Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Tutorial cara menjadikan laptop sebagai hotspot untuk handphone dengan software dan tanpa software simpel dan mudah. Ingin membagi koneksi internet sobat dari laptop ke HP? Di aktivitas harian kita kebutuhan internet menjadi krusial kan gaes?. Tak cukup laptop atau komputer saja, namun smartphone yang menemani aktivitas harian kita aja pasti membutuhkan juga. Cara membuat hotspot di laptop juga tidak begitu sulit kok sobat. Katakanlah laptop yang sobat punya terkoneksi dengan internet, lalu sobat ingin menjadikannya sebagai hotspot agar perangkat lain bisa terhubung ke internet juga — hal ini sangat bisa untuk dilakukan.

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Tentunya ada beragam metode yang bisa Sobat coba untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot. Dalam artikel ini ada dua cara utama yang dijelaskan, dengan atau tanpa software. Ada kegunaan menjadikan laptop sobat sebagai Wifi hotspot pribadi. Jika anda internetan menggunakan SSH, yang notabene kecepatannya lebih kenceng daripada ISP di Indonesia, nah kan jadi mubazir kalo koneksi yang kenceng kek gitu hanya bisa dinikmati untuk laptop saja. Lebih baik anda share koneksi tersebut sehingga keluarga, teman ataupun pacar anda di rumah yang memiliki gadget dengan dukungan Wifi bisa ikut menikmati internet.

Bagi sobat yang pengen tahu bagaimana melakukannya, berikut ini adalah cara membuat hotspot di laptop sobat:

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Dengan Mudah

Tanpa Menggunakan Software

1. Cara menjadikan laptop sebagai hotspot terbilang mudah, contohnya di Windows 10. Hal ini karena Microsoft sudah menyediakan opsi untuk sharing koneksi Internet. Caranya sobat buka Setting > Network & Internet > Mobile Hotspot > lalu ubah opsi ke sisi.

Setting Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Sobat bisa mengubah detail nama WIFI dan Passwordnya dengan klik Edit, kemudian ubah isi sesuai keinginan sobat.

mengubah detail nama WIFI

Kini hotspot sobat siap untuk digunakan untuk terhubung ke perangkat lainnya.

sudah bisa terhubung

sudah bisa terhubung

2. Cara manual kedua yaitu menggunakan Command Promt

  • Buka Command Prompt ( pastikan masuk sebagai administrator )
  • Setelah jendela terbuka maka ketikan perintah berikut dan enter

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaWifiSobat key=PasswordWifiSobat

  • Ganti SSID dan Password sesuai keinginan sobat. Tekan Enter hingga muncul The hosted network started.

Command Prompt Admin

  • Kemudian buka Control Panel > Network and Sharing Center > Network Connection.

Klik kanan pada jaringan sobat yang terhubung. Lalu pilih properties.

properties

  • Klik pada tab Sharing, lalu centang bagian Allow other network users to connect through this computer’s internet connection.

tab Sharing

  • Pada bagian Home networking connection, arahkan ke driver Virtual Network Wifi yang sudah Anda aktifkan tadi

driver Virtual Network Wifi

  • Klik Ok dan coba deteksi dengan perangkat lainnya.

 

Menggunakan Bantuan Software

Tutorial kedua yang akan dibahas yaitu cara menjadikan laptop sebagai hotspot adalah dengan menggunakan software. Disini saya mencontohkan dengan menggunakan Baidu Hotspot Wifi.

  • Install baidu hotspot dan Net Framework v.3.5 – v.4.5 yang dibutuhkan. Menginstallnnya sangat mudah, sobat hanya perlu klik dan klik install, next, yes I agree, ok.
  • Kemudian, buka aplikasinya Hotspot WiFi Baidu.
  • Klik dapatkan wifi gratis. Dan taraaa Wifi siap digunakan untuk berbagi koneksi ke perangkat lain. Untuk SSID dan password, keduanya bisa diganti sesuai keinginan sobat.
  • Di baidu browser juga sobat bisa membuat daftar hitam bagi pengguna yang tidak sobat inginkan loh. Karena sudah ada fiturnya, jadi Cuma itu caranya. Jadi simpel aja ya.

Share WiFi Dengan Baidu

 

Selain Baidu, Anda juga bisa menggunakan mHotspot. Sangat simpel banget kok caranya. Itu tadi sobat beberapa cara menjadikan laptop sebagai hotspot. Semoga bermanfaat dan berhasil ya! :D

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik