VPN vs TLS, Mana yang Lebih Simpel dan Bermanfaat?..

Halo sahabat arena semuanya, pada saat ini arena laptop kembali lagi dalam artikel untuk membahas mengenai VPN vs TLS. kali ini, kita akan membandingkan mengenai VPN dan TLS kemudian kita akan lihat mana yang lebih simpel digunakan dan tentunya mana juga yang lebih bermanfaat. Tentunya tidak sedikit dari para pengguna VPN ataupun calon pengguna VPN yang bertanya-tanya mengenai hal yang berhubungan dengan VPN. Salah satunya adalah hubungan antara VPN dan TLS. Untuk itu bagi yang penasaran mengenai jawaban pertanyaan kita ini, silakan simak pembahasan berikut.

VPN vs TLS

Agar sahabat arena dapat mengerti atau memahami pembahasan kali ini, maka kita harus membahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari VPN dan tentunya TLS. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahpahaman atau gagal paham pada pembahasan kali ini.

Apa itu VPN?…

VPN merupakan kependekan dari virtual private Network atau dalam bahasa Indonesia yang bisa kita artikan sebagai jaringan privat virtual. VPN atau jaringan privat virtual ini, bisa kita analogikan dalam perumpamaan berikut agar lebih mudah dimengerti. Perumpamaan itu ketika sahabat arena ingin menggunakan internet, maka ada begitu banyak situs ataupun tujuan yang akan sahabat arena gunakan. Pada saat akan mengakses situs atau konten tertentu, pada jaringan internet biasa akan sangat rentan atau tidak aman. Maka VPN muncul sebagai penghubung yang aman. Penghubung di sini dalam artian VPN akan berfungsi sebagai pelindung atau bisa dikatakan sebagai terowongan yang menghubungkan antara sahabat karena dengan konten atau situs sasaran.

Ketika dihubungkan oleh VPN, maka ancaman ancaman dari luar yang berupa peretas, ancaman virus, Malware, dan ancaman lainnya tidak akan dapat mengganggu sahabat Arena. Hal ini disebabkan karena VPN telah menggunakan berbagai fitur keamanan baik itu berupa enkripsi, server yang aman, alamat IP samaran, dan berbagai fitur keamanan lainnya. Selain itu, VPN juga bisa mempunyai fungsi lain selain untuk mengamankan. Dimana, fungsinya bisa dijadikan sebagai alat untuk membuka blokiran konten, sebagai alat atau sistem yang mempercepat jaringan internet. Sebagai penstabil koneksi internet, dan berbagai fungsi lainnya yang bisa sahabat arena dapatkan. Dengan demikian, VPN merupakan suatu software atau aplikasi yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Inilah penjelasan VPN pada pembahasan VPN vs TLS kali ini.

Apa itu TLS?…

TLS atau transport layer security, merupakan suatu sistem yang mana didahului oleh sistem SSL atau secure socket layer. TLS atau transport layer security ini merupakan suatu sistem pengamanan jaringan internet. Yang mana, menggunakan sistem enkripsi dalam jenis enkripsi asimetris yang merupakan enkripsi dengan penggunaan private key dan public key. TLS ini sudah menggunakan sertifikat X.509 untuk kegiatan penyelenggaraan enkripsinya ini. TLS Pada dasarnya banyak atau dominan digunakan pada website website atau pada web browsing, pada sistem pengiriman dan penerimaan email, dan juga biasa digunakan pada sistem VoIP.

Jika kita melihat secara umum, maka TLS merupakan suatu sistem yang berfungsi sebagai pengaman melalui sistem enkripsi yang dimilikinya. Dengan TLS ini, situs situs atau website tertentu yang menggunakan TLS dapat aman diakses oleh pengguna. Tetapi pada kasus situs website yang tidak menggunakan TLS, maka pengguna sedikit terancam keamanannya. Itulah TLS pada pembahasan VPN vs TLS kita kali ini.

Jadi, mana yang lebih simple dan lebih bermanfaat? VPN vs TLS

Setelah kita membahas mengenai dua bagian yang ada di atas, maka kita dapat menarik kesimpulan untuk menentukan mana yang lebih simpel dan bermanfaat. Jika kita tinjau dari segi manfaat, maka kita dapat melihat bahwa VPN memiliki banyak manfaat selain hanya untuk keamanan berinternet. Sedangkan, TLS hanya memiliki fungsi untuk mengamankan, bahkan TLS hanya mengamankan website atau sistem yang menggunakannya sebagai pengaman. Sehingga pada pertanyaan mana yang lebih berguna, jawabannya adalah VPN lebih berguna daripada TLS.

Selanjutnya untuk simpel atau tidaknya, VPN dan TLS sama-sama simpel digunakan. Karena VPN hanya perlu diinstal dan kemudian digunakan dengan cara yang mudah dan simple dan TLS juga demikian. Jadi kesimpulan yang bisa kita tarik dari pembahasan VPN vs TLS kali ini, VPN memiliki lebih banyak fungsi atau kegunaan daripada TLS. Dan VPN serta TLS sama-sama simple untuk digunakan.

Rekomendasi VPN Terbaik Untuk Pengguna Internet

Setelah membahas mengenai VPN vs TLS, kali ini arena laptop akan memberikan rekomendasi mengenai VPN yang paling terbaik untuk digunakan oleh sahabat arena.

NordVPN

NordVPN

NordVPN merupakan VPN yang direkomendasikan untuk digunakan setelah pembahasan kita kali ini mengenai VPN vs TLS. VPN yang satu ini memiliki banyak keamanan dan kelebihan pada setiap aspek yang dimilikinya. Mulai dari keamanan yang sudah menggunakan enkripsi kelas militer, sistem jaringan server Global yang dimiliki, kemampuan menghubungkan 6 perangkat dalam satu akun, dan berbagai Kelebihan lainnya. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, NordVPN sudah menjadi salah satu VPN yang memiliki tingkat penggunaan tertinggi di seluruh dunia.

Selain memiliki kelebihan kelebihan dalam kualitas yang dimilikinya, VPN ini juga memberikan jaminan uang kembali 30 hari. Yang dimaksud disini adalah, ketika sahabat arena sudah membayar uang berlangganan, kemudian dalam 30 hari awal merasa tidak cocok maka uang akan dikembalikan. Dengan demikian tidak akan ada yang dinamakan penipuan atau Pembodohan penggunaan yang tidak sesuai.

Selanjutnya, NordVPN ini memberikan kebijakan yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Salah satu kebijakan yang sangat menguntungkan tersebut adalah kebijakan tanpa pencatatan atau tidak akan dilakukannya pencatatan terhadap setiap aktivitas internet sahabat Arena. Dengan demikian pihak penyedia VPN sendiri pun tidak dapat melihat dan mencatat lalu lintas internet yang ada pada perangkat penggunanya. Bagi Sahabat arena yang mau tahu atau mau membaca lebih lengkap mengenai NordVPN, bisa Klik Disini.

ExpressVPN

ExpressVPN

ExpressVPN merupakan VPN kedua yang direkomendasikan pada pembahasan VPN vs TLS kali ini. Sama seperti NordVPN, ExpressVPN juga sudah menggunakan enkripsi pengamanan tingkat militer berupa enkripsi AES 256 bit. Melalui sistem enkripsi yang digunakan ini, pihak ketiga ataupun penyedia layanan tidak akan dapat memantau aktivitas internet penggunanya. Selain memiliki kualitas yang baik pada bagian keamanannya, ExpressVPN ini juga menyediakan sistem penyamaran alamat IP melalui server server Global yang dimilikinya. Dengan demikian alamat IP sahabat arena tidak akan pernah terekam pada situs atau website tertentu yang mengancam keamanan.

Sama juga seperti NordVPN, ExpressVPN menawarkan garansi uang kembali dalam 30 hari ketika layanannya tidak sesuai bagi sahabat Arena. Dengan demikian, uang akan tetap aman ketika sahabat arena rasa tidak nyaman dalam penggunaan VPN yang satu. Selanjutnya, ExpressVPN ini juga menawarkan system untuk menstabilkan dan mempercepat jaringan internet melalui server Global yang dimilikinya. Server globalnya sendiri sudah tersebar di 160 lokasi pada 94 negara. Bagi yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai ExpressVPN bisa berkunjung di sini.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai VPN vs TLS. Semoga sahabat arena atau para pembaca yang yang ingin mengetahui jawaban mana yang lebih bermanfaat dan simple antar VPN atau TLS mendapatkan jawaban yang terbaik pada pembahasan di atas. Sampai berjumpa di pembahasan kita lainnya, terima kasih.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor