Tips Mengatasi MacBook Yang Lemot dengan CleanMyMac

ARENALAPTOP.COM — Informasi cara mempercepat performa MacBook yang lambat menggunakan aplikasi CleanMyMacJangan biarkan Mac kamu penuh dengan sampah, bersihkan segera dengan CleanMyMac, aplikasi ini banyak digunakan para pengguna Mac untuk membersihkan Mac disaat Memori sudah hampir penuh atau untuk membuang sampah (Junk Files) pada Mac dan aplikasi ini sangat cocok digunakan jika Mac kamu terasa lambat kecepatannya, jika belum kamu install di Mac kamu, coba install aplikasi tersebut dan ikuti langkah berikut ini.

Sebelum Melakukan Scan Cleaning pada CleanMyMac, Konfigurasi Dahulu

 

Sebelum melakukan Scanning saya anjurkan untuk konfigurasi pengaturan pada CleanMyMac terlebih dahulu, kenapa? Karena dalam Scanning File yang sudah lama & file ukuran besar masuk kedalam Scanning dan nantinya akan dihapus disaat Cleaning, dan bisa jadi data penting kamu bisa ikut hilang terhapus oleh aplikasi CleanMyMac. Maka dari itu pentingnya melakukan konfigurasi terlebih dahulu.

 

Beberapa Pengaturan General pada CleanMyMac:

 

Animations : Jika Mac Kamu sedang tidak smooth disaat menjalankan atau sedang Scanning di CleanMyMac, kamu bisa mencentang “Disable for Better Perfomance” karena dengan menonaktifkan animasi disaat Scanning dapat mendapatkan performa yang baik pada Mac kamu.

 

Pengaturan Smart Cleanup pada CleanMyMac

Setelah kamu sudah mengatur pada pengaturan General di CleanMyMac saatnya kamu mengatur pengaturan pada Smart Cleanup, kamu bisa tidak mencentang jika kamu tidak mau Men-Scanning bagian tertentu, dan saya sangat menyarankan untuk tidak mencentang “Large & Old Files” karna data penting kamu bisa saja ikut terhapus disaat CleaningUp.

 

System Junk : Jika kamu Mencentang System Junk pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus sampah-sampah pada system di Mac kamu.

iPhoto Junk : Jika kamu Mencentang iPhoto Junk pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus sampah yang terdapat pada program aplikasi iPhoto kamu.

Mail Attachments : Berfungsi untuk menghapus sampah pada progam aplikasi Mail pada Mac kamu.

iTunes Junk : Jika kamu mencentang iTunes pada Smart Cleanup maka, CleanMyMac akan menghapus sampah-sampah pada iTunes di Mac kamu, perlu diingat, jika kamu mencentang iTunes pada Smart Cleanup, hal ini dapat menghapus Backup iOS Devices dan Software Update iOS pada iTunes kamu.

Trash Bins : Fungsinya untuk menghapus sampah-sampah pada Trash Mac.

Large & Old Files Fungsinya untuk menghapus data-data yang sudah lama dan data berukuran besar pada Mac Kamu!

 

Jika Sudah Mengatur Pengaturan pada CleanMyMac, Aktifkan Fitur CleanMyMac Menu

 

Mengaktifkan Fitur CleanMyMac Menu

Mengaktifkan Fitur CleanMyMac Menu

 

Jika Kamu sudah mengaktifkan CleanMyMac Menu pada Menu Bar akan menampilkan Menu Bar CleanMyMac seperti ini jika kamu menyalakan Mac, karena ini bersifat “Start at Login”.

 

Dan Sekarang, Saatnya Membersihkan MacBook Kamu dari Sampah

 

CleanMyMac disaat Scanning

CleanMyMac disaat Scanning

Jika kamu sudah melakukan perintah yang ada diatas, saatnya Men-Scan macbook kamu, memang cukup lama jadi kamu bisa bersantai sambil menunggu selesainya Scanning. Jika Sudah selesai scanning maka CleanMyMac akan menunjukan bahwa terdapat sampah pada Mac kamu, dan harus di Cleanup. Maka lakukanlah Cleanup.

 

 

Selain Sebagai Cleanup, CleanMyMac Juga ada Peralatan untuk Memperbaiki Sistem Mac Kamu, Yaitu Bagian Utilities

 

1. Uninstaller

Selain berfungsi sebagai pembersih dari sampah, CleanMyMac juga bisa digunakan untuk Men-Uninstall Program Aplikasi dalam Mac loh, dan dapat menghapus lebih dari 1 program aplikasi secara bersamaan, selain itu penghapusan aplikasi menggunakan CleanMyMac sangat detil, jadi tidak meninggalkan sedikitpun data yang tertinggal, dan selain peghapusan aplikasi bisa digunakan untuk mereset aplikasi menjadi seperti awal kita Menginstall program tersebut

 

2. Maintenance

Selain Uninstaller ada juga fungsi Maintanance pada CleanMyMac, yang berfungsi untuk MenTuneUp Mac kamu, dengan men-TuneUp mac, dapat mempercepat kinerja Mac kamu, dalam menjalankan fitur ini kamu bisa lakukan setidaknya sehari atau sebulan sekali. Untuk peringatan, jika Mac kamu Dualboot menggunakan BootCamp hal ini tidak disarankan untuk mencentang “Verify StartupDisk” karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya ScanDisk di dalam Partisi selain Mac kamu (contohnya Scandisk yang berkepanjangan pada OS Windows)

 

3. Privacy

Privacy dalam CleanMyMac, jika kamu malas menghapus seperti Riwayat, Chache atau Cookies kamu bisa menghapus via CleanMyMac dengan aman dan mudah tentunya

 

4. Extensions

 

Fitur Extensions pada CleanMyMac, Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Plugin yang terpasang pada Mac kamu, dan kamu juga bisa dapat menghapus Plugin tersebut dengan mudah dan aman.

 

5. Shredder

 

Fungsi Sherdder ini berfungsi untuk menghapus data secara permanen, dan data yang sudah dihapus menggunakan fungsi ini tidak dapat di Recovery (Undelete) kembali.

 

Install Juga Aplikasi dari MacPaw Agar MacBook Kamu Tetap Bersih!

 

Aplikasi MacPaw Lainnya

Selain CleanMyMac ada juga Program dari MacPaw lainnya

Selain program CleanMyMac yang dibuat oleh pengembang MacPaw ada juga program pembersih lainnya yakni sebagai berikut.

 

Gemini : Berfungsi untuk Menghapus duplikat aplikasi pada Mac Kamu

CleanMyDrive : Fungsinya sama Seperti CleanMyMac, tetapi aplikasi ini hanya untuk di khususkan untuk membersihkan perangkat Removable Media seperti FlashDisk & Harddisk External

Hider 2 : Aplikasi yang berfungsi untuk mengamankan Mac kamu!

 

Conclusion…

 

CleanMyMac itu aplikasi berasal dari pengembangan yang bernama MacPaw yang berfungsi untuk membersihkan Mac kamu dari sampah yang melekat, dan membuat Mac kamu bersih tanpa meninggakan sampah, saya sendiri sudah 4 tahun (2012-2016) sudah menggunakan aplikasi ini dan, aplikasi CleanMyMac sangat memuaskan saya dalam menghapus file dan Men-TuneUp Mac, Silahkan Dicoba ya!

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik