Apa Perbedaan VPS Dan Web Hosting?.. Berikut Ini Pembahasannya

Apa perbedaan VPS dan web hosting? Mungkin sahabat arena adalah orang yang paling tepat jika berada disini. Sebab, kali ini arena laptop akan memberikan pembahasan yang mengenai perbedaan VPS dan web hosting. Mungkin sahabat arena tidak asing dengan kedua hosting tersebut, terutama sahabat arena yang sudah mengenal dengan dunia hosting. Nah, agar kita tidak kebingungan dalam membahas tentang perbedaan VPS dan web hosting, maka sahabat arena dapat mencari tahu terlebih dahulu tentang pengertiannya. Bisa lihat dibawah ini untuk pengertiannya.

Perbedaan VPS Dan Web Hosting

Pengertian VPS

VPS atau Virtual Private Server yang merupakan suatu tipe server yang telah menggunakan teknologi virtualisasi dalam membagikan hardware server yang fisik hingga menjadi beberapa bentuk server virtual yang dihosting pada infrastruktur dengan kemampuan yang sama. Pada umumnya, server dari VPS ini hampir sama dengan Dedicated. Sedangkan harga yang akan ditawarkan oleh VPS ini biasanya mirip dengan Shared.

Setiap VPS bisa menjalankan sistem dari operasi yang penuh serta bisa di reboot dengan cara yang terpisah meskipun diinstal pada komputer yang terlihat sama secara virtual machine lainnya. Secara umum, setiap virtual machine terlihat mirip dengan suatu komputer yang sungguhan sehingga keamanan maupun privasi dari setiap klien bisa terlindungi dan terjaga.

Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah salah satu layanan yang akan menyediakan suatu tempat dalam menjalankan maupun menyimpan data penting dari sebuah website. Umumnya, data-data tersebut akan dibawah pada tempat pribadi atau data center (pusat data) yang dimiliki oleh sebuah layanan web hosting itu sendiri. Dalam hal ini, akan menimbulkan proses akses yang terbaik melalui koneksi internet.

Perlu diketahui kalau web hosting akan memperlancarkan jalannya lalu lintas dari website sahabat arena. Namun, pada intinya web hosting adalah salah satu tempat yang akan menyimpan berbagai jenis data website sahabat arena. Dengan begitu pengelolahan dapat berjalan dengan baik sehingga website sahabat arena akan mendapatkan pengoptimalan seluruh privasi terhadap data-data tersebut.

Jadi, Apa Perbedaannya?..

Jadi, apa perbedaan VPS dan web hosting? Jika kita lihat pengertian dari keduanya, dimana VPS (Virtual Private Server) merupakan server yang bisa dibagi hingga menjadi virtual server. Dengan begitu, para pengguna bisa menginstal OSnya sendiri. Sedangkan web hosting adalah tempat yang akan menyimpan seluruh data atau file yang dimiliki oleh suatu website.

Selain itu, perbedaan VPS dan web hosting bisa dilihat juga dari fungsi yang dimiliki masing-masingnya. Berikut inilah yang menjadi fungsi-fungsi dari mereka berdua.

Fungsi VPS

  • VPS memiliki fungsi untuk mengelola website sahabat arena yang mempunyai trafik tinggi.
  • Selain itu, VPS juga berfungsi untuk mengontrol secara penuh terhadap suatu website.
  • Pada umumnya, VPS memiliki fungsi yang bisa memperlancarkan proses kegiatan dari website yang terdiri atas data-data terbesar.
  • Fungsi dari VPS ini akan berfungsi untuk memberikan kontrol penuh pada server tanpa adanya batasan. Dalam hal ini, sahabat arena bisa mengontrol server dari manapun sahabat arena berada.
  • VPS berfungsi sebagai VPN yang akan digunakan pada saat mengamankan privasi dari website itu sendiri. Dimana VPS akan mengamankan suatu website saat bertukar data.

Fungsi Web Hosting

  • Jika sahabat arena ingin mendapatkan tempat penyimpanan yang aman buat website sahabat arena, maka web hosting akan berfungsi untuk mempersiapkan sebuah tempat yang dijadikan sebagai penampungan dari berbagai data website itu sendiri.
  • Web hosting akan berfungsi untuk redireksi dari suatu DNS.
  • Fungsi yang terakhir dari layanan web hosting ini adalah seabgai perlindungan akan terjadinya downtime dari sebuah website. Tentu saja ini sangat penting untuk kita sebagai seorang blogger atau pemilik website.

Rekomendasi Web Hosting Terbaik Dan Harga Terjangkau

Jika sahabat arena sudah mengetahui dengan keadaan dari perbedaan VPS dan web hosting, maka selanjutnya arena laptop akan memberikan penjelasan tentang rekomendasi web hosting untuk sahabat arena. Berikut ini yang menjadi pembahasannya.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground merupakan suatu jenis web hosting yang paling banyak diminati. Mungkin ini karena mereka memiliki fitur-fitur terbaik dengan harga yang dapat dijangkau sahabat arena. Mereka hadir dengan tingkat keamanan dan kecepatan yang terbaik untuk sebuah website dari sahabat arena. Jangan ragu untuk menggunakan layanan ini, karena mereka memiliki jaminan uang kembali buat sahabat arena.

Dengan adanya layanan Siteground ini, kemungkinan besar sahabat arena bisa mendapatkan akses yang lebih baik untuk website sahabat arena. Siteground menawarkan harga yang dapat dijangkau, mungkin bisa dibilang kalau mereka menyediakan harga yang paling murah saat ini. Bagi sahabat arena yang ingin melihat berapa harga yang ditawarkannya, maka cobalah untuk lihat disini.

Periksa Situs Web

2. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Website sahabat arena pernah mengalami buffering? Mungkin ini karena sahabat arena salah dalam memilih layanan web hosting terbaik. Untuk itu, arena laptop merekomendasi layanan A2Hosting ini untuk sahabat arena yang ingin mencari kecepatan terbaik. Mereka mengklaim bahwa kecepatannya sangat cepat, dan mereka juga menyediakan suatu server dengan tingkat kecepatan yang bisa mencapai 20X lebih cepat jika dibandingkan dengan layanan standar lainnya.

Selain cepat, A2Hosting ini juga telah memfasilitaskan beberapa sistem keamanan terbaik untuk suatu website dalam menghosting bersama A2Hosting. Berbagai pilihan paket yang disediakan oleh A2Hosting ini di banderol dengan harga yang terjangkau. Penasarankan dengan harganya? Nah, agar sahabat arena bisa melihat harga-harga yang ditawarkan oleh layanan A2Hosting ini, maka dapat diklik disini.

Periksa Situs Web

3. BlueHost

Bluehost Web Hosting

BlueHost menjadi rekomendasi terbaik untuk sahabat arena yang ingin merasakan suasana tercepat dan teraman saat mengakses website sahabat arena. Mereka juga telah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang akan membuat website dari sahabat arena bisa beraktivitas dengan baik. BlueHost ini sangat ramah dengan para pelangganannya, baik itu yang masih pemula maupun berpengalaman.

Mereka menyediakan dukungan fitur yang berupa 24/7 sehingga sahabat arena akan merasa nyaman dan akrab dengan layanan BlueHost ini. Melalui fitur tersebut sahabat arena akan mendapatkan respon yang lebih cepat saat menghubungi mereka. Hal ini dikarenakan mereka sangat ramah dengan para pengguna yang ada. Mungkin sahabat arena bisa lihat pada situsnya seperti yang ada disini agar sahabat arena bisa mengetahui informasi lainnya tentang BlueHost.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

HostGator ini menjadi rekomendasi terakhir dalam pembahasan kali ini, namun meskipun mereka menjadi rekomendasi yang terakhir. Tetapi, bukan berarti kalau mereka tidak cocok untuk sahabat arena. Layanan HostGator hadir dengan memfasilitaskan berbagai jenis pilihan paket menarik dengan harga yang berbeda-beda. Akan tetapi, disetiap paketnya terdiri atas harga atau budget yang bisa dijangkau sahabat arena.

Selain harga yang murah, HostGator ini juga menyediakan tampilan yang menarik sehingga setiap pelanggannya dapat mengakses dan berlangganan dengannya secara mudah. Bagi sahabat arena yang ingin mencari layanan web hosting terbaik dengan fasilitas yang bertingkat tinggi, maka cobalah untuk berlangganan dengan layanan HostGator ini disini.

Periksa Situs Web

Penutup

Gimana dengan pembahasan hari ini?.. Jika sahabat arena merasa tertarik untuk menggunakan sebuah jenis layanan web hosting, maka cobalah untuk menggunakan salah satu dari keempat layanan diatas. Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai perbedaan VPS dan web hosting, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat ya…

ArenaLaptop Editor