5 VPN Tanpa Log, Terbaik dan Paling Aman 2019

Tidak semua layanan akses internet bisa membuka konten-konten favorit dengan lancar, apalagi buat yang hobi streaming ataupun download. Maka dari itu satu-satunya jalan agar aman dari tindakan pemblokiran adalah menggunakan VPN (Virtual Private Network). Tidak hanya menembus sensor blokir, VPN juga memberikan perlindungan untuk privasi online. Namun, terlepas dari penggunaan VPN untuk tujuan apapun, ada hal yang harus diperhatikan dalam memilih layanan VPN tersebut. Penerapan kebijakan VPN tanpa log atau tanpa melakukan pencatatan harus jadi syarat utamanya.

VPN Tanpa Log

Ada banyak penyedia layanan VPN yang tidak ingin atau enggan menyebutkan apakah mereka akan menghapus semua log lalu lintas atau tidak. Banyak yang mengklaim bahwa mereka tidak akan melakukan pencatatan (log), akan tetapi secara diam-diam ternyata mereka dengan sengaja melakukannya. Semua aktivitas online yang kita lakukan, bagi para penyedia layanan VPN itu merupakan sebuah informasi. Jika mereka benar-benar mementingkan keamanan konsumen, pastinya seluruh informasi itu akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Sepele Tapi Membingungkan

Mungkin kebijakan VPN tanpa log terdengar sepele, tapi istilah tersebut bisa jadi membingungkan buat sahabat arena yang masih awam atau baru menggunakan layanan VPN. Pada dasarnya ada tiga jenis pencatatan yang dilakukan oleh layanan VPN, yaitu:

Informasi Pribadi Pengguna

Jenis catatan pertama adalah informasi pribadi yang paling umum mengenai penggunanya seperti nama, kata sandi, alamat email, riwayat pembelian, informasi pembayaran, hingga alamat rumah. Tentu akan sangat mengerikan jika informasi tersebut disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Catatan Akses Internet

Catatan ini termasuk rekaman dari seluruh akses atau koneksi yang masuk dan keluar ke jaringan layanan VPN. Oleh VPN nantinya data-data tersebut akan dimanfaatkan untuk memaksimalkan layanan mereka dan sebagai solusi jika ada masalah terhadap penggunanya. Informasi data tersebut umumnya terdiri dari alamat IP masuk dan keluar, rentang waktu penggunaan VPN, serta jumlah transfer data selama pemakaian.

Catatan Pemakaian VPN

Pada umumnya, layanan VPN dapat mengakses informasi pemakaian internet sahabat arena. Bahkan ada beberapa negara yang mengharuskan ISP mengharuskan melakukan catatan pemakaian internet warganya. Informasi yang dimaksudkan adalah daftar riwayat penjelajahan, file yang diunduh, dan sofware-software yang digunakan seperti Bittorrent, Line, Skype, dan lainnya.

Sebetulnya tidak ada layanan VPN tanpa log terbaik yang tidak melakukan penyimpanan catatan sama sekali, sekalipun itu memiliki reputasi yang baik. Banyak dari para penyedia VPN merekam catatan atau informasi tersebut dan sebagian melakukannya karena aturan hukum di negara mereka yang tertuang dalam undang-undang.

Rekomendasi 5 VPN Tanpa Log, Terbaik

Untuk memastikan sahabat arena memilih VPN tanpa log yang benar-benar menjaga keamanan privasi online, arena laptop akan mengulas sejumlah layanan VPN yang menawarkan perlindungan terbaik dan tanpa pencatatan. Aplikasi layanan VPN di bawah ini tentu sudah lulus uji coba yang dilakukan oleh beberapa pakar.

1. NordVPN

NordVPN

Penyedia layanan VPN yang berbasis di Panama ini secara tegas menyatakan soal kebijakan no-logging yang mereka terapkan. Hal ini tentu merupakan kabar gembira bagi pengguna yang sangat peduli terhadap privasinya. NordVPN menyampaikan jika mereka tidak akan memantau, merekam, mencatat, menyimpan seluruh informasi pengguna apalagi sampai menyerahkan kepada pihak lain.

Di satu sisi memang semua layanan VPN bisa mengklaim yang terbaik soal pencatatan, tapi kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang diinformasikan kepada konsumen. Namun, karena lokasi NordVPN ada di Panama dan tidak terpengaruh pemegang hak cipta, maka tidak harus tunduk pada undang-undang terkait pencatatan data dan peraturan lainnya.

Selain itu NordVPN memiliki protokol enkripsi yang luar biasa sehingga privasi sahabat arena terjamin. NordVPN sangat paham dengan privasi para pelanggannya dan menjadikan kepercayaan sebagai prioritasnya. Oleh karena itu NordVPN ini sangat ramah terhadap mereka yang ingin mencari privasi saat mengakses internet dengan dukungan fitur-fitur okenya. Jadi jangan ragu lagi untuk mengunduhnya disini.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Salah satu penyedia layanan VPN terbaik ini menawarkan kombinasi kecepatan yang tinggi dan keamanan privasi yang kuat. Mereka cukup yakin dengan kecepatannya karena memiliki jangkauan mencapai 148 lokasi di berbagai negara. Apalagi ExpressVPN didukung dengan tampilan antarmuka yang ramah sehingga tak akan menyulitkan untuk pengguna yang baru. Bisa dilihat dulu informasinya disini.

Kebijakan yang dimiliki ExpressVPN sangat detail dan tidak akan melakukan pencatatan apapun pada sistemnya. ExpressVPN hanya akan mencatat sedikit informasi seperti  lokasi jaringan, tanggal akses, dan jumlah data yang ditransfer. Tapi tenang saja, ExpressVPN tidak akan merekam info apapun terkait identitas pribadi sahabat arena seperti alamat IP.

Kebijakan VPN tanpa log ExpressVPN sangat tegas yang dibuktikan pada tahun 2017. Saat itu pemerintah Turki menginvestigasi dan menyita peladen dari ExpressVPN yang dituduh menghapus data dari seseorang yang mereka curigai. Hasilnya tuduhan itu tidak terbukti karena dari peladen tersebut tidak terdapat catatan apapun. Dengan begitu ExpressVPN sangat bisa diandalkan.

3. TunnelBear

TunnelBear

Bisa dibilang TunnelBear VPN merupakan aplikasi yang sangat mudah dioperasikan. Cukup dengan mendaftar melalui email, TunnelBear VPN sudah bisa digunakan dan tersedia paket gratisnya juga. Jika dilihat dari tampilannya dan penggunaannya, TunnelBear mengusung konsep sederhana sehingga konsumen tidak akan dibingungkan dengan pengaturan lanjutannya. TunnelBear memiliki kecepatan yang tinggi apabila terkoneksi dengan lokasi server yang terdekat, sedangkan untuk jarak yang jauh kurang begitu bagus.

Selain penggunaan, TunnelBear memiliki kebijakan yang ketat yang diantaranya tidak melakukan pencatatan informasi apapun mengenai koneksi dan riwayat penjelajahan penggunanya. TunnelBear juga dengan tegas tidak akan menyimpan data penting konsumennya kendati memiliki basis di Kanada yang merupakan anggota dari aliansi ‘Lima Mata’. Anggota yang sering menyalahgunakan privasi pengguna internet.

Akan tetapi TunnelBear dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak akan memiliki informasi data konsumennya untuk dibagikan, sekalipun itu diminta oleh pengadilan setempat. Bagi yang ingin mencoba layanan VPN ini bisa mengunduhnya disini.

4. Private Internet Access (PIA)

Private Internet Access VPN

Sama seperti halnya TunnelBear, Private Internet Access atau PIA juga berada di salah satu anggota aliansi ‘Lima Mata’, yaitu Amerika Serikat. Dimana Amerika Serikat kondisinya begitu parah dengan ototoritas perintah paksa untuk bisa meminta informasi data pengguna internet. Akan tetapi Private Internet Access punya reputasi yang baik yang menyangkut keamanan privasi pelanggannya. Kebijakannya tersebut telah dibuktikan dalam tindakan yang nyata dan tegas.

Pada tahun 2016, biro penyidik Amerika FBI memanggil PIA untuk investigasi terhadap kemungkinan seseorang yang menyebarkan kabar palsu. Kemudian melalui Perusahaan London Trust Media Inc, dijelaskan bahwa PIA tidak sedikit pun melakukan tindakan pencatatan aktivitas online pelanggannya. Dengan demikian, PIA telah membuktikan bahwa perlindungan identitas pelanggannya merupakan sebuah komitmen utama yang sesuai dengan kebijakan mereka.

Dari kasus tersebut telah menggambarkan bahwa PIA merupakan salah satu penyedia VPN yang sangat handal. Mereka konsisten dalam memberikan keamanan privasi online pelanggannya. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan unduh filenya disini.

5. Cyberghost VPN

CyberGhost VPN

Rekomendasi VPN tanpa log yang terakhir ada Cyberghost. Bagi sahabat arena yang masih pemula terhadap penggunaan VPN, maka Cyberghost jadi solusi yang tepat. Cyberghost VPN tidak begitu memiliki fitur canggih lewat antarmukanya, tapi mereka sangat paham bahwa kebijakan no-logging adalah yang terpenting.

Basis operasi Cyberghost sendiri berada di Rumania yang dikenal sangat perhatian terhadap privasi pengguna internet. Sekedar informasi, Rumania masuk ke dalam salah satu negara yang menolak rancangan undang-undang penyimpanan informasi data oleh Uni Eropa di tahun 2012. Dengan demikian, Cyberghost VPN dapat melakukan pengawasan ketat terhadap kebijakan tanpa log mereka.

Kebijakan tersebut dilakukan tanpa tipu-tipu dan sudah dijelaskan dalam peraturan perusahaan. Selain itu Cyberghost punya fitur canggih yang disebut “peladen tanpa mata-mata”. Sebuah fitur dimana mereka dapat membeli peladennya sendiri dan dikelola di tempatnya langsung. Hasilnya luar biasa, peladen tersebut terhindar dari semua resiko kejahatan virtual termasuk keterlibatan pihak ketiga. Daripada terus bertanya-tanya lihat infonya dan unduh softwarenya disini.

Nah…

Nah, dari kelima pilihan VPN tanpa log di atas bisa sahabat arena pilih untuk tanpa perlu khawatir privasi akan terungkap. Apalagi dengan tindakan tanpa melakukan pencatatan yang kuat, akan bisa menjamin keamanan privasi online sahabat arena. Semoga rekomendasi VPN di atas dapat berguna bagi sahabat arena yang mencari layanan VPN tanpa log terbaik.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor