Bagaimana Koneksi VPN Bekerja? Simak Pembahasan Berikut Ini

Hai? Jumpa lagi dengan arena laptop yang akan membahas dunia VPN, namun disini arena laptop akan memfokuskan ke bagaimana koneksi VPN bekerja. Secara umum VPN merupakan sebuah layanan yang akan menghubungkan suatu perangkat ke internet dengan cara yang aman. Bagaimana koneksi VPN bekerja? Sebelum langsung masuk ke pembahasan inti, mari kita lihat sedikit mengenai VPN secara umum.

Bagaimana Koneksi VPN Bekerja

Apabila sahabat arena memiliki data-data yang dianggap penting, maka cobalah untuk berkoneksi dengan sebuah layanan VPN. Kini layanan VPN menjadi sebuah layanan yang terpopuler, terutama bagi para pengguna yang ingin membuka suatu konten blokiran. Ada beberapa hal yang bisa didapatkan oleh setiap pengguna VPN, yaitu keamanan dan juga kebebasan terhadap pembatasan ISP.

Mungkin sahabat arena sudah tidak merasa asing lagi dengan dunia VPN, apalagi sahabat arena yang setia menemani arena laptop dalam pembahasan VPN. Emangnya bagaimana koneksi VPN bekerja? Koneksi VPN bisa membuat dunia internet sahabat arena menjadi lebih menyenangkan. Nah, jika sahabat arena bertanya tentang bagaimana koneksi VPN bekerja, maka sahabat arena bisa menyimak ulasan berikut ini.

Jadi, Bagaimana Koneksi VPN Bekerja?

Bagaimana koneksi VPN bekerja? Ketika sahabat arena sudah menemukan penyedia layanan VPN yang bisa diandalkan. Maka sahabat arena akan mengunduh lalu memasang di perangkat sahabat arena. Kemudian sahabat arena dapat mengaktifkan VPN dengan memilih sebuah server VPN yang sesuai dengan keinginan sahabat arena. Hal ini bertanda kalau sahabat arena sudah terhubung pada aplikasi VPN.

Jadi, bagaimana koneksi VPN bekerja? Begini caranya,

  • Aplikasi VPN yang ada di perangkat (komputer/smartphone, dll) sahabat arena akan mengenkripsi lalu lintas data sahabat arena.
  • Lalu mengirimkannya kepada server VPN dengan melalui sebuah koneksi yang lebih aman. Server VPN akan bertugas untuk memecahkan data sahabat arena yang sudah dienkripsi.
  • Server VPN akan membawa data yang sudah dipecahkan ke jaringan internet. Kemudian akan menerima semua lalu lintas itu kembali, hal ini akan diberikan kepada pengguna VPN sendiri.
  • Lalu lintas yang akan dikirimkan kepada pengguna merupakan lalu lintas yang sudah dienkripsi terlebih dahulu oleh server VPN.

Koneksi VPN mampu mengenkripsi data pengguna sehingga hal ini akan terhindar dari peretasan ataupun ISP yang ingin melacak dan melihatnya. Koneksi VPN yang aman akan menyediakan anonimitas untuk para pengguna, hal ini dikarenakan traffic internet pengguna akan dialihkan pada server VPN yang eksternal. Mengingat pengguna yang sering browsing ke internet dengan menggunakan alamat IP yang berasal dari server VPN. Hal ini bertujuan agar alamat IP yang asli dari para pengguna menjadi lebih aman karena mereka sudah menyembunyikannya.

Selanjutnya

Kemudian, biasanya lokasi serta identitas pengguna bisa diketahui oleh siapapun melalui IP address, hal ini dikarenakan alamatnya merupakan perwakilan dari koneksi internet pengguna itu sendiri. Oleh karena itu VPN yang digunakan oleh sahabat arena akan menyembunyikan alamat IP milik sahabat arena dan menggantikan dengan alamat IP yang berasal dari server VPN. Dengan demikian sahabat arena dapat melakukan kegiatan online tanpa dilihat oleh siapapun. Tentu saja browsing ke sebuah browser akan menjadi lebih aman jika menggunakan layanan VPN.

Aplikasi VPN biasanya bekerja dibelakang perangkat, baik itu smartphone atau tablet maupun komputer yang dimiliki oleh sahabat arena. Sahabat arena bisa berinternet seperti biasanya, namun sahabat arena akan merasakan perbedaan pada cara kerja perangkat sahabat arena.

Rekomendasi VPN yang Memberikan Akses Terbaik Untuk Anda

Jika sahabat arena sudah menikmati pembahasan tentang bagaimana koneksi VPN bekerja. Maka sahabat arena membaca tentang beberapa rekomendasi VPN yang bisa memberikan akses terbaik buat sahabat arena. Sebenarnya ada berbagai macam VPN yang dapat digunakan oleh sahabat arena, namun disini arena laptop hanya merekomendasikan 5 VPN. Berikut ulasannya.

1. NordVPN

NordVPN

NordVPN merupakan salah satu VPN yang teratas dari arena laptop, hal ini dikarenakan mereka mampu memberikan sebuah koneksi yang lebih aman di dunia internet. Jika sahabat arena memiliki data sensitif, maka NordVPN inilah yang cocok untuk digunakan oleh sahabat arena. Jika kita melihat pada situs resminya yang ada disini, dimana layanan NordVPN ini memiliki berbagai fitur keamanan yang bertujuan untuk mengamankan traffic sahabat arena. Jangan ragu untuk menggunakan layanan NordVPN ini, karena mereka telah menyediakan uang kembali apabila pelayanannya tidak sesuai dengan kemauan sahabat arena.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Pasti kita akan merasa kesal dengan kegiatan yang seringkali terjadi buffering. Nah, untuk solusi yang paling manjur sahabat arena bisa menggunakan layanan ExpressVPN. Layanan ExpressVPN ini sudah dicatat pada situs resminya sebagai aplikasi VPN yang paling cepat dan terpercaya. Dengan begitu sahabat arena dapat mengucapkan selamat tinggal buat buffering yang mengganggu sahabat arena.

ExpressVPN ini berlokasi di Britania Raya dan pada ExpressVPN terdapat 3000+ server yang ada di 90+ negara. Kemanapun sahabat arena akan pergi, tentu saja sahabat arena masih bisa menggunakan layanan ExpressVPN ini. Menguoload file ke sosial media bisa berjalan dengan lancar jika menggunakan ExpressVPN ini meskipun sahabat arena berada luar Indonesia. Klik disini untuk info lebih lanjut.

3. CyberGhost

CyberGhost VPN

Berinternet dengan layanan VPN CyberGhost juga tidak kalah menyenangkan. VPN CyberGhost cukup berbeda dengan layanan ExpressVPN yang hanya memiliki 3000+ server lebih di 90+negara. Dimana layanan CyberGhost ini telah menyediakan 5000+ server di 90+ negara yang sudah ditentukan oleh mereka. Sahabat arena bisa menikmati semua jenis konten ketika menggunakan layanan VPN CyberGhost ini.

Tidak tahukah sahabat arena layanan CyberGhost mampu membuka konten blokiran dengan cepat dan selalu aman. Sahabat arena tidak akan mengkhawatirkan lagi dengan data-data sensitif dan alamat IP yang dimiliki oleh sahabat arena. Karena mereka menjadi salah satu layanan yang dapat menghindarkan sahabat arena dari pelacakan dan pencurian. Sahabat arena bisa melihatnya disini apabila nasib belum percaya.

4. Private Internet Access

Private Internet Access VPN

VPN Private Internet Access atau bisa disingkat sebagai VPN PIA merupakan salah satu layanan yang memiliki akses terbaik dan cocok untuk dipake oleh sahabat arena. Sahabat arena bisa merasakan kenyamanan saat berinternet apabila berlangganan dengan layanan Private Internet Access. Kegiatan online sahabat arena akan menjadi pribadi, dengan begitu sahabat arena bisa terhindar dari pelacakan ataupun pencurian terhadap identitas sahabat arena. Tidak mengapa jika sahabat arena mencoba sambil mengunduh aplikasinya disini.

5. PrivateVPN

PrivateVPN

PrivateVPN merupakan rekomendasi yang terakhir apabila sahabat arena ingin mencari layanan VPN yang dapat memberikan koneksi terbaik di dunia internet. Dengan PrivateVPN maka sahabat arena bisa menjadi lebih aman dan lebih cepat saat berinternet. Keamanan mereka sudah tidak bisa diragukan lagi, karena mereka telah menyediakan enkripsi AES 256-bit.

Dengan enkripsi yang seperti ini, maka traffic atau kegiatan apapun yang dimiliki oleh sahabat arena bisa menjadi lebih aman. Namun sahabat arena harus membayarnya terlebih dahulu sehingga sahabat arena bisa mendapatkan keamanannya. Untuk soal harga dari PrivateVPN ini sahabat arena bisa melihat pada situs resminya. Klik disini agar sahabat arena bisa mengunjungi langsung ke situs resminya.

Penutup

Dengan demikian pembahasan saat ini yang mengenai bagaimana koneksi VPN bekerja, semoga sahabat arena bisa mendapatkan hikmatnya. Sahabat arena juga bisa menggunakan VPN dengan memilih salah satu dari kelima VPN yang sudah dibahas tadi diatas. Tentu saja sahabat arena akan merasa tetap aman dan bisa bisa berkegiatan dengan lancar di dunia internet.

ArenaLaptop Editor