Bagaimana Tunneling VPN Bekerja? Ini Dia Pembahasannya

Bagaimana Tunneling VPN bekerja? Jika sahabat arena berada disini maka sahabat arena menjadi orang yang beruntung, karena arena laptop disini akan membahas tentang bagaimana tunneling VPN bekerja. Secara umum VPN menjadi salah satu layanan yang terbaik untuk memberikan keamanan yang lebih. Tahukah sahabat arena kalau VPN memiliki terowongan yang dapat mengenkripsi semua lalu lintas dari setiap pengguna. Namun, bagaimana tunneling VPN bekerja? Berikut pembahasan tentang cara kerja dari tunneling VPN.

Bagaimana Tunneling VPN Bekerja

Apa itu VPN?

Sebelum kita membahas tentang bagaimana tunneling VPN bekerja, arena laptop disini akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu VPN. Oke jadi begini, VPN itu merupakan sebuah nama yang disingkat dari Virtual Private Network. Pengertian dari VPN adalah salah satu layanan yang dapat membuat koneksi antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya atau layanan yang bersifat pribadi.

Nama Virtual Private Network (VPN) bisa kita artikan sebagai berikut;

Virtual – Hal yang bersifat semu atau lebih tepatnya tidak nyata dalam dunia internet.

Private – Hal yang bersifat pribadi atau private sehingga tidak ada satupun yang dapat mencari tahu semua tentang informasi pengguna. Apalagi penggunanya menggunakan jaringan publik, tentu saja jaringan sahabat arena akan menjadi lebih pribadi atau private dan tidak mudah untuk diretas.

Network – Hal ini merupakan suatu koneksi yang dapat menghubungkan dua perangkat atau lebih.

Jika kita lihat dari uraian nama Virtual Private Network (VPN), kita bisa simpulkan kalau VPN merupakan suatu aplikasi yang dapat menghubungkan sebuah perangkat dengan cara yang virtual tanpa diketahui oleh siapapun. Pada umumnya layanan VPN menjadi salah satu layanan yang sangat cocok untuk melindungi privasi yang dimiliki oleh sahabat arena.

Jadi, Bagaimana Tunneling VPN Bekerja?

Nah, bagaimana tunneling VPN bekerja? Cara kerja dari Tunneling VPN ini memiliki dua cara kerja yang berbeda. Meskipun kedua cara itu berbeda, tujuannya tetap saja untuk mengamankan privasi dari sahabat arena. Pada umumnya cara kerja dari VPN Tunneling ini memiliki proses yang dua kali lipat mengenkripsi data dan enkapsulasi data. Simak pembahasan berikut ini agar lebih jelas lagi.

Enkapsulasi Data

Enkapsulasi data merupakan sebuah proses yang dapat menyembunyikan paket data internet yang ada pada paket lain. Hal ini dapat dianggap sebagai tunneling luar, seperti amplop yang berisi surat dan siap untuk dikirim.

Enkripsi Data

Setelah surat itu atau data sahabat arena sudah dibungkus oleh amplop dan sudah siap dikirim, maka tunneling VPN akan bekerja untuk mengenkripsi isi surat atau data sahabat arena. Dengan begitu tidak ada yang bisa membuka atau melihat isi surat tersebut.

Jadi, bagaimana tunneling VPN bekerja? Kita bisa simpulkan bahwa tunneling VPN akan menyembunyikan semua data sahabat arena dan kemudian akan dienkripsi. Dengan begitu sahabat arena akan terhindar dari pelacakan maupun peretasan yang dilakukan oleh pihak tertentu.

Rekomendasi VPN yang Terbaik Untuk Anda

Jika sahabat arena sudah membaca tentang bagaimana tunneling VPN bekerja. Maka selanjutnya sahabat arena akan membaca beberapa VPN yang terbaik saat ini. Berikut dibawah inilah yang merupakan 5 VPN terbaik saat ini.

1. NordVPN

NordVPN

Jika sahabat arena masih takut dengan penculikan data-data sahabat arena, maka dengan NordVPN sahabat arena tidak akan merasa takut lagi. Hal ini dikarenakan layanan NordVPN telah menyediakan fitur-fitur keamanan yang terbaik sehingga bisa mengamankan data-data milik sahabat arena. Bahkan tak salah apabila layanan NordVPN ini menjadi salah satu VPN yang teraman saat ini.

NordVPN telah menyediakan enkripsi AES 256-bit yang akan membawa semua data-data atau privasi sahabat arena menjadi lebih aman. Dengan demikian sahabat arena bisa merasakan keamanan yang terkuat, sahabat arena bisa menganggapnya seperti perlindungan tingkat militer. Ada beberapa hal yang bisa dilihat disini oleh sahabat arena, salah satunya harga yang ditawarkan oleh NordVPN.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Kecepatan untuk mengakses ke dunia internet sangat dibutuhkan oleh kita sebagai pengguna internet. Pasti kita semua tidak mau mengalami buffering, terutama saat mengunduh dan melakukan streaming. Jika sahabat arena tidak mau mengalami masalah terhadap proses pengunduhan dan streaming, maka alangkah baiknya sahabat arena menggunakan aplikasi ExpressVPN ini.

Akses sahabat arena akan menjadi lebih cepat apabila menggunakan layanan ExpressVPN ini. Jadi sahabat arena tak perlu mengkhawatirkan lagi dengan buffering. Pada umumnya layanan yang berasal dari Britania Raya ini memiliki ribuan server yang bisa dinikmati oleh sahabat arena. Apakah sahabat arena ingin mengunduh aplikasi ExpressVPN ini? Maka sahabat arena dapat mengunduh ExpressVPN disini.

3. CyberGhost

CyberGhost VPN

Dapatkan layanan VPN yang terbaik dengan server yang mencapai ribuan. Kemanapun atau dimanapun sahabat arena berada saat ini, dengan VPN CyberGhost maka sahabat arena bisa terakses ke internet. Hal ini dikarenakan pada CyberGhost terdapat 5000 server lebih di 90 negara yang ada diseluruh dunia. Tentu saja sahabat arena bisa menikmati dunia internet dari manapun yang sahabat arena kehendaki.

Tak hanya itu saja, apabila sahabat arena memikirkan bahwa layanan CyberGhost ini tidak memiliki keamanan yang terjamin. Maka sahabat arena salah dalam memikirkan hal yang seperti ini. Dikarenakan pada layanan VPN CyberGhost terdapat fitur enkripsi AES 256-bit yang sama dengan tingkat militer. Sudah siapkah sahabat arena berinternet dengan nyaman? Langsung saja unduh aplikasi VPN CyberGhost ini disini.

4. PrivateVPN

PrivateVPN

Dunia internet saat ini selalu terancam dengan berbagai virus yang ada, dan hal ini akan berdampak pada keamanan serta privasi kita. Akan tetapi meskipun dunia internet sekarang sudah semakin jahat, maka sahabat arena tak perlu takut untuk mengatasinya. Sahabat arena dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan layanan PrivateVPN ini.

Pada saat sahabat arena berinternet maka tunneling yang dimiliki oleh PrivateVPN ini akan bekerja sehingga lalu lintas sahabat arena dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sahabat arena akan merasa nyaman ketika menggunakan layanan PrivateVPN ini, kebijakan nonlog dari PrivateVPN ini juga berperan penting untuk melindungi data-data milik sahabat arena. Klik disini untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi.

5. Hide My Ass

Hide My Ass Pro VPN

Apakah sahabat arena masih mencari VPN atau mungkin belum puas dengan beberapa layanan VPN yang ada diatas. Nah, maka arena laptop merekomendasikan VPN Hide My Ass ini. VPN Hide My Ass atau HMA ini merupakan salah satu VPN yang terakhir dari arena laptop pada pembahasan kali ini. Berbagai fitur menarik dari VPN HMA ini dapat dimanfaatkan oleh sahabat arena.

Jika sahabat arena menggunakan VPN Hide My Ass maka kemungkinan besar sahabat arena akan menerima perlindungan yang maksimal dari layanan ini. Umumnya layanan VPN HMA memiliki enkripsi AES 256-bit, dengan dukungan protokol-protokol lainnya. Alamat IP dari sahabat arena bisa disembunyikan dari kejahatan jaringan seperti peretasan maupun pelacakan. Klik disini untuk info lebih lanjut.

Penutup

Dengan demikian pembahasan kali yang mengenai bagaimana tunneling VPN bekerja. Memang pada umumnya VPN sangat bermanfaat bagi kita, namun sahabat arena harus memperhatikan VPN apa yang harus digunakan agar bisa mendapatkan berbagai manfaatnya. Jika sahabat arena ingin menggunakan VPN yang paling terbaik saat ini, maka sahabat arena dapat melakukan review dari VPN yang telah disebutkan tadi diatas.

ArenaLaptop Editor