Spesifikasi dan Harga Asus UX305CA Intel Core M Skylake

Dengan bangga ditulis oleh: Riko Rahmanto

Harga Asus UX305CA – Informasi spesifikasi lengkap dan harga Asus UX305CA Zenbook. Sejak pertama kali kemunculannya, seri ZenBook dari Asus sudah mendapat perhatian tersendiri dari berbagai macam pihak. Asus sendiri memposisikan ultabook seri ZenBook mereka sebagai laptop kelas premium dengan dimensi sangat ramping dan penampilang yang elegant. Walaupun ditunjang “tampang” menawan, modal itu saja sepertinya belum cukup untuk memenangkan persaingan di segmen ultrabook kelas mainstream. Selain desain, spesifikasi yang handal juga merupakan satu paket yang harus ada untuk bisa bersaing di segment pasar ini. Setidaknya ultrabook tersebut mampu menjalankan berbagai macam skenario komputasi. Mulai dari hal yang ringan seperi kebutuhan office, menonton film atau kegiatan hiburan lain. Menjalankan program – program fungsional lain, hingga menjalankan game kelas menengah.

Selain kedua hal tadi yaitu desain dan spesifikasi yang mumpuni. Ada satu hal lagi hal yang perlu dipertimbangkan guna megokohkan posisi Asus ZenBook menjadi ultrabook paling prestisius, hal yang saya maksud adalah kapasitas baterai. (Baca : Spesifikasi Dan Harga ZenBook 3). Kapasitas baterai yang besar dan konsumsi daya yang kecil, akan membuat masa pakai ultrabook ini menjadi tahan lama. Dengan demikian akan sangat membuat nyaman pengguna dengan mobilitas sangat tinggi. Melihat semua aspek tadi, rasa – rasanya Asus sudah memikirkannya dengan sangat baik.

Melalui salah satu produk dari seri ZenBooknya, yaitu Asus ZenBook UX305CA, Asus berusaha menghadirkan semua hal yang bisa menjadikan ultrabook ini menjadi yang terbaik. Mulai dari merancang desain bodi yang sangat ramping. Bobot ringan, desain modern dan elegant. Serta tidak lupa jeroan yang bakal siap diadu denagn ultrabook lain dan juga konsumsi daya yang efisien. Gimana ? mantep kagak, hehehe. Daripada penasaran seperi apa wujud dan spesifikasi dari Asus ZenBook UX305CA itu sendiri. Yukk kita intip ulasannya dibawah.

Desain Dan Dimensi Menawan

Asus ZenBook UX305CA

Mengingat Asus ZenBook UX305CA ini masuk dalam jajaran ultrabook, maka desain yang disusung pun dibuat seramping dan sedinamis mungkin. Kerampingannya terlihat dari dimensi bodi yang diusungnya. (Baca : Daftar Harga Asus ZenBook UX305 Terbaru). Total dimensi yang diusung yaitu 32,4 cm x 22,6 cm x 1,23 cm. Dari desain yang sangat tipis ini berdampak pada berat dari Asus ZenBook UX305CA. Berat yang diusung kurang lebih hanya 1.23 Kg saja. Dengan dimensi yang tipis, serta bobot yang sangat ringan ringan ini. Membuat ultrabook ini sangat nyaman ketika dibawa bepergian, karena akan sangat mudah dimasukkan kedalam tas atau softcase dan tentunya tidak akan terlalu memakan ruang.

Untuk urusan durabilitas, Asus ZenBook UX305CA memiliki tingkat durabilitas yang baik. Karena bodinya sendiri dibuat dari bahan alumunium yang ringan namun sangat kokoh. Hal in yang membuatnya terlihat sangat stylish dab juga kokoh. Hal ini juga yang menjadi kelebihan ultrabook Asus UX305CA jika dibanding ultrabook lain yang masih menggunakan bahan material plastik untuk bodinya.

Display Dan Grafis Yang Nyaman

Asus ZenBook UX305CA

Asus ZenBook UX305CA sendiri dibekali dengan layar seluas 13.3 inchi dengan eknologi In-Plane Switching atau IPS. (Baca : Langkah Ampuh Merawat LCD Laptop Agar Awet). Dan resolusi maksimal yang dapat didukung adalah 1920 x 1080 piksel. Pengaplikasian teknologi IPS pada permukaan matte layar Asus ZenBook UX305, membuat ultrabook ini menjadi aman dari cahaya ambient, serta tampilannya terlihat sama baik dari berbagai sisi dan sudut pandang.

Untuk menunjang tampilannya menjadi lebih Wah. Asus ZenBook UX305CA mengandalkan grafis bawaan dari processor Intel Core M 6Y30. Processor grafis yang terintegrasi ini adalah Intel HD Graphic 515 yang berjalan pada frekuensi 200 MHz hingga 1000 MHz. Intel HD Graphic 515 sendiri merupakan seri lanjutan dari Intel HD Grapic 5300 pada processor Broadwell. Kartu grafis ini terbilang cukup jika untuk mejalankan aktivitas non-gaming, dan jika performanya diukur perbandingan yang paling sepadan adalah dengan kartu grafis AMD Radeon HD 6570M. ( Baca : Daftar Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis).

Hardware Berkelas

Sebagai sebuah ultrabook premium, Asus ZenBook UX305CA tentunya tidak mau sembarangan dalam memilih hardware yang digunakan. Pada bagian pemrosesan, Asus UX305CA menggunakan processor Intel Core M 6Y30 yang memiliki kecepatan 1.2G Hz. Kecepatan dari processor masih dapat ditingkatkan hingga menyentuh angka 3.1 GHz menggunakan teknologi Turbo Boost. Intel Core M 6Y30 sendiri merupakan processor Intel generasi keenam dengan basis arsitektur Skylake. Dan menggunakan fabrikasi berskala 14 nm, dan ditunjang dengan Smart L3 Cache sebesar 4MB.

Keunggulan yang sangat terlihat dari processor ini adalah pada konsumsi daya yang digunakan. Konsumsi dayanya tergolong sangat rendah, dengan nilai TDP 4.5W, dan maksimal TDP sebesar 7W. Efisiensi daya inilah yang membuat kapasitas daya dari Asus ZenBook UX305CA terasa awet, walaupun kapasitas baterainya tidaklah terlalu besar. Untuk menunjang tugas multitasking dengan baik, memori sebesar 4GB jenis DDR3-1600 digunakan pada ultrabook ini. (Baca : Daftar Harga Laptop RAM 4GB Termuah, Paling Update). Namun sayangnya jenis memori yang digunakan adalah memori on-board. Sehingga tidak dimungkinkan untuk melakukan upgrade kapasitas memori lagi. Di sektor penyimpanan data, Asus ZenBook UX305CA mengandalkan SSD Micron M.2 2800 dengan kapasitas 128GB. Interface yang dipakai untuk SSD jenis ini adalah PCI-e, sehingga akan memberikan performa yang lebih kencang dibanding dengan SSD SATA jenis biasa.

Konektivitas Cukup Lengkap

Asus ZenBook UX305CA

Pada bagian konektivitas, ada beberapa pengurangan dibanding dengan laptop standart kebanyakan. Asus ZenBook UX305CA hanya menggunakan satu buah konektivitas untuk jaringan, yaitu Intel Wireless AC 7265 yang dipadankan dengan adapter Bluetooth 4.0. Tiadanya port RJ45 dan adapter Gigabit LAN mungkin disebabkan karena desain dari Asus ZenBook UX305CA yang benar – benar tipis. Sehingga menyulitkan dalam pemasangan port RJ45 standart karena masalah ukuran. Sedangkan untuk konektivitas display eksternal menggunakan port HDMI, tanpa ada tambahan port D-Sub ataupun Display Port. Untuk terkoneksi dengan perangkat eksternal lain seperti smartphone, flashdisk, ataupun harddisk eksternal. Asus ZenBook UX305CA mengandalkan tiga buah USB port 3.0.

Spesifikasi ASUS Zenbook UX305CA

Ukuran (L x W x H mm) 324 x 226 x 12.3 mm
Berat 1.2 Kg
Warna Rose Gold, Royal Blue dan Quarzt Gray
Tipe Grafis Intel HD Graphics 515
Ukuran Layar 13.3″ Full HD
Tipe Layar Layar IPS LCD dengan LED
Resolusi Layar 1920 x 1080 pixel
OS Windows 10 Home x
CPU Intel Core M 6Y30 Processor
Memori/RAM 4 GB LPDDR3 1866 MHz Onboard
Drive Optik Tidak
Touch Screen Tidak
Storage SSD 128GB
Speaker ICEpower
Koneksi Bluetooth, WiFi
Kamera HD 720p CMOS module
IR Camera
HDMI Ya
Keamanan USB Security Lock Cable Solution
Slot 1 x COMBO audio jack
3 x USB 3.0
1 x AC Adapter
Battery 45 Whrs Polymer Battery

 

Harga ASUS Zenbook UX305CA

Harga Baru: Rp. 10.299.000,-
Harga Bekas :-

 

Artikel Terkait :

Harga Laptop Asus ZenBook UX305

Harga Asus ZenBook 3 UX390UA

Harga Laptop Asus A456UR Skylake

Harga Asus ZenBook 3

Memilih ultrabook semacam Asus ZenBook UX305CA tentunya cukup menguntungkan jika dilihat untuk jangka waktu pemakaian lama. Selain dari segi durabilitas yang baik, bulid qualitynya pun cukup menjanjikan. Apalagi melihat desain yang elengant seperti itu, tentu belum akan terlihat ketinggalan jika kita masih menggunkan ultrabook ini dalam beberapa tahun kedepan. Jadi gimana ? sudah siap mencicipi si cantik satu ini belum, hehe :D. Ngomong – ngomong sudah dulu yaa, pegel juga nulisnya dari tadi, nanti disambung di artikel selanjutnya, terimakasih sudah berkunjung ke ArenaLaptop, dadah :D.