Apakah VPN Ada Gunanya? Berikut ini Fakta Mengenai Kegunaan VPN

Hai sahabat arena? Semoga kalian semua dalam keadaan yang sehat sejahtera. Nah, disini arena laptop akan membahas mengenai VPN. Akan tetapi arena laptop akan terfokus pada pertanyaan dari sahabat arena yang mengenai apakah VPN ada gunanya?… Mungkin bagi sahabat arena yang sudah berpengalaman dalam menggunakan VPN, pasti sudah tahu tentang apa itu VPN. Apabila sahabat arena belum mengerti tentang apa itu VPN, sahabat arena tak perlu khawatir. Karena sebelumnya arena laptop akan menjelaskan tentang apa itu VPN.

Apakah VPN Ada Gunanya

Apa Itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu layanan yang mampu memberikan kenyamanan saat berinternet. Banyak fitur-fitur dari VPN yang dapat membuat sahabat arena menjadi lebih baik dan nyaman saat berinternet. Bahkan tak heran hingga pada saat ini layanan VPN ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna.

Bahkan penggunaan VPN ini semakin populer sejak kejadian yang terjadi di tahun lalu dimana beberapa sosial media diblokir. Banyak pengguna yang menggunakannya dengan tujuan untuk membuka WhatsApp dan sosial media lainnya. Tak hanya pengguna perorangan yang menggunakan layanan VPN, hal ini juga membuat setiap perusahaan ingin memiliki layanan VPN.

Apakah VPN Ada Gunanya?

Dilihat dari pengertian VPN, dimana layanan ini mampu membuat para penggunanya menjadi lebih nyaman dalam berinternet. Namum, apakah VPN ada gunanya? Nah… VPN yang disingkat dari Virtual Private Network ini memiliki berbagai manfaat untuk dunia internet saat ini. Bahkan semakin hari VPN ini semakin banyak digunakan oleh para pengguna yang ada. Hal ini tidak lepas dari manfaat yang dimiliki oleh VPN itu sendiri. Umumnya layanan VPN ini memiliki jenis layanan yang sangat berbeda. Nah berikut dibawah inilah yang merupakan dua layanan dari VPN.

VPN Layanan Premium

Apakah VPN ada gunanya? Tentu saja ada, apabila VPN tersebut berlayanan premium. Hampir tiap layanan premiun VPN dinyatakan sebagai aplikasi yang paling terbaik untuk mengamankan semua privasi dari sahabat arena. Dari beberapa VPN layanan premium yang telah di review oleh arena laptop, ternyata VPN itu memiliki kegunaan, seperti yang ada dibawah ini.

1. Mencegah Serangan Virus

Ketika sahabat arena mengunjungi sebuah website yang tidak aman, kemungkinan besar perangkat sahabat arena akan terkena virus. Tentu saja ini sangat merugikan buat kita, namun apabila sahabat arena menggunakan layanan VPN yang premium. Hal ini juga besar kemungkinannya sahabat arena akan terhindar dari virus-virus. Hal ini dikarenakan keamanan yang dimiliki oleh VPN tersebut sangat kuat daripada kekuatan yang dimiliki oleh virus-virus tersebut.

2. Menyembunyikan Alamat IP

Alamat IP merupakan salah satu hal yang penting untuk sebuah perangkat dalam berkoneksi dengan jaringan internet. Umumnya alamat IP berupa deretan dari angka biner dan biasanya disebut sebagai bahasa biner atau bahasa pemrograman. Pada saat sahabat arena menggunakan VPN yang berlayanan premium, maka alamat IP yang dimiliki oleh sahabat arena akan disembunyikan. Lalu kemudian sahabat arena akan mendapatkan alamat IP yang baru dari server VPN tersebut.

3. Mampu Mengakses ke Website yang Telah Diblokir

Apakah sahabat arena pernah melihat sebuah situs yang tidak bisa dibuka? Nah itulah upaya pemblokiran yang dilakukan oleh ISP. Banyak website yang telah diblokir di Indonesia dengan berbagai macam alasan. Namun, ini hal ini juga bisa dibuka oleh VPN, karena alamat IP dari sahabat arena akan di ubah dengan server yang telah dipilih oleh sahabat arena sendiri. Hal ini karena adanya alamat IP yang telah diubah melalui server VPN tersebut dengan pemilihan negara yang memberikan izin kepada situs tersebut.

VPN Layanan Gratisan

Bandwidth Dicuri

Bagaimana dengan VPN yang berlayanan gratis? Apakah VPN ada gunanya? Dari berbagai sumber yang telah ditemukan oleh arena laptop, VPN gratis memiliki akses yang sangat buruk. Memang pada umumnya VPN layanan gratis sangat mampu menghemat uang kita, meskipun akan terjadinya penghematan biaya namun privasi sahabat arena akan dikorbankan. Hal ini dikarenakan berbagai macam VPN gratis memiliki keamanan yang tidak bisa dijaminkan untuk privasi kita. Ada beberapa alasan mengapa VPN gratis menjadi buruk, berikut ulasannya.

1. Mendatangkan Kebocoran Terhadap Alamat IP

VPN layanan gratis memiliki akses yang buruk sehingga kebocoran terhadap alamat IP akan terjadi. Berbeda dengan layanan VPN yang premium, dimana cara kerjanya mampu melindungi semua kepentingan online sahabat arena, seperti alamat IP. Akan tetapi bagi VPN gratis memiliki keamanan yang lemah sehingga ini akan membuat alamat IP sahabat arena hilang.  Kebocoran terhadap alamat IP akan menjadi sasaran bagi para hacker maupun virus-virus yang berbahaya.

2. Bisa Dilacak Oleh ISP atau Pihak Tertentu

Apakah VPN ada gunanya? Tentu saja hal ini tidak sama sekali jika sahabat arena menggunakan layanan VPN yang gratisan. Salah satunya adalah akan memudahkan bagi ISP atau pihak tertentu yang ingin melacak semua aktivitas online yang dimiliki oleh sahabat arena. Kemungkinan besar melalui pelacakan ini mereka dapat mengetahui dan melakukan hal hal tertentu pada data-data penting dari sahabat arena.

3. Dapat Mendatangkan Virus

Dari beberapa sumber yang telah didapatkan, jelas bahwa hampir semua VPN gratis telah mengandung virus malware. Dimana virus malware ini mampu meretas semua identitas dari setiap penggunanya. Bahkan ini juga memberi kemungkinan besar kalau akun sahabat arena akan dibajak oleh virus malware. Maka dari itu layanan VPN gratis sangat berbahaya untuk digunakan.

Jadi, Apakah VPN Ada Gunanya?

Jadi, apakah VPN ada gunanya? Pada umumnya VPN yang memiliki kegunaannya hanya tergantung dari layanan VPN tersebut. Pembahasan diatas telah dijelaskan bahwa layanan premium mampu memberikan keuntungan yang lebih besar daripada layanan gratisan. Intinya pemilihan terhadap sebuah VPN harus diperhatikan jangan sampai sahabat arena salah memilih layanan VPN. Karena ini juga akan berdampak pada keamanan online yang dimiliki oleh sahabat arena sendiri.

Rekomendasi VPN

Jika sahabat arena ingin mendapatkan layanan VPN yang banyak kegunaannya, sahabat arena bisa menggunakan salah satu dari kedua layanan yang ada dibawah ini.

1. ExpressVPN

ExpressVPN

ExpressVPN merupakan salah satu layanan yang paling terbaik pada saat ini. Bahkan sahabat arena bisa menggunakan ExpressVPN ini untuk mengamankan privasi online sahabat arena. Dengan ExpressVPN, mka semua kepentingan yang dimiliki oleh sahabat arena akan menjadi rahasia dan tidak ada yang bisa mengetahuinya. Keamanan yang dimilikinya sudah tidak bisa diragukan lagi. Tunggu apalagi langsung saja diunduh aplikasinya, seperti yang ada disini.

2. NordVPN

NordVPN

Sama seperti ExpressVPN, hal ini dikarenakan layanan NordVPN menjadi salah satu layanan yang mampu mengamankan semua aktivitas online sahabat arena. Berbagai pengguna yang ada diseluruh sangat terkagum-kagum dengan layanan NordVPN. Dimana keamanan NordVPN sangat kuat bahkan berbagai virus-virus malware pun tidak bisa menerobosnya. Sahabat arena masih kurang percaya? Sahabat arena dapat membuktikannya dengan mengunduh aplikasi NordVPN ini. Klik disini untuk mengunduhnya.

Penutup

Dengan demikian pembahasan kita kali ini… Semoga dengan apa yang sudah dibahas pada hari ini, sahabat arena bisa memperoleh manfaatnya. Ingat!! Pemilihan layanan VPN harus diperhatikan. Jika sahabat arena masih bingung untuk menggunakan layanan VPN, mungkin sahabat arena bisa memilih salah satu dari kedua VPN yang ada diatas. Karena NordVPN maupun ExpressVPN merupakan VPN yang paling terbaik saat ini.

ArenaLaptop Editor