10 Laptop Untuk Presentasi Terbaik dan Paling Laris

Penggunaan laptop sekarang sudah sangat fleksibel. Seperti halnya laptop berkonsep 2-in-1 atau convertible yang bisa digunakan untuk sahabat arena yang mobile. Laptop yang bisa digunakan sebagai tablet mungkin akan lebih cocok buat yang kuliah S2 atau para profesional bisnis. Desainnya mampu mengakomodasi kebutuhan studi ataupun presentasi dimanapun sehingga praktis digunakan. Laptop kini semakin berkembang tidak hanya sekedar menawarkan spesifikasi mumpuni, tapi juga dianggap sebagai lifestyle. Buat yang sering melakukan presentasi, sekarang ini banyak bermunculan laptop hibrida dengan form factor yang menawan dan kinerja yang tangguh. Disini akan dibahas sepuluh laptop untuk presentasi terbaik yang bisa diandalkan setiap waktu.

Laptop Untuk Presentasi

Sebelum itu ternyata masih banyak orang yang kurang paham bagaimana caranya mempersiapkan laptop dengan optimal untuk presentasi. Supaya maksimal ada beberapa cara jitu agar presentasi tidak diganggu hal sepele, seperti tiba-tiba layar hilang atau pesan-pesan notifikasi.

Matikan Screen Saver

Ini penting agar pada saat presentasi tidak terganggu tampilan slide yang berubah menjadi screen saver. Ketika Screen Saver aktif, maka dalam jangka waktu tertentu saat mouse pointer tidak digerakkan, tampilan layar secara otomatis berubah jadi Screen Saver. Solusinya matikan lebih dulu screen savernya. Caranya cukup mudah.

Pastikan Laptop Dalam Keadaan Always On

Saat presentasi laptop harus dalam keadaan always on. Apabila saat sedang tidak melakukan komputasi apa-apa untuk beberapa lama, layar monitor bisa tiba-tiba berubah jadi hitam. Tentu tidak nyaman bukan slide yang harusnya tampil di layar proyektor tiba-tiba menghilang dan itu sangat menganggu.

Matikan Notifikasi Online

Jika laptop untuk presentasi sahabat arena terinstal Skype, atau Yahoo Massanger dan aplikasi lainnya, pastikan semuanya dalam keadaan non aktif saat melakukan presentasi. Lebih baik lagi matikan koneksi internet jika tidak diperlukan.

Atur Layar

Pengaturan layar tergantung bagaimana kebutuhan saat laptop terhubung dengan proyektor untuk presentasi. Ada tiga jenis pengaturan layar laptop, yaitu Computer Only, Duplicate, dan Extend.

10 Laptop Untuk Presentasi Terbaik dan Paling Laris

1. HP 14-BS011TU

HP 14-BS011TU

Pilihan laptop untuk presentasi pertama ada HP 14-BS011TU yang cocok untuk mahasiswa atau pekerja kantoran yang sering melakukan presentasi. Laptop ini sudah dibekali dengan Intel Core i3-6006U yang berkecepatan 2GHz. Didukung pula dengan pengolahan grafis dari Intel HD Graphics 620 dan kecepatan memori RAM 4GB. Untuk harga sangat terjangkau yang dibanderol Rp 5,5 juta sudah tersedia hardisk 500GB HDD. Selengkapnya lihat disini.

2. Lenovo Ideapad 320-14iSK

Lenovo Ideapad 320

Lenovo juga bisa jadi pilihan menarik buat yang sedang mencari laptop untuk presentasi. Laptop ini didesain menggunakan casing polikarbonat yang kokoh dan solid, ditambah bobotnya yang cukup ringan nyaman dibawa. Untuk spesifikasinya dibenamkan prosesor Intel Core i3 yang disokong RAM 4GB. Sementara pengolahan grafisnya mengandalkan Nvidia GT920M yang dilengkapi Windows 10. Harganya dibanderol Rp 6,1 juta yang bisa dibeli disini.

3. Acer Aspire 3 A315-41-R3LC

Acer Aspire 3 A315

Acer Aspire 3 A315 ini jadi pilihan yang pas untuk menemani kegiatan presentasi sahabat arena. Memiliki kemampuan layaknya desktop, laptop ini sering dipilih untuk digunakan bekerja, maupun hiburan. Dapur pacunya dibekali prosesor AMD Ryzen 3 dan VGA Radeon Vega 3 yang memiliki ketahanan baterai lebih lama. RAMnya berukuran 4GB yang diupgrade ke dual channel hingga 16GB. Selebihnya bisa lihat disini.

4. Asus Transformer TP203NAH

Asus Transformer TP203NAH

Laptop untuk presentasi selanjutnya ada Asus Transformer TP203NAH buat sahabat arena yang berbudget pas-pasan dan pas buat mahasiswa. Tenaganya cukup mumpuni untuk mengerjakan tugas-tugas harian dan bisa diandalkan untuk presentasi. Performanya ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4200 yang bersanding dengan VGA Intel HD Graphics, dan sudah terdapat Windows 10. RAMnya dibekali 4GB dan storage sebesar 500GB. Lebih jelasnya lihat disini.

5. HP 14-CK0004TX

HP 14-CK0004TX

Hadir dengan menawarkan desain yang elegan berbalut warna silver yang menarik. Laptop yang cukup tipis ini memiliki performa yang cukup tangguh untuk bekerja, dan multimedia dengan berbekal prosesor Intel Core i3-7020U berkecepatan 2,3GHz. Laptop 14 inc ini didukung kartu grafis AMD Radeon 520 dan RAM 4GB yang dibanderol Rp 6 jutaan. Untuk media simpannya dibekali 1TB HDD. Selebihnya ada disini.

6. Acer E5-475G

Acer Aspire E5-475G

Laptop Acer E5-475G ini sangat layak dipertimbangkan buat yang butuh laptop untuk presentasi. Selain desainnya yang kokoh, diperkuat juga dengan prosesor Intel Core i5-7200U dengan kecepatan hingga 3,1GHz yang didorong kekuatan RAM 4GB. Menariknya laptop ini disediakan dual storage berkapasitas 1TB HDD dan 128GB SSD. Untuk tampilan gambarannya mengandalkan Nvidia Geforce 940MX. Harganya Rp 8,2 juta yang dapat dibeli disini.

7. Lenovo E470 20H1A0

Lenovo ThinkPad E470

Dirancang dengan bodi yang tipis, ringan, dan bertenaga. Kekuatan kinerjanya mengadopsi Intel Core i5-7200U yang sanggup menyelesaikan berbagai kebutuhan komputasi dengan lancar. Sementara kualitas grafisnya didukung Intel HD Graphics 520 yang juga dilengkapi fitur pengamanan dari Lenovo. Kinerjanya makin optimal dengan sokongan RAM 4GB dan tersedia media simpan sebesar 1TB HDD. Harganya mencapai Rp 9,8 juta. Lebih detailnya ada disini.

8. Dell Inspiron 14 5482

Dell Inspiron 14 5482

Hadir mengusung konsep hybird yang dapat dibentuk ke dalam beberapa mode. Untuk presentasi tinggal rubah ke bentuk mode stand. Laptop ini juga menawarkan fitur-fitur terbaik dari Windows 10. Untuk urusan dapur pacunya dibenamkan prosesor Intel Core i5-8265U dan RAM 8GB. Pengolahan grafisnya mengandalkan Intel UHD Graphics 620. Harganya dibanderol cukup mahal, yakni Rp 11 jutaan. Penasaran? Lihat saja langsung disini.

9. Apple MacBook Air MQD32

Apple MacBook Air

Desain yang menawan dari Apple ini diimbangi dengan performanya yang sangat kuat. Macbook tipis ini ditenagai prosesor Intel Core i5 yang disandingkan dengan RAM 8GB. Untuk memperindah tampilan visualnya disematkan VGA Intel HD Graphics 6000 yang memberikan kenyamanan saat menikmati berbagai hiburan dan multimedia. Media simpannya dibekali sebesar 128GB SSD yang dihargai sebesar Rp 14 jutaan. Lebih detailnya lihat disini.

10. Lenovo YOGA 720

Lenovo YOGA 720

Pilihan terakhir laptop untuk presentasi jatuh kepada Lenovo YOGA 720. Sesuai harganya yang mahal, laptop ini punya tampilan sangat menawan yang dirancang mengusung konsep hybird. Pilihan bentuk modenya memudahkan untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Performanya disokong oleh prosesor Intel Core i7-7500U dan RAM 16GB, serta storage SSD 512GB. Sementara untuk grafisnya didukung Intel HD Graphics. Spesifikasi lengkapnya bisa lihat disini.

Itulah tadi beberapa pilihan laptop untuk presentasi yang bisa sahabat arena pertimbangkan. Jangan lupa selalu teliti sebelum membeli, dan sesuaikan dengan budget sahabat arena pastinya. Tak perlu laptop yang mahal kalau hanya dipakai sekedar bekerja dan presentasi. Tapi buat para profesional muda dan pebisnis, silahkan memilih laptop dengan spesifikasi berkelas karena akan sangat mendukung berbagai aktivitas komputasi dengan lancar.

ArenaLaptop Editor