan tinggi, sahabat arena dapat mencobanya dengan membeli sebuah paket hosting tertentu dari A2Hosting ini. Menurut sumber yang ditemukan, A2Hosting menyediakan kecepatan 20X lebih cepat, hal ini bertujuan agar situs sahabat arena akan terhindar dari buffering. Jika sahabat arena ingin melihat berbagai informasi menarik lainnya dari A2Hosting, sahabat arena dapat mengeceknya disini.

Periksa Situs Web

4. BlueHost

Bluehost Web Hosting

BlueHost adalah salah satu solusi layanan yang paling tepat apabila sahabat arena sedang mencari sebuah layanan hosting dengan kualitas terbaik. Layanan BlueHost ini sangat cocok buat website sahabat arena yang berbasis toko online. Mereka menyediakan kecepatan dan keamanan yang dapat menjaminkan buat situs sahabat arena. Tidak percaya? Klik disini jika sahabat arena ingin melihat info-info lainnya tentang BlueHost ini.

Periksa Situs Web

Penutup

Perbedaan web hosting dan web server yang ada diatas bisa disimpulkan kalau kedua elemen tersebut memiliki perbedaan yang tidak jauh. Hanya saja web hosting dan web server memiliki peranan yang penting. Cobalah sahabat arena pakai salah satu dari beberapa layanan hosting yang ada diatas apabila sahabat arena sedang membutuhkan layanan hosting terbaik.

ArenaLaptop Editor