10 Laptop Untuk Animasi Terbaik dan Paling Laris

Suka membuat animasi? Sahabat arena tentu perlu perangkat yang memiliki spesifikasi bagus. Dalam hal membuat animasi, laptop atau komputer punya peranan sangat penting karena jadi senjata utamanya. Dengan menggunakan laptop akan sangat bisa mengerjakan semua prosesnya mulai dari mengkombinasikan teks, audio, video hingga membuat gambar menjadi bergerak untuk menciptakan animasi yang menarik. Jadi memang laptop untuk animasi tidak sembarangan, jangan asal murah. Karena proses pembuatan animasi pun sangat rumit sehingga kalau menggunakan laptop spek standar tentu akan sangat menghambat kreativitas sahabat arena.

Laptop Untuk Animasi

Untuk membantu sahabat arena menjadi animator yang handal, disini akan diberikan rekomendasi laptop untuk animasi yang terbaik untuk dipertimbangkan.

Laptop Animasi Perlu Prosesor yang Kencang

Memang tidak harus dimulai dengan spek yang tinggi apabila sahabat arena masih pemula. Akan tetapi setidaknya harus tahu standar laptop untuk animasi agar proses pembuatan animasinya dapat berjalan dengan lancar. Disamping itu software-software untuk keperluan animasi pun beragam dan butuh spek yang tidak kecil pula.

Untuk prosesornya paling baik minimal menggunakan Intel Core i5 untuk menghindari patah-patah saat proses pembuatan animasi atau rendernya. Selain itu bisa juga menggunakan AMD seri A8, A9, dst atau seri FX. Karena prosesor akan mempercepat proses merender video, ataupun gambar.

Kartu Grafis

Lalu yang kedua adalah penggunaan VGA atau kartu grafis. Komponen ini juga sangat penting selain menampilkan visual yang jernih, VGA ini membantu dalam proses render. Menggunakan kartu grafis bawaan Intel HD sebetulnya bisa, tapi pastinya terdapat hasil yang kurang memuaskan. Lebih baik gunakan Nvidia Geforce, karena lebih menjanjikan atau VGA yang dibekali memori 2GB.

RAM

Jumlah RAM pada laptop untuk animasi juga perlu diperhatikan. RAM ini digunakan untuk membaca detail-detail dari suatu software desain dan juga detail simulasinya. Makin tinggi jumlah RAM semakin leluasa viewport-nya bekerja. Minimal 4GB sudah cukup jika masih dalam tahap belajar menjadi animator.

10 Laptop Untuk Animasi Terbaik dan Paling Laris

1. Acer E5 473G-5566

Acer Aspire E5-473G

Laptop ini layak dipertimbangkan buat sahabat arena yang ingin belajar desain atau animasi. Dari segi spesifikasinya, laptop ini punya kemampuan memadai untuk bekerja, desain, hingga bermain game. Prosesor Intel Core i5-4210U dan RAM 4GB jadi senjata utamanya. Untuk pengolahan grafisnya menggunakan Nvidia 920M dan tersedia hardisk sebesar 500GB HDD. Harganya dibanderol Rp 6,8 juta yang bisa langsung dilihat detailnya disini.

2. HP 14S-CF0045TX

HP 14S-CF0045TX

Laptop untuk animasi selanjutnya ada HP 14S-CF0045TX yang menawarkan kinerja kuat tanpa batas untuk segala kebutuhan komputasi. Layar 14 incinya sudah dibekali teknologi 4K yang mantap untuk multimedia, ditambah dukungan dari VGA Nvidia AMD Radeon 530 2GB. Urusan dapur pacunya dibekali prosesor Intel Core i5-8250 yang disokong RAM 4GB. Untuk media simpannya dibekali hardisk berkapasitas 1TB HDD. Selengkapnya lihat disini.

3. Asus A456UQ

ASUS A456UQLaptop ini menawarkan spek memadai sebagai laptop untuk animasi yang bisa sahabat arena andalkan. Hadir dengan warna yang menarik dan stylish, serta punya bobot yang cukup ringan. Soal kinerjanya ditanamkan prosesor Skylake Intel Core i7-7500 yang berpadu dengan RAM 8GB. Untuk grafisnya didukung Nvidia GT940MX 2GB. Sementara ruang simpannya dibekal hardisk 1TB HDD dan juga optical drive. Detailnya lihat disini.

4. Lenovo IdeaPad 330-14IKB

Lenovo IdeaPad 330

Hadir dengan desain yang kokoh dan tidak ringkih, cukup ramping, serta ringan untuk dibawa bepergian. Bicara soal perforamanya, laptop ini cukup mumpuni diajak bekerja mengolah desain atau membuat animasi. Dibekali RAM 4GB dan prosesor Intel Core i5-8250U membuat kinerjanya cukup kuat. Ditambah dengan dukungan VGA AMD Radeon 530, serta hardisk berkapasitas 1TB HDD. Untuk lebih detailnya bisa lihat langsung disini.

5. Dell Inspiron 15-5575

Dell Inspiron 15-5575

Tak mau kalah dengan brand lain, Dell juga punya laptop berkelas untuk menunjang aktivitas desain ataupun multimedia lewat Dell Inspiron 15-5575. Selain desainnya elegan, konektivitasnya pun cukup lengkap. Spesifikasi yang dibenamkannya pun cukup wah yang dibekali prosesor AMD Ryzen 5-2500U dengan sokongan dari RAM 8GB membuat kinerjanya kuat. Untuk grafisnya mengandalkan AMD Radeon Vega 8. Lebih detailnya bisa simak disini.

6. Acer E5 476G

Acer E5 476G

Acer E5 476G hadir dengan performa yang cukup tangguh untuk desainer maupun animator pemula, seperti mahasiswa desain. Dari tampilan memang tak terlalu menawan, tapi spesifikasi boleh dibanggakan. Berbekal prosesor Intel Core i5-476G, ditunjang RAM 4GB yang bisa diupgrade hingga 32GB. Pengolahan grafisnya menggunakan Nvidia Geforce MX150 yang juga dilengkapi Windows 10 yang dibanderol Rp 8 jutaan. Selengkapnya ada disini.

7. Lenovo Yoga 520

Lenovo Yoga 520

Menawarkan desain yang elegan dibalut dengan casing alumunium berbahan solid dengan konsep hybird dan dapat dibentuk ke dalam beberapa mode. Bobotnya yang ringan dan ramping membuatnya nyaman dibawa kemanapun. Urusan dapur pacunya dimotori prosesor Intel Core i5-8250U yang disokong RAM 8GB, serta hardisk 1TB HDD. Laptop 14 inci ini didukung kartu grafis dari Nvidia MX130 2GB. Untuk harganya lihat disini.

8. Lenovo Ideapad Y700

Lenovo ideaPad Y700

Laptop yang satu ini sangat handal untuk dipakai bermultimedia, baik itu bermain game, menonton film kualitas tinggi, desain hingga membuat animasi. Kinerjanya yang kuat terbantu berkat dukungan prosesor Intel Core i7-6700HQ berkecepatan 2,6GHz yang memiliki turbo boost hingga 3,5GHz. Untuk melengkapi performanya dibekali RAM 16GB dan GPU Nvidia GeForce GTX960. Laptop ini dibanderol Rp 15,4 juta. Spesifikasi lengkapnya lihat disini.

9. Apple Macbook Air MMGF2

Apple Macbook Air MMGF2

Apple selalu menghadirkan produk yang bisa diandalkan, tak heran para desainer banyak menggunakan Macbook. laptop ini sangat layak untuk dimiliki, terlebih untuk keperluan desain 3D, animasi hingga edit video. Intel Core i5 dibenamkan sebagai prosesornya dengan dukungan RAM 8GB ditambah kapasitas HDD 128GB SSD menambah kencang performanya. apabila tertarik untuk membeli dan ingin tahu spesifikasinya lebih lengkap bisa lihat disini.

10. Asus ZenBook Flip S UX370UA

Asus ZenBook Flip S UX370UA

Bila sahabat arena seorang animator yang membutuhkan laptop sebagai penunjangnya, tak ada salahnya melirik pada ASUS ZenBook Flip S UX370UA. Dibanderol dengan harga Rp 19,3 juta, Asus menawarkan spesifikasi yang tidak main-main untuk para pekerja seni dan kreatif maupun pebisnis. Komponennya dibekali prosesor Intel Core i7-8550U, RAM 16GB, serta media penyimpanan berupa SSD 512GB. Daripada penasaran langsung lihat selengkapnya disini.

Itulah 10 laptop terbaik untuk animasi yang bisa dilirik sesuai dengan kantong sahabat arena. Menjadi seorang seniman itu tidak mudah dan tidak murah, maka sedari awal harus siap untuk segala keperluan yang agak mahal karena jika berhasil akan menuai hasil yang memuaskan. Berbeda halnya jika sahabat arena memakai PC, biarpun berbudget minim setidaknya bisa dirakit sedikit demi sedikit. Selain itu, persiapkan juga dengan ilmu dan training terus menerus untuk bisa jadi animator handal. Karena laptop hanya tool yang melengkapi, sementara animasi dibuat melalui ide yang cemerlang.

ArenaLaptop Editor