Apa Itu Web Hosting?.. Berikut Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa itu web hosting? Pada umumnya web hosting dapat dikatakan sebagai layanan yang bisa memberikan kinerja baik dari suatu aplikasi ataupun website dengan melalui jaringan internet. Jika sahabat arena mendaftar dan berlangganan disebuah layanan web hosting. Sahabat arena bisa mendapatkan tempat penyimpanan untuk berbagai jenis data website sahabat arena, dari server yang dimiliki oleh layanan web hosting tersebut.

Apa Itu Web Hosting

Dengan hal ini, website milik sahabat arena bisa bekerja sepenuhnya dengan optimal. Disebabkan server dapat diartikan sebagai komputer fisik yang dapat dioperasikan tanpa adanya penghentian jam kerja sehingga website sahabat arena dapat dilihat kapan oleh berbagai orang. Pada umumnya, web hosting ditugaskan untuk melindungi website sahabat arena dari ancaman berbagai macam virus dan server akan tetap aktif serta berfungsi. Jadi, secara lengkap apa itu web hosting? Simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Web Hosting

Apa itu web hosting? Web hosting merupakan salah satu layanan yang memberikan ruangan pinjaman untuk suatu aplikasi ataupun website melalui jaringan internet. Secara umum, web hosting dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menyimpan serta menjalankan aplikasi atau website, pusat dari data email, data transfer ke FTP dan lain sebagainya.

Web hosting memiliki cara kerja yang sama dengan sahabat arena menyewa sebuah rumah mewah. Dimana sahabat arena harus membayar disetiap bulannya agar bisa mendapatkan server yang berfungsi penuh. Jika sahabat arena berlangganan pada layanan yang profesional dan berkualitas, biasanya server yang disediakannya tersedia sistem pendingin sehingga bisa bekerja selama 24 jam.

Bagaimana Fungsi dari Web Hosting?

Jika pembahasan diatas masih kurang jelas tentang apa itu web hosting, maka sahabat arena dapat memahaminya dengan cara mengetahui fungsi web hosting. Yang menjadi pertanyaan disini kenapa web hosting banyak sekali digunakan? Hal ini dikarenakan hosting dapat digunakan untuk website sahabat arena, agar bisa menjadi lebih mudah dalam mengolah dan mengoperasikan website.

Nah, dengan adanya penghostingan, maka server dari website sahabat arena tidak mudah untuk down. Dengan begitu, setiap pengunjung website dapat mengunjungi website tersebut dengan cara yang mudah serta lancar. Tentu saja fungsinya sangat bermanfaat untuk sahabat arena, apalagi sahabat arena memiliki website yang bertujuan untuk menjual produk bisnis sahabat arena.

Jenis-jenis Web Hosting

Gimana? Apakah masih kurang jelas tentang apa itu web hosting? Sahabat arena dapat mengetahui lebih jelas dengan memahami berbagai jenisnya. Web hosting memiliki jenis-jenis yang berbeda jenis-jenisnya meliputi Shared Hosting, VPS, Dedicated Server, Cloud Hosting dan Colocation Server. Untuk penjelasan yang lebih jelas mengenai jenis-jenisnya, sahabat arena bisa baca dan simak pada ulasan berikut ini.

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan sebuah hosting yang dapat bekerja apabila sahabat arena telah berlangganan terlebih dahulu. Namun, sahabat arena harus tahu kalau shared hosting menyediakan budget yang terjangkau dan sangat cocok bagi sahabat arena yang memiliki buget minim. Mereka bekerja untuk melakukan pembagian terhadap sumberdaya RAM dan juga CPU.

2. VPS atau Virtual Private Server

VPS umumnya hampir sama dengan jenis yang pertama, tapi hanya saja Virtual Private Server ini menyediakan sumberdaya dengan kualitas yang lebih tinggi. Jika shared hosting membagikan, maka dengan VPS sahabat arena tak perlu membagikan dengan beberapa klien yang lainnya. Jika sahabat arena memiliki jumlah pengunjung yang banyak, maka cobalah untuk menggunakan VPS.

3. Dedicated Server

Dedicated server merupakan salah satu jenis yang mirip dengan konsep dari jenis shared hosting. Dalam hal ini hanya tersedia sebuah server yang dapat digunakan. Akan tetapi, dedicated juga memungkinkan kalau satu website dapat menggunakan satu server. Hal ini berarti sahabat arena tidak perlu untuk melakukan pembagian dengan beberapa situ lainnya.

4. Cloud Hosting

Jenis hosting yang selanjutnya, yakni cloud hosting. Pada umumnya cloud hosting telah menyediakan berbagai macam server. Setiap server yang dimilikinya telah di desain sehingga bisa terhubung dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian performa dari situs web bisa tetap terjaga. Dengan adanya cloud hosting, maka sahabat arena tidak akan khawatir dengan kualitas server dan keterbatasan sumberdaya.

5. Colocation Server

Colocation server menjadi salah satu jenis yang mirip dengan  jenis dedicated server. Dimana perbedaannya hanya terlihat dari kepemilikan serta penempatan server. Jika jenis dedicated server telah dimonitoring ataupun disediakan oleh layanan dari hosting. Maka colocation server wajib menyediakan suatu server sendiri, dan nantinya ini akan dijadikan sebagai tempat atau monitor oleh penyedia hosting tersebut.

Kenapa Menggunakan Web Hosting?

Dari penjelasan diatas, sahabat arena dapat artikan sendiri tentang apa itu web hosting. Dimana web hosting sangat cocok dan harus digunakan oleh pemilik situs web. Namun, kenapa kita harus menggunakan web hosting? Disebabkan website tidak bekerja apabila tidak menggunakan hosting.

Jika sahabat arena ingin memiliki website, langkah pertama adalah sahabat arena harus mengetahui tentang apa itu web hosting. Pastikan sahabat arena memahami betul dengan hosting, hal ini agar impian dari website sahabat arena dapat menjadi kenyataan.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik Saat Ini

Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting, berikut ini akan kami rekomendasikan Web Hosting terbaik. Silahkan disimak.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari arena laptop. Dimana dengan adanya Siteground, maka website sahabat arena tidak mudah untuk down pada saat proses transfer berlangsung.  Apakah transfer website di Siteground gratis? Ya, tentu saja sahabat arena dapat mentransfer websitenya pada Siteground dengan cara yang gratis tanpa biaya apapun.

Bagaikan dengan kecepatan dan keamanannya? Tentu saja ini sudah disiapkan oleh mereka. Dimana Siteground mengklaim bahwa mereka memiliki nilai tertinggi yaitu kepuasan dari setiap pelanggannya. Pada umumnya layanan Siteground dioperasikan oleh Google Cloud. Jadi, sahabat arena tak perlu ragu dengan berbagai fitur maupun fasilitas yang telah disediakannya. Klik disini untuk info lebih lanjut.

Periksa Situs Web

2. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

A2Hoting merupakan salah satu layanan yang terbaik saat ini. Sahabat arena bisa mendapatkan pelayanan yang mantap dari mereka. Banyak keuntungan yang bisa didapati oleh sahabat arena saat menggunakan layanan A2Hosting ini. Salah satu keuntungannya, sahabat arena bisa mendapatkan kecepatan yang terjamin. Sudah terbukti, bahwa mereka menjadi layanan yang memiliki load time yang cepat.

Selain itu, keamanannya juga sangat terjamin, dimana mereka telah memiliki sertifikat SSL dalam mengamankan website yang menggunakan protokol https://. Jika sahabat arena ingin melihat info lebih lanjut, sahabat arena bisa lihat disini.

Periksa Situs Web

3. BlueHost

Bluehost Web Hosting

Siapa yang tidak mengetahui dengan layanan hosting dari BlueHost. Dimana layanan BlueHost tercatat sebagai layanan yang memiliki banyak pengguna. Pelayanan yang disediakannya tidak mau kalah dengan beberapa layanan hosting terbaik. Hanya saja, sahabat arena harus berlangganan terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan seluruh fasilitas yang disediakannya.

Jika sahabat arena takut dengan kerugian, melalui BlueHost sahabat arena bisa mendapatkan uang jaminan kembali selaam 30 hari. BlueHost mengklaim juga bahwa mereka mampu menyediakan nama domain yang gratis selama satu tahun. Menurut arena laptop, kekurangan dari BlueHost adalah layanannya berbasis premium. Klik disini untuk melihat informasi yang lebih lengkap dari BlueHost.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

HostGator adalah rekomendasi layanan hosting yang terakhir dari arena laptop. Meskipun rekomendasi terakhir, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa mereka memiliki kecepatan dan keamanan yang kurang baik. HostGator merupakan layanan yang tertua dan terbesar di industri. Jika BlueHost menyediakan uang jaminan 30 hari, maka HostGator memiliki uang pengembalian selama 45 hari.

Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa HostGator bisa melebihi dari beberapa layanan hosting lainnya. Layanan HostGator menawarkan budget yang mampu menghemat isi dompet dari sahabat arena. Jadi, layanan inilah yang sangat cocok untuk sahabat arena yang memiliki budget minim. Ingin mencobanya? Klik disini untuk berlangganan pada HostGator.

Periksa Situs Web

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Apa Itu Web Hosting. Semoga Artikel kali ini dapat membantu kebutuhan informasi sahabar arena.

ArenaLaptop Editor