Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya? Ini dia Faktanya

Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya?… Pertanyaan yang satu ini pastinya sering dikemukakan oleh pengguna VPN maupun calon Pengguna VPN. Nah, disini Arena Laptop akan menjawab dan membahas pertanyaan yang satu ini dengan jelas. Mari kita simak pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya

Jawaban yang bisa kita berikan untuk pertanyaan tersebut sebenarnya adalah Tergantung, bisa Ya atau Tidak. Kenapa Tergantung?… hal ini disebabkan karena Bisa atau tidaknya pihak VPN melihat data saya tergantung dari Kebijakan dan Sistem yang digunakan oleh pihak VPN bersangkutan.

Secara umum, Arena Laptop membagi 2 jenis VPN mengenai hubungannya dengan pertanyaan Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya.

1. VPN Yang Bisa Melihat Data Pengguna

Golongan/ jenis Pertama ini merupakan golongan untuk VPN yang bisa melihat data penggunanya. VPN yang bisa melihat data penggunanya ini, biasanya merupakan VPN yang sering kita temui. Yaitu VPN yang menawarkan akses Penggunaan Gratis, walaupun tidak semua VPN Gratis bisa atau akan melihat data penggunanya. Tapi kebanyakan VPN yang sudah dikatakan gratis, bisa dan mungkin akan melihat data penggunanya untuk kepentingan Penyedia VPN.

Kenapa Penyedia VPN Gratis bisa melihat data Pengguna ?… untuk menjawab yang satu ini, arena laptop akan mengajak sahabat arena untuk sedikit berlogika pada penjelasan berikut. Ketika sahabat arena menggunakan VPN (VPN apapun itu), tentunya akan ada berbagai biaya yang harusnya dikenakan. Mulai dari biaya penyewaan ataupun pembelian Server (sesuai lokasi server yang dipilih), selanjutnya ada biaya Pengembangan dan Update Keamanan yang seharusnya dilakukan terus menerus oleh Penyedia Layanan VPN. Setelah itu juga ada biaya Peningkatan Layanan dan Pengembangan Layanan VPN bersangkutan, dan Masih ada banyak biaya biaya lainnya juga.

Nah, ketika VPN bersangkutan digratiskan, dari mana Penyedia VPN Tersebut mendapatkan uang untuk membayar semua biaya diatas?… dari iklan yang sering muncul?… Tidak juga, karena pembayaran iklan untuk setiap tayang maupun klik tidak akan cukup untuk semua biaya diatas. Jadi bagaimana?… disinilah muncul berbagai kemungkinan yang cukup besar probabilitasnya. Dimana, untun mecukupi biaya diatas, Pihak VPN dapat melihat data pengguna. Kemudian Penyedia VPN bisa dan mungkin saja menjualnya ke pihak ke-3 untuk mendapatkan keuntungan yang diperlukan.

Oleh karena itu, arena laptop selalu menyarankan agar semua sahabat arena selalu membaca syarat dan ketentuan serta kebijakan VPN bersangkutan (baik gratis maupun berbayar) sebelum menggunakan VPN tersebut.

2. VPN yang tidak Bisa Melihat Data Penggunanya

Untuk menjawab pertanyaan Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya?, berikut ini diberi Jenis VPN yang tidak bisa melihat data penggunanya. VPN yang tidak bisa melihat data pengguna pada biasanya merupakan VPN berbayar yang sangat menjaga nama baik dan komitmen perusahaan. Hal ini bisa dilihat mulai dari bagian awal ketika sahabat arena akan menggunakan VPN bersangkutan. Pada bagian syarat dan ketentuan serta kebijakan, bisa dilihat adanya perjanjian Pihak Penyedia VPN tidak akan Melihat, apalagi menggunakan data milik penggunanya.

Selain itu juga, VPN yang tidak bisa melihat data penggunanya dapat dilihat dari sistem keamanan yang ditawarkan VPN bersangkutan bagi penggunanya. Bisa kita lihat, Penyedia layanan VPN yang menggunakan sistim keamanan dengan enskripsi tingkat atau kelas Militer pasti tidak akan bisa melihat data penggunanya. Karena melalui sistem keamanan yang digunakan tersebut, menyebabkan Pihak Penyedia Layanan VPN ataupun pihak penyedia jaringan seluler, bahkan pihak pemerintah tidak akan bisa melihat data Pengguna VPN.

Nah…

ExpressVPN

Dengan demikian, sudah tahu bukan jawaban dariPertanyaan  Dapatkah Penyedia VPN Melihat Data Saya? Melalui pembahasan diatas. Oleh karena itu, Arena Laptop juga akan memberikan rekomendasi 2 VPN yang memiliki kebijakan untuk tidak melihat data penggunanya, serta memiliki sistem keamanan enskripsi tingkat militer. Kedua VPN tersebut yakni NordVPN dan ExpressVPN, sahabat arena bisa melihatnya dan mempelajari kedua VPN tersebut sebelum menggunakannya.

ArenaLaptop Editor