Dimana VPN Ilegal? Berikut Ini Fakta dan Pembahasannya

VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu layanan aplikasi yang mampu memberikan perlindungan kepada para pengguna. Awal mulanya VPN digunakan untuk para perusahaan yang memiliki berkas online, dalam hal ini VPN berfungsi untuk mengamankan data-data sensitif yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Seperti yang sudah diketahui bersama kalau kejahatan internet mampu meretas semua data-data dari para pengguna.

Dimana VPN Ilegal

Selain itu VPN mampu membuka semua blokiran yang dilakukan oleh ISP atau pihak tertentu. Namun, apakah VPN ilegal dan dimana VPN ilegal? Memang pada umumnya ada beberapa ISP yang menyatakan ilegal. Hal ini dikarenakan pemblokiran yang dilakukan ISP tersebut dapat di akses oleh pengguna apabila menggunakan VPN. Bahkan ada juga VPN yang mencuri data-data dari pengguna sehingga ISP menyatakan kalau VPN itu ilegal.

Dimana VPN Ilegal?

Dimana VPN ilegal? Nah berikut dibawah ini merupakan negara-negara yang menyatakan VPN itu ilegal.

1. China

VPN Untuk China

Tahukah sahabat arena kalau China melakukan penyensoran internet dengan sangat ketat, bahkan tak heran jika negara China disebut sebagai Great Firewall. China melihat bahwa dunia internet sekarang kini selalu terancam pada hal-hal yang negatif sehingga mereka melakukan pemblokiran terhadap layanan online. Bahkan Cina juga telah menganggap VPN sebagai layanan yang ilegal, maka dari itu Cina melakukan pemblokiran terhadap penggunaan VPN.

2. Rusia

VPN Rusia

Dimana VPN ilegal? Rusia menjadi salah negara yang menyatakan VPN itu ilegal.  Negara ini tidak terkenal dengan benteng kebebasan, di tahun 2017 yang lalu telah diketahui bahwa presiden sudah menandatangani UU yang mengenai pelarangan VPN. Oleh karena itu kebanyakan penyedia VPN tidak menyediakan server di Rusia. Jadi, sahabat arena harus pandai dalam memilih VPN untuk Rusia yang paling terbaik. VPN menjadi ilegal di Rusia disebabkan para pengguna yang mengunjungi konten blokiran dari pemerintah Rusia.

3. UAE (Uni Emirat Arab)

UAE merupakan salah satu negara yang memiliki hukuman terketat di dunia. Dimana VPN ilegal? Memang pada umumnya VPN telah menjadi salah satu aplikasi yang akrab dengan warga masyarakat UAE. Namun hal ini bukan berarti sahabat arena akan seenaknya untuk menggunakan VPN. UAE menyatakan bahwa VPN ilegal karena mereka mampu membawa warga masyarakatnya ke hal-hal yang negatif. VPN hanya bisa menjadi legal apabila para pengguna memiliki pemikiran yang baik. Maka dari itu sahabat arena harus berhati-hati dalam menggunakan VPN.

4. Turki

VPN Untuk Turki

Turki merupakan negara yang terkenal dengan dunia Islam. Bahkan Turki dengan berbagai negara barat memiliki hubungan yang baik. Telah diketahui bahwa pemerintah Turki tidak menyukai dengan layanan medsos atau media sosial. Bahkan mereka juga akan melakukan pemblokiran terhadap layanan apabila Turki berada di titik atau kondisi tertentu. Ditahun 2016 telah terjadi pemblokiran terhadap beberapa VPN dan hal ini juga bersifat permanen. Meskipun demikian, ada juga VPN yang masih berfungsi di Turki.

5. Korea Utara

Korea Utara salah satu negara cukup ketat dalam sistem pemerintahannya. Namun sahabat arena harus tahu bahwa layanan VPN dinyatakan sebagai media yang tidak diketahui oleh Korea Utara. Oleh sebab layanan VPN termasuk layanan yang ilegal di Korea Utara. Bahkan pemerintah Korea Utara juga melarang warga masyarakatnya untuk menggunakan internet.

Namun tidak semua VPN telah dilarang oleh mereka, jadi sahabat arena masih bisa berinternet dengan nyaman saat menggunakan VPN. Yang perlu diketahui oleh sahabat arena adalah cara sahabat arena dalam memilih VPN, pastikan VPN tersebut telah mendapatkan izin dari pemerintah Korea Utara. Jika sahabat arena masih bingung dalam memilih sebuah VPN, sahabat arena bisa lihat disini layanan VPN yang terbaik di Korea.

6. Oman

Undang-undang yang di Oman sangat ketat dengan pelarangan VPN. Bahkan apabila sahabat arena menggunakan layanan VPN maka sahabat arena akan mendapatkan denda yang sebesar 1000 dolar. Namun sebelum undang-undang dibuat, telah diketahui VPN akan menjadi ilegal apabila tidak mendapatkan izin dari pemerintah Oman. Tapi jika sahabat arena menggunakan VPN untuk keperluan yang baik dan telah diizinkan oleh pemerintah Oman, maka VPN tersebut akan dinyatakan legal.

7. Irak

Irak menjadi salah satu negara yang menyatakan bahwa VPN ilegal. Awal mulanya karena organisasi ISIS begitu mahir dalam menggunakan sosial media untuk rekrutmen dan propaganda. Maka dari itu upaya untuk melakukan pemblokiran terhadap layanan online seperti sosial media telah dilakukan oleh Irak. Bahkan VPN juga termasuk salah dampak pemblokiran yang dilakukan oleh Irak. Namun perlu diingatkan kalau layanan VPN akan menjadi legal jika sahabat arena mengakses ke konten yang diizinkan oleh pemerintahnya. Apabila sahabat arena melanggar hal ini, maka sahabat arena akan mendatangkan masalah yang besar dari Irak.

8. Iran

Sama seperti dengan UAE, Oman, Irak dimana Iran bukanlah negara yang menyukai dengan layanan yang berdampak buruk pada warga masyarakatnya. Dimana VPN ilegal? Negara Iran bisa menyatakan kalau VPN ilegal dan legal. Karena pada umumnya VPN yang bertujuan untuk mendapatkan konten blokiran dari ISP, maka VPN akan dinyatakan ilegal oleh mereka. Namun tetap saja VPN akan berfungsi apabila sahabat arena membuka konten yang baik. Ada berbagai VPN untuk Iran yang berfungsi dengan baik, sehingga sahabat arena bisa berinternet dengan lancar dan aman.

9. Belarus

Dimana VPN ilegal? Belarus menyatakan pada 2012 yang lalu bahwa VPN ilegal. Banyak para pengguna yang mengunjungi situs blokiran dari ISP disana dengan menggunakan layanan VPN. Maka tak heran jika negara Belarus memblokir layanan VPN. Bahkan pengguna yang menggunakan VPN untuk membuka semua blokiran dari ISP akan mendapatkan hukuman. Oleh sebab itu menggunakan VPN dengan tujuan yang buruk seperti mengunjungi situs yang telah dilarang oleh ISP Belarus. Maka hal ini dapat memungkinkan kalau sahabat arena bisa mendapatkan sanksi, misalnya denda yang sebesar 120 dolar.

10. Republik Turkmenistan

Turkmenistan merupakan negara yang hanya memiliki 1 operator seluler dan ISP. Hal ini bertanda kalau negara Turkmenistan sangat tunduk pada penyensoran yang ekstrim. Banyak penyedia yang telah diblokir disebabkan memiliki akses yang buruk dan VPN memaksa untuk membuka layanan online. Maka dari itu beberapa VPN diblokir oleh Turkmenistan. Ini menjadi salah satu jawaban yang terakhir mengenai pertanyaan sahabat arena; dimana VPN ilegal.

Kesimpulan

ExpressVPN

Dimana VPN ilegal? Itulah beberapa negara yang menyatakan VPN ilegal. Pembahasan ini juga kita dapat simpulan bahwa kebanyakan VPN dapat dinyatakan ilegal apabila sahabat arena menggunakan VPN dengan tujuan untuk membuka layanan yang sudah diblokir oleh pihak pemerintah. Bahkan VPN juga bisa dilarang oleh setiap negara kalau VPN tersebut meretas semua data-data dari warganya.

Akan tetapi adapun beberapa VPN yang dapat digunakan oleh sahabat arena diberbagai negara, misalnya ExpressVPN dan juga NordVPN. Dengan kedua layanan ini sahabat arena bisa berinternet dengan lancar dan aman saat berada diberbagai negara. Kemanapun sahabat arena akan pergi, melalui kedua VPN tersebut maka sahabat arena akan mendapatkan keamanan yang terjamin dengan kecepatan yang stabil.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor