Apa Perbedaan Cloud Computing Dan Web Hosting?.. Simak Berikut Ini

Dalam pembangunan website, ada banyak istilah yang harus diketahui oleh sahabat arena, mulai dari domain, alamat web, cloud computing, web hosting hingga backlink dan lain sebagainya. Mungkin ada beberapa nama yang ada diatas telah diketahui sahabat arena atau pernah dengar dari rekan-rekan maupun teman-teman sahabat arena. Tapi, banyak orang yang belum mengetahui tentang perbedaan cloud computing dan web hosting. Ingin mencari tahu tentang perbedaan cloud computing dan web hosting? Sahabat arena dapat simak pembahasan yang berikut ini.

Perbedaan Cloud Computing Dan Web Hosting

Apa itu Cloud Computing?

Cloud computing merupakan sebuah nama yang bisa kita artikan ke bahasa Indonesia dengan artinya adalah komputasi awan. Computing atau komputasi diterjemahkan sebagai panduan teknologi dalam memanfaatkan komputer. Sementara cloud atau awan menjadi pengembangan dengan versi internet. Teknologi dengan versi cloud, setiap data akan di simpan pada server yang dapat diakses dengan melewati jaringan internet.

Maksudnya disini adalah, sahabat arena tidak harus melakukan instalasi terhadap suatu aplikasi pada perangkat dari sahabat arena. Dimana sahabat arena hanya membutuhkan akses di internet, hal ini bertujuan agar data dapat diakses dan aplikasi dapat dijalankan meski berada di dalam cloud. Cloud computing terdiri dari beberapa jenis yang berupa SaaS (Software as a Service) dan IaaS (Infrastructure as a Service).

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah layanan online yang berisi dengan berbagai macam produk untuk menciptakan sebuah website yang lebih baik. Umumnya, fungsi dari layanan hosting berfungsi untuk membuat sebuah website yang lebih nyaman saat beroperasi. Dalam suatu produk tersedia beragam macam jenis fitur yang dapat digunakan oleh sebuah website. Tapi, setiap produk yang ada di dalam web hosting juga memiliki perbedaannya.

Sahabat arena harus memilih sebuah layanan web hosting yang tepat dan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dari sebuah situs sahabat arena. Setiap file situs sahabat arena berada dalam pengawasan web hosting. Dengan begitu, file-file milik website sahabat arena dapat diakses oleh para visitor yang ada. Melalui web hosting, website dari sahabat arena bisa mendapatkan akses yang lebih baik saat beroperasi.

Jadi, apa Perbedaannya?

Apa perbedaan cloud computing dan web hosting? Umumnya, mereka berdua bisa di bilang mirip, sebab tipe pengaturan terlihat mirip. Cloud computing menjadi alternatif dari solusi digital yang sudah mengubah pengiriman file atau data yang ada. Web hosting adalah penyedia layanan yang menawarkan lokasi serta konservasi buat file maupun server untuk digunakan oleh blogger dalam membangun website.

Perbedaan cloud computing dan web hosting juga sahabat arena bisa mengetahuinya dari tentang bagaimana mereka bekerja. Cloud computing melibatkan kaitan pelanggan dan vendor dalam jaringan nirkabel atau IP enabled. Perlu diketahui oleh sahabat arena kalau kedua layanan ini seringkali multi-tenant.

Jadi, apa perbedaan cloud computing dan web hosting? Cloud computing menjadi jenis komputasi yang mengandalkan beragam energi komputasi. Sedangkan, web hosting bertugas buat menjaminkan server yang aktif dengan aman dan nyaman sehingga server suatu situs web bisa menjadi lebih optimal.

Rekomendasi Web Hosting dengan Kualitas Terbaik

Setelah sahabat arena mengetahui tentang perbedaan cloud computing dan web hosting. Selanjutnya arena laptop akan merekomendasikan empat layanan hosting yang terbaik kualitasnya. Yuk kita simak pembahasannya yang telah tersedia seperti berikut ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground adalah salah satu jenis layanan hosting yang wajib dicoba oleh sahabat arena yang ingin membangun website. Di dukung dengan fitur SG Site Scanner yang akan mendeteksi sistem malware. Selain itu, fitur tersebut juga akan memindai tiap laman yang sahabat arena tautkan dari halaman utama buat memeriksa URL yang terinfeksi. Deteksi dari SG Site Scanner akan menjaminkan kalau suatu website akan tetap aman-aman saja.

Yang membuat Siteground ini menjadi yang terbaik adalah, mereka memiliki cPanel yang mudah digunakan. Bahkan, sahabat arena yang masih pemula atau baru pertama kali memakainya bisa mengoperasikan cPanel dengan cara yang mudah. Untuk soal harganya dapat dibilang sangat murah dan dapat dijangkau oleh sahabat arena yang ingin membeli sebuah paket hosting milik Siteground. Bisa klik disini jika ingin melihat berapa harga yang ditawarkannya.

Periksa Situs Web

2. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Jika sahabat arena ingin membuat kecepatan akses pada situs sahabat arena menjadi lebih baik, A2Hosting adalah pilihan yang paling tepat. Mereka sangat menghargai keadaan akses situs pelanggannya, sehingga mereka membuat sistem kecepatannya mencapai 20 kali lebih cepat ketimbang berbagai macam layanan hosting lainnya. Memungkinkan kalau akses situs sahabat arena tidak akan menunggu waktu muat yang cukup lama.

Selain itu, A2Hosting juga menyediakan CDN CloudFlare yang akan menentukan rute server tercepat dalam pengiriman konten website sahabat arena ke visitor. A2Hosting juga menawarkan tingkat perlindungan yang berasal dari HackScan hingga situs sahabat arena akan terhindar dari peretasan yang ada. Itulah sebabnya layanan A2Hosting ini menjadi rekomendasi terbaik buat website sahabat arena. Bisa klik disini untuk informasi yang lebih lanjut.

Periksa Situs Web

3. BlueHost

Bluehost Web Hosting

BlueHost adalah sebuah perusahaan hosting yang sangat terkenal di dunia. Banyak blogger yang menyukai dengan penghostingan milik layanan BlueHost ini. Di dalam Wikipedia tercatat kalau mereka menjadi sebuah layanan terbaik yang masuk di 20 besar web hosting terbaik di dunia. Keamanan dan kecepatan yang dimiliki oleh layanan BlueHost ini sangat menjaminkan buat setiap pelanggan yang ingin membangun website terbaik.

BlueHost menghadirkan sistem penyimpanan yang berbasis SSD sehingga penyimpanan akan tetap aman dan cepat tanpa terjadi masalah. Yang menariknya lagi adalah BlueHost langsung disarankan oleh WordPress sendiri dalam pembangunan website WordPress yang baik. Mau memakai layanan BlueHost ini? Ketahuilah berapa harga yang ditawarkan oleh layanan BlueHost. Bisa lihat disini untuk soal harga yang ditawarkannya.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

Sebagai rekomendasi yang terakhir di pembahasan ini adalah HostGator. HostGator menjadi sebuah layanan hosting yang menghadirkan kecepatan serta keamanan terbaik. Dan itu semua sudah tersedia di tiap paket yang dimilikinya dengan harga yang sangat bervariasi. Pada umumnya, HostGator adalah layanan yang paling populer dengan penawaran fitur-fitur terbaik dalam menghost suatu website yang dimiliki oleh sahabat arena.

HostGator menjaminkan uptime 99% hingga situs sahabat arena akan terhindar dari downtime saat beroperasi. Selain itu, layanan HostGator memiliki dukungan pelanggan 24/7/365 yang melalui obrolan langsung  hingga telepon. Tiap kali sahabat arena bertanya mengenai kendala dari layanannya, sahabat arena akan mendapatkan jawaban yang benar dan super cepat dari mereka. Mau berlangganan dengan HostGator? Langsung saja di klik tombol yang ada disini.

Periksa Situs Web

Akhir Kata

Di akhir kata dalam pembahasan perbedaan cloud computing dan web hosting, dimana sahabat arena harus tahu kalau kedua layanan ini memiliki kaitannya. Cloud computing maupun web hosting memiliki peranan penting buat sahabat arena yang sedang membangun website. Cobalah sahabat arena memakai salah satu dari layanan hosting yang ada diatas dalam pembangunan website. Memungkinkan kalau situs sahabat arena akan beroperasi dengan baik. Itulah pembahasan hari ini, semoga bisa bermanfaat ya buat sahabat arena. Terimakasih…

ArenaLaptop Editor