10 Laptop untuk Android Studio Terbaik dan Paling Laris

Android studio merupakan software yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Nah, bagi Sahabat Arena yang berminat untuk membuat aplikasi android atau bahkan bekerja di bidang tersebut, tentunya aplikasi Android Studio ini akan sangat membantu. Sebenarnya banyak software serupa yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile, namun Android Studio menjadi pilihan yang tepat karena memilik banyak keunggulan. Salah satunya, software tersebut memiliki banyak fitur yang mudah digunakan. Selain itu, laptop yang digunakan untuk menjalankan software tersebut membutuhkan spesifikasi yang tidak terlalu berat. Lalu, seperti apa spesifikasi minimum laptop untuk android studio? Berikut penjelasan singkatnya.

Laptop Untuk Android Studio

Prosesor

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih laptop yang digunakan untuk software android studio adalah prosesor yang digunakan laptop tersebut. Sebab, prosesor akan mempengaruhi performa laptop. Nah, jika ingin menggunakan laptop untuk kebutuhan menjalankan software seperti android studio, sebaiknya cari laptop dengan prosesor yang digunakan minimal Intel Core i5. Dibandingkan Core i3, prosesor i5 memiliki kinerja yang lebih cepat ketika menjalankan software tersebut.

Kapasitas Memori dan Harddisk

Laptop yang digunakan untuk programming sebaiknya memiliki memori RAM minimal 4GB atau lebih besar dari itu. Karena semakin besar memori RAM yang tersedia, tentunya semakin baik dan semakin cepat kinerja laptop dalam menjalankan software android studio. Selain itu, untuk kapasitas harddisk, Sahabat Arena bisa memilih laptop untuk android studio dengan kapasitas harddisk minimal 500GB. Jika memungkinkan, bisa memilih laptop dengan penyimpanan berupa solid state drive (SSD) untuk kinerja yang lebih cepat.

Sistem Operasi

Sistem operasi mana pun sebenarnya bisa digunakan untuk menjalankan android studio. Hanya saja, jika ingi membuat aplikasi untuk produk Apple, tentunya sistem operasi yang digunakan bias macOS ataupun OS X. Begitu juga jika ingin membuat aplikasi berbasis Windows, maka OS yang digunakan harus sesuai. Jadi, dalam memilih sistem operasi, pilih laptop dengan sistem operasi yang sesuai dengan produk yang ingin dibuat.

Untuk mengetahui apa saja laptop yang memenuhi kriteria untuk menjalankan software android studio atau sejenisnya, 10 laptop berikut ini bisa Sahabat Arena jadikan pilihan.

10 Laptop untuk Android Studio Terbaik dan Paling Laris

1. MacBook Air MQD32

Apple MacBook Air

Laptop milik Apple yang satu ini bisa Sahabat Arena jadikan pilihan untuk membuat aplikasi mobile menggunakan android studio. Untuk performanya, Macbook Air MQD32 tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Laptop Apple ini telah dilengkapi prosesor Inte i5 dual core, penyimpanan SSD berkapasitas 128GB, dan RAM 8GB yang dapat mendukung kebutuhan multitasking. Untuk lebih jelasnya, Sahabat Arena bisa kunjungi link berikut.

2. Apple MacBook Pro

Apple MacBook Pro

Selain MacBook Air, Apple MacBook Pro juga menjadi laptop keluaran Apple lainnya yang dapat diandalkan untuk membuat aplikasi mobile melalui software android studio. Salah satu keunggulan laptop Apple ini adalah besarnya kapasitas RAM yang disediakan, yaitu hingga 16GB. Dengan demikian, tidak heran jika Apple MacBook Pro ini masuk dalam rekomendasi laptop untuk android studio. Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa dilihat di sini.

3. Dell Inspiron 15-7567

Dell Inspiron 15-7567

Laptop berikutnya merupakan produk buatan perusahaan Dell. Laptop ini mengusung spesifikasi yang dapat diandalkan untuk menjalankan software android studio dengan lancar. Spesifikasinya antara lain, prosesor Intel Core i7, HDD 500 GB + SSD 128GB, dan RAM jenis DDR4 berkapasitas 8GB. Spesifikasi lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

4. Dell XPS 13

Dell XPS 13

Dell XPS 13 bisa menjadi pilihan yang tepat jika Sahabat Arena memiliki mobilitas tinggi. Selain mengusung spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan software android studio, laptop Dell ini mengusung desain convertible dengan bobot sekitar 1,8kg dan 17mm untuk ketebalannya. Spesifikasi lengkap Dell XPS 13 bisa dilihat di sini.

5. HP Pavilion 14 X360

HP Pavilion 14 X360

Jika Sahabat Arena mencari laptop yang dapat diandalkan untuk menjalankan android studio dengan desain yang menarik, HP Pavilion 14 X360 bisa menjadi pilihan yang sesuai. Laptop ini mengusung desain yang terlihat elegan, namun tetap memiliki kinerja yang mumpuni. Dengan prosesor Intel Core i7 dan RAM 8GB, dan penyimpanan 1 TB HDD + 128 GB SSD, HP Pavilion 14 X360 sudah mendukung kebutuhan pembuatan aplikasi mobile. Untuk lebih jelasnya, Sahabat Arena bisa kunjungi link berikut.

6. HP Envy 13

HP Envy 13

Performa yang luar biasa menjadi salah satu keunggulan dari laptop HP seri Envy 13 ini. Hal tersebut berkat dukungan prosesor Intel dual core i7 dengan kecepatan 2,7GHz dan turbo boost mencapai 3,5GHz. Tidak hanya itu, laptop untuk android studio ini juga dilengkapi RAM berkapasitas 8GB. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, silakan kunjungi link berikut.

7. HP Spectre X360

HP Spectre X360

HP Spectre X360 diklaim sebagai laptop tertipis di dunia. Tidak hanya itu, laptop yang resmi dirilis tahun 2017 ini memiliki beragam kelebihan. Baterai yang dapat bertahan hingga 16 jam lebih menjadi salah satu kelebihan dari laptop besutan HP ini. Dengan demikian, Sahabat Arena tidak perlu sering mengisi baterai laptop ini dan tentunya aktivitas pembuatan aplikasi menggunakan laptop ini tidak akan terganggu dengan baterai yang cepat habis. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

8. Asus Vivobook Pro 15

Asus Vivobook Pro 15

Laptop untuk android studio berikutnya merupakan salah satu laptop yang dikategorikan sebagai laptop programming terbaik, yaitu Asus Vivobook Pro 15. Laptop Asus yang satu ini didukung prosesor Intel Core i7, RAM 8GB, penyimpanan SSD berkapasitas 128GB, dan sistem operasi Windows 10. Dengan spesifikasi yang diusungnya, laptop Asus ini mampu menjalankan kebutuhan multitasking dengan lancar. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, silakan kunjungi link berikut.

9. Acer Aspire E5-476G

Acer Aspire E5-476G

Acer Aspire E5-476G bisa dijadikan alternatif bagi Sahabat Arena yang memiliki budgt terbatas. Harga laptop Acer ini dibanderol cukup murah, yaitu sekitar Rp8,5juta. Meski harganya terhitung murah, Acer Aspie E5-473G menawarkan performa yang tidak bisa dianggap remeh. Berbekal prosesor i5, RAM 4GB, dan grafis Nvidia Geforce MX150 menjadikan laptop Acer ini cukup diandalkan untuk kebutuhan pembuatan aplikasi mobile. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

10. Acer Aspire E5-473G

Acer Aspire E5-573G

Laptop untuk android studio berikut ini juga merupakan laptop Acer dari lini Aspire, namun dengan seri yang berbeda, yaitu E5-473G. Laptop Acer ini juga dibanderol cukup murah dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni. Untuk melihat spesifikasinya bisa dilihat di sini.

Nah, demikianlah sepuluh laptop yang bisa Sahabat Arena gunakan untuk menunjang kebutuhan pembuatan aplikasi android menggunakan software android studio. Laptop-laptop yang telah disebutkan di atas tentunya sudah memenuhi kriteria atau spesifikasi minimal laptop untuk android studio. Jadi, Sahabat Arena tidak perlu khawatir dengan spesifikasinya. Untuk kinerja yang lebih baik dan lebih cepat, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari spesifikasi minimal yang telah disebutkan di atas. Dan jika menggunakan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi, ada baiknya untuk  menggunakan emulator BlueStack. Oke, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

ArenaLaptop Editor