Tips Merawat CD DVD Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

ARENALAPTOP.COM — Pasti diantara kita tidak asing lagi dengan yang namanya CD atau DVD. Yap betul, CD atau DVD merupakan salah satu dari banyaknya jenis media penyimpanan, biasanya digunakan untuk menyimpan file – file seperti musik, gambar, ataupun video. Saya sendiri masih cukup sering menggunakan media penyimpanan yang satu ini, salah satunya saya gunakan untuk mengumpul tugas – tugas yang diberikan dosen. CD atau DVD merupakan pilihan yang paling tepat bagi saya untuk hal tersebut, salah satu pertimbangan terbesarnya adalah dari segi harga. Harga untuk satu keping CD atau DVD terbilang cukup ekonomis dibanding media penyimpan lainnya seperti flashdisk. Dengan menggunakan CD atau DVD tugas – tugas yang saya kerjakan masih dapat terkumpul dengan baik dan pastinya tidak terlalu mengkhawatirkan isi kantong, hehehe :D.

Tetapi ada hal yang terkadang membuat saya sedikit jengkel saat menggunakan CD atau DVD ini. Yaitu saat data – data yang ada didalamnya rusak ataupun tidak bisa terbaca, cukup merepotkan bukan, apalagi jika yang ada di dalamnya adalah data – data yang cukup penting. Kalau sudah rusak seperti itu, ya mau gimana lagi, paling mentok nantinya cuma akan kita buang begitu saja. Maka dari itu saya ingin membagikan sedikit tips mengenai bagaimana menjaga atau merawat CD atau DVD agar tetap awet dan pastinya dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Oke langsung saja kita simak tips merawat CD atau DVD agar awet dan tidak mudah rusak :

Beberapa Tips Merawat CD atau DVD:

1. Pilihlah CD Atau DVD Yang Baik

CD atau DVD yang berwarna perak atau keemasan cenderung lebih mudah untuk dibaca dibanding CD atau DVD yang memiliki warna kemerahan atau hitam. Hal tersebut dapat berpengaruh saat proses pembacaan CD atau DVD tersebut.

2. Sisakan Ruang Bebas Pada CD atau DVD

Pada saat mengisi data kedalam CD atau DVD, usahakan jangan isi hingga penuh, tetapi sisakan sedikit ruang bebas, misalnya beberapa MB.

3. Perhatikan Kecepatan Proses Burning

Pada saat melakukan proses burning CD atau DVD, jangan gunakan kecepatan maksimal yang ada pada software burning tersebut. Dianjurkan untuk menggunkan kecepatan 16x untuk burning CD, dan 8x untuk burning DVD. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keawetannya.

4. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Biasanya kita malas untuk megembalikan CD atau DVD ke tempatnya semula, hal ini merupakan salah satu penyebab CD atau DVD menjadi cepat rusak. Jika CD atau DVD diletakkan secara sembarangan, dapat menimbulkan goresan, atau mungkin terserang debu, bahkan dapat meimbulkan bercak seperti jamur pada permukaan CD atau DVD tersebut. Dianjurkan untuk meletakkan CD atau DVD ke tempatnya lagi setelah selesai menggunakan.

5. Perhatikan Cara Pegang

Usahakan jangan memegang bagian bawah pada CD atau DVD, karena dapat menambah tingkat kerusakan yang ada pada isi CD atau DVD tersebut. Peganglah secara benar, yaitu dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalam lubang yang ada di bagian tengahnya, setelah itu jepit menggunakan jempol, barulah taruh CD atau DVD ke media playernya atau kalau tidak digunakan, bisa langsung disimpan ke wadah semula.

6. Jauhkan Dari Sinar Matahari Langsung

Jauhkan CD atau DVD dari sinar matahari langsung, karena susuan yang pada CD atau DVD bisa dibilang cukup rawan, sehingga cahaya matahari langsung ataupun panas yang berlebih dapat menyebabkan rusaknya susunan tersebut.

7. Bersihkan CD Atau DVD Secara Rutin

Gunakan pembersih khusus dengan bahan halus untuk membersihkan CD atau DVD dari bedu – debu yang menempel. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan CD atau DVD dari macet atau susah terbaca. Lakukan pembersihan dengan hati – hati, jangan terlalu keras supaya tidak menggores atau merusak CD.

Sebenarnya merawat CD atau DVD tidaklah terlalu sulit, cukup kesadaran diri dari kita masing – masing saja dalam merawatnya. Toh kalau tidak baik dalam merawat, sehingga menyebabkan kerusakan, kita sendirilah yang akan rugi. Maka untuk menghindari hal yang demikian kita dapat melakukan langkah – langkah seperti yang telah saya uraikan seperti di atas tadi. Sekian dulu artikel yang dapat saya tulis untuk kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasi sudah bekunjung ke Arena Laptop, jangan kapok yaa, Daah :D.

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik