7 Tips Sehat Menggunakan Laptop Sehari – Hari Yang Wajib Kamu Ketahui

ARENALAPTOP.COM — Dewasa ini, pengguna perangkat elektronik khususnya laptop semakin meningkat. Banyak alasan mengapa orang – orang banyak menggunakan laptop, mulai dari untuk kebutuhan kerja, hiburan, ataupun kebutuhan lain seperti menyelesaikan tugas – tugas dan juga bermain games. Semakin sering penggunaan laptop untuk kebutuhan sehari – hari kita dan tak jarang dalam jangka waktu penggunaan yang lama, meyebabkan banyak keluhan yang tanpa kita sadari berasal dari cara penggunan yang tidak benar. Mulai dari kita sering merasakan sakit pada mata, ataupun badan merasa pegal – pegal. Untuk mengurangi dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan atau cara pemakaian yang salah, maka saya akan memberikan sedikit tips sehat mengoperasikan laptop sehari – hari. Lagsung saja kita intip satu – persatu tipsnya :

  1. Posisi Duduk Yang Benar

  2. Posisi Duduk Yang Benar Menggunaka Laptop

    Posisi duduk sangat penting diperhatikan, usahakan menempatkan layar laptop sejajar dengan mata, ini untuk mengurangi posisi kita menjadi membungkuk. Sebisa mungkin tempatkan laptop pada meja, jangan sering – sering memangkunya, karena pada saat laptop kita pangku panas dan radiasi yang keluar dari laptop dapat menggangu kesehatan kita. Gunakan kursi yang dapat diatur sehingga lebih membuat kita nyaman saat duduk menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama. Bila kondisi duduk keliru, maka dampaknya adalah pinggang menjadi taruhannya. Pinggang akan sering nyeri bila hal keliru itu sering dilakukan terus menerus.

    Dan juga jangan menggunakan laptop dengan posisi tengkurap. Saya sering melihat teman-teman menggunakan laptop dengan posisi ini. Dengan kepala diletakkan pada bantal. Setelah saya coba posisi tersebut, beberapa menit leher saya sakit. Nah berarti posisi tersebut nggak baik buat leher kita.

  3. Atur Tingkat Kecerahan Layar

  4. Atur kecerahan atau contrass pada layar monitor, karena constrass yang terlalu cerah ataupun terlalu gelap meyebabkan mata bekerja lebih ekstra untuk dapat melihatnya, efeknya menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Selain itu, layar terlalu terang juga mengakibatkan baterai laptop cepat habis (baca: Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Habis). Nah, selain sehat juga bisa menghemat baterai bukan.

  5. Gunakan Mouse

  6. Pada laptop biasanya sudah dilengkapi dengan yang namanya touchpad, yang fungsinya juga sama dengan mouse. Tetapi dalam jangka waktu penggunaan yang lama penggunaan touchpad yang berlebihan menyebabkan lelah terutama pada bagian pergelangan tangan. Mouse di desain lebih nyaman, dengan begitu penggunaan dalam waktu lama tidak terlalu menyebabkan lelah atau bahkan sakit pada tangan secara berlebihan. Mouse pun beragam ukurannnya, usahakan jangan membeli yang terlalu kecil. Karena sama saja bila mouse yang Anda gunakan terlalu kecil dari ukuran telapak tangan Anda, maka juga dapat menyebabkan pergelangan tangan cepat lelah.

  7. Pasang Screen Protector

  8. Pemasangan screen protector dapat mengurangi jumlah radiasi yang dipaparkan oleh layar monitor laptop ke mata, sehinggga dapat mengurangi dampak buruk yang dapat terjadi pada mata karena paparan sinar bluelight tersebut. Screen Protector itu untuk murahnya. Untuk yang lebih baik lagi Anda dapat menggunakan kacamatan khusus untuk meredakan sinar biru tersebut. Biasanya di toko optik sudah disediakan. Dengan menggunakan kacamata tersebut, dapat mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama di depan layar laptop.

  9. Sering – Seringlah Berkedip, Tapi Jangan Terlalu Sering Juga :D

  10. Terkadang hal sepele yang sering kali lupakan adalah kita terlalu fokus menatap layar monitor laptop, sehingga jumlah kedipan mata yang terjadi menjadi lebih sedikit dibanding normalnya. Padahal saat berkedip secara tidak langsung mata terlumasi, ini sangat penting untuk menjaga mata agar tidak kering. Atau bila Anda galau, boleh kok dicoba sambil menangis. :p

  11. Lakukan Peregangan

  12. Dalam penggunaan laptop yang lama, meyebabkan otot – otot menjadi menegang, dengan begitu sebaiknya lakukan peregangan pada otot – otot yang dirasa kaku. Lakukan perengangan sekitar 30 menit sampai satu jam sekali. Sederhana saja, seperti menolehkan kepala ke kiri maupun ke kanan. Ke atas maupun ke bawah. Sederhana memang, namun efeknya cukup lumayan membantu. :)

  13. Istirahatkan Mata

  14. Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling mudah lelah, dengan begitu jangan memaksakan mata untuk terus – menerus bekerja, istirahatkan mata sekitar 30 menit sekali dengan cara memalingkan pandangan dari layar monitor, kemudian bisa dengan melihat objek jauh kemudian dekat secara terus – menerus selama sekitar 30 detik misalnya objek yang berada di luar ruangan. Hal ini dapat membantu merilekskan mata yang lelah. Atau coba lihat daun – daun yang berwarna hijau segar. Bila tidak ada daun, boleh juga jika ada cewek cantik lewat, tatapin dah tuh terus sampai mata seger. :D

Dengan tata cara penggunaan laptop yang benar, dapat mengurangi dampak negatif yang dapat dirasakan oleh tubuh kita seperti sakit pada bagian leher, pegal – pegal, sakit mata, atau bahkan dapat menyebabkan mata menjadi minus. Untuk mencegah semua itu, penggunaan yang tetap dapat menjadi cara yang ampuh untuk tetap menjadikan tubuh kita sehat. Sekian dulu tips yang dapat saya berikan, kita sambung lagi pada tips – tips menarik selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik