Spesifikasi dan Harga Xiaomi Notebook Air 2017 Core i5

Harga Xiaomi Notebook Air – Spesifikasi lengkap dan Harga Laptop Xiaomi Notebook Air terbaru. Informasi spesifikasi, review dan harga Laptop Xiaomi Notebook Air 2017. Pada bulan maret tahun lalu, Apple mulai menghidupkan kembali jajaran MacBook mereka setelah absen selama lima tahun. Usut punya usut, generasi dari laptop yang mempunyai ukuran layar 12 inchi tersebut akan menggantikan jajaran MacBook Air ( Baca : Harga MacBook Air ) yang sudah berusia delapan tahun. Ada alasan kenapa Apple malah mematikan MacBook Air dan melakukan penyegaran di lini tersebut. Ternyata alasannya tak lain karena tren teknologi saat ini sama seperti tren fashion yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Sesuatu yang populer hari ini belum tentu bertahan akan populer di masa yang akan datang, seperti layaknya game Pokemon Go yang menjadi primadona bagi pengguna smartphone saat ini. Mungkin saja tren Pokemon Go bisa saja tergusur oleh game lain kalau saja tidak ada penyegaran kedepannya.

Akan tetapi, satu hal yang membuat saya menepuk jidat adalah saat mengetahui bahwa Xiaomi yang merupakan produsen asal Cina malah memperkenalkan laptop terbaru mereka yang mengusung nama hampir mirip seperti MacBook Air yaitu Xiaomi Notebook AirEntah apa yang dipikirkan produsen asal Cina tersebut sampai – sampai memilih nama yang sama seperti laptop keluaran Apple yang sudah dimatikan itu.

Menurut pandangan dari tim ArenaLaptop, mungkin saja ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa Xiaomi mau memilih nama yang sama kepada laptop terbaru mereka seperti nama laptop keluaran Apple. Pertama, karena sejak awal Xiaomi telah mengidentikkan dirinya sebagai Apple dari Cina. Kedua , Xiaomi justru merasa yakin bahwa dengan memberi label Air pada produknya dapat membuatnya lebih unggul di beberapa sektor dan masyarakat tertarik untuk membeli Xiaomi Notebook Air ketimbang MacBook Air. Dan yang terakhir, mungkin saja sebagai penghormatan terakhir dari Xiaomi terhadap Apple yang sudah mengganti MacBook Air dengan MacBook terbaru mereka. Hmmm, lalu apa saja yang membedakan Xiaomi Notebook Air dengan MacBook Air? Coba simak ulasan berikut ini. Cekidot!

Tampilan Yang Lebih Ramping

Harga Xiaomi Notebook Air

 

Jika dilihat dari segi desain, laptop keluaran Xiaomi lebih ramping daripada laptop keluaran Apple. Xiaomi Notebook Air 12,5 inchi memiliki ketebalan 12,9 mm dengan bobot 1,07 kg lebih tipis dan ringan dibandingkan MacBook Air yang memiliki ketebalan 17 mm dan bobot 1,08 kg. Kalau Xiaomi Notebook Air 13 inchi memiliki ketebalan 14,8 mm dengan bobot 1,28 kg juga lebih ringan daripada MacBook Air 13,3 inchi dengan ketebalan 17 mm dan bobot 1,35 kg.

Kemudian dari sisi desain, Xiaomi Netbook Air terlihat lebih mengarah ke Microsoft Surface Book dengan bentuk lebih kotak dan datar dibanding MacBook Air yang terkesan agak melengkung. Semua body dari Xiaomi Notebook Air ini terbuat dari metal serta mengusung fitur fully laminated yang mengurangi goresan pada layar. Dari sisi pilihan warna, Xiaomi Notebook Air hadir dalam pilihan gold dan silver sementara MacBook Air memiliki warna standar bernuansa abu – abu. Tidak lupa juga pada kedua laptop ini sama- sama dibekali keyboard berlatar lampu atau biasa disebut backlit.

Memiliki Dapur Pacu Yang Bikin Tercengang

Xiaomi membenamkan processor Intel Core M3 pada Xiaomi Notebook Air 12 inchi dan Processor Intel Core i5 generasi keenam (Skylake) pada Xiaomi Notebook Air 13 inchi. Sementara pada dapur pacu MacBook Air 12 inchi membenamkan hal serupa seperti Xiaomi Notebook Air 12 inchi yaitu processor Intel Core M3 sedangkan pada MacBook Air 13 inchi sedikit berbeda karena masih menggunakan Intel Core i5 generasi sebelumnya (Broadwell). Sementara itu, model Xiaomi Notebook 12 inchi ditunjang dengan RAM sebesar 4GB ( Baca : Daftar Harga Laptop 4GB Termurah ) dan kapasitas penyimpanan 128 GB sama seperti MacBook Air 12 inchi, sedangkan pada Xiaomi Notebook Air 13 inchi sedikit lebih unggul dibanding MacBook Air 13 inchi karena memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB DDR4 serta penyimpanan PCI-e SSD 256GB yang memiliki kecepatan 1500MB/s.

Tampilan Layar Yang Berani Diadu

Harga Xiaomi Notebook Air

Perbandingan Xiaomi Notebook Air dengan Apple MacBook Air

Apple menawarkan MacBook Air dalam 2 versi yaitu ukuran layar 12 inchi dan 13 inchi. Untuk ukuran layar 12 inchi memiliki resolusi 1366 x 768 pixel dan untuk ukuran layar 13 inchi memiliki resolusi 1440 x 900 pixel. Hal ini menjaadikan Xiaomi Notebook Air sedikit lebih unggul pasalnya kedua versi laptop keluaran Xiaomi ini menggunakan tampilan full HD (1080p). ( Baca : Spesifiksi Dan Harga Laptop Xiaomi UltraBook ) Tidak seperti MacBook Air yang hanya mengandalkan kemampuan grafis bawaan processor Intel yaitu Intel HD Graphics, Xiaomi Notebook Air dibekali chip grafis NVIDIA GeForce 940 MX. Hal ini terasa spesial karena bagi penggemar game 3D bisa menikmati kenyamanan saat bermain game dengan lancar.

Sistem Operasi

Xiaomi belum mempunyai antarmuka sendiri seperti halnya MIUI yang melapisi sistem operasi android pada produk smartphone mereka. Jadi, dapat diduga kalau Xiaomi Notebook Air hadir menggunakan sistem operasi Windows 10. Sebagai tambahan kalau Xiaomi telah menyiapkan perangkat lunak Mi Cloud Sync versi desktop untuk memudahkan pengguna menyinkronkan laptop dengan smartphone Android mereka. Sebelumnya Apple juga memiliki fitur serupa yaitu iCloud yang memungkinkan pengguna perangkat iOS ( Baca : Ini Fitur Baru MacOS Sierra )melakukan sinkronisasi data.

Konektivitas Yang Lengkap

Jika pada MacBook Air 12 inchi hanya memiliki satu port USB-C dan MacBook Air 13 inchi hanya memiliki satu port Thunderbolt 2 (sebagai koneksi data dan output monitor eksternal) serta terdapat dua USB 3.0. Akan tetapi pada Xiaomi Notebook Air seakan mengkombinasikan antara keduanya, karena laptop yang hadir dengan dua pilihan warna ini dilengkapi dengan dua port USB yaitu port USB 3.0 dan port USB-C serta terdapat satu port HDMI. Menariknya lagi kunci laptop Xiaomi Notebook Air ini dapat dibuka dengan Mi Brand 2 yang menggunakan koneksi bluetooth 4.1. Hanya perlu mendekatkan tangan ke laptop secara otomatis kunci akan terbuka tanpa harus mengetik password. ( Baca : Cara Membuat Password Gambar di Windows 10 )

Kelebihan Xiaomi Notebook Air :

  • Performa bisa dibilang sedikit diatas MacBook Air
  • Desain yang lebih ramping dan ringan
  • Harga bersaing

Kekurangan Xiaomi Notebook Air :

  • Belum ada DVD optik
  • Belum memiliki antarmuka sendiri

Spesifikasi Xiaomi Notebook Air Lengkap

Ukuran (L x W x H mm) 292 x 202 x 12.9 mm
Tipe Grafis NVIDIA® GeForce® 940MX
Ukuran Layar 12.0″ dan 13.0″ Full HD 1080p
Tipe Layar Layar IPS LCD dengan LED backlight
Resolusi Layar 1920×1080
OS Windows 10 Home x64
Processor Intel Core i5 Skylake
Memori/RAM 8GB DDR4
Drive Optik Tidak
SSD 256 GB
Koneksi Bluetooth, WiFi
Webcam Ya
HDMI Ya
Speaker Dolby Digital Surround
Slot 1 Port Audio
1 USB Type-C
2 USB 3.0 port(s)
1 RJ45 LAN Jack for LAN insert
Baterai 4 Cells 48 Whrs

 

Harga Xiaomi Notebook Air

Harga Baru: Rp. 9.800.000,-
Harga Bekas :-

 

Artikel Terkait :

Harga Laptop Xiaomi UltraBook Harga Xiaomi MiPad 2

Demikian informasi mengenai spesifikasi Xiaomi Notebook Air yang dapat kami sampaikan semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membeli laptop baru. Terima kasih sudah berkunjung :)

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik